Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Cara Membuat Kulit Kebab ala Turki yang Sangat Enak

Cara Membuat Kulit Kebab ala Turki yang Sangat Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Daging pada dasarnya dibedakan menjadi 2 jenis, yakni daging putih dan daging merah. Daging ayam, bebek, dan lainnya merupakan jenis daging putih. Sedangkan daging jenis merah seperti daging sapi, kambing, babi, dan sejenisnya. Daging-daging tersebut bisa kita olah menjadi berbagai macam kuliner yang lezat, termasuk salah satunya adalah kebab.

Mungkin mendengar nama ‘Kebab’ masih cukup asing sekali di telinga kita. Kebab sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Makanan satu ini dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang timur tengah yang kebetulan singgah di pelabuhan-pelabuhan.

Salah satu yang sangat khas dari sebuah kebab adalah kulitnya. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi resep dan cara membuat kulit kebab enak dan mudah yang bisa dicoba di rumah.

Apa itu Kebab?

resep kulit kebab

Kebab (kebap, kabab, kabob, kebob, kibob, kebhav, atau kephav) merupakan sebutan untuk berbagai macam hidangan daging panggang yang ditusuk dengan menggunakan besi. Hidangan kebab umumnya banyak kita temukan di masakan Timur Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, Asia Selatan, dan bahkan masakan di beberapa kawasan Afrika.

Berbagai macam jenis daging sebenarnya bisa digunakan untuk membuat kebab, baik itu daging jenis putih ataupun merah. Namun umumnya kebab dibuat dengan menggunakan daging sapi, kambing, ayam, ikan, dan kerang. Selain itu ada pula kebab daging babi yang biasanya banyak kita temukan di Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan beberapa negara di bagian Goa India.

Etimologi Kebab

cara membuat kulit kebab

Menurut catatan sejarahnya sendiri, nama ‘Kebab’ berasal dari bahasa Arab, kabab yang awalnya memiliki artian daging goreng bukan daging panggang/bakar. Namun ada sumber yang mengatakan bahwa kabab juga kemungkinan berasal dari bahasa Aram. Sedangkan dalam bahasa Akkadia, kabbaba memiliki artian sebagai daging bakar atau panggang.

Pada adab ke -14 kata kebab menjadi sinonim kata dari tabahajah yang berarti hidangan potongan daging goreng dalam bahasa Persia. Dalam buku-buku Turki, istilah kebab megacu pada bola-bola daging ayam dan domba yang digoreng.

Kemudian setelah memasuki masa Kesultanan Utsmaniyah kata kebab telah berubah mekna menjadi daging panggang. Meskipun demikian, kata kebab masih sering digunakan untuk kuliner sejenis semur oleh masyarakat Turki. Bahkan di Mesir, semur daging sapi dan bawang bombay disebut dengan kebab halla.

Seiring dengan perkembangan jaman, kebab pun semakin populer di negara-negara tetangga, termasuk sekarang sudah cukup populer di Indonesia. Di negara kita sendiri biasanya kebab dibuat dengan cara membalutnya menggunakan kulit tortilla.

Kemudian untuk isiannya sendiri kita bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing seperti mengisinya dengan daging panggang, sayuran, mayones, dan lain sebagainya. Penjual kebab juga saat ini sudah bertebaran di pinggir jalan dengan harga yang variatif.

Bahan-Bahan Kulit Kebab

Sebelum membahas mengenai cara membuat kulit kebab, ada baiknya Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan ini bisa didapatkan dengan mudah di supermarket atau minimarket terdekat. Adapun bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Tepung terigu sebanyak 350 gram
  • Garam secukupnya saja, bisa sekitar 1 sdt
  • Air hangat sebanyak 150ml
  • Minyak sayur cukup sekiranya 100ml

Cara Membuat Kulit Kebab (Tortilla)

Tahap pertama ayak terlebih dahulu tepung terigu agar teksturnya nanti halus. Setelah selesai, campurkan tepung terigu dengan garam sampai merata. Tuangkan sedikit demi sedikit air hangat ke dalam wadah berisi tepung tadi. Jangan lupa sambil memasukan aduklah secara perlahan agar semua bahan dapat tercampur secara merata.

Selanjutnya tuangkan minyak sayur. Aduk kembali dengan menggunakan pengaduk atau tangan bersih. Aduklah sampai adonan tadi menjadi kalis. Simpan adonan yang telah dibuat tadi kurang lebih 1 jam. Usahakan menyimpan adonan di ruangan bersuhu ideal sekitar 25 derajat celcius.

Jika sudah 1 jam, ambil adonan tadi dan bagi menjadi 8 bagian yang sama. Bulatkan masing-masing bagian tadi, kemudian tekan-tekan sampai pipih dan berbentuk bulatan.

Sekarang panaskan minyak sayur di atas wajan datar. Jika sudah panas, masukan satu adonan pipih tadi dan goreng sampai berubah warna kecoklatan. Ada baiknya gunakan api sedang saja agar bisa matang secara sempurna.

Taruhkan kulitr-kulit tortilla tadi di dalam alumunium foil. Kemudian simpan di dalam freezer atau kulkas agar tetap terjaga dan tidak cepat basi. Apabila hendak digunakan, masukan terlebih dahulu ke dalam oven agar kulit tortilla tadi tidak pecah ketika dilipat. Selesai.

Seperti itulah cara membuat kulit kebab yang bisa kami sampaikan. Untuk memberikan isian kebab sebenarnya sesuai dengan selera masing-masing. Anda bisa mengisinya dengan menggunakan daging sapi panggang, daging ayam goreng, sate kambing, dan lain sebagainya.

Namun supaya menu satu ini lebih menyehatkan, ada baiknya Anda juga menambahkan sayur-sayuran. Misalnya menambahkan sayuran tomat, brokoli, timun, dan masih banyak lagi. Sayuran-sayuran tersebut tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga bisa membuat kebab semakin segar dan nikmat.

Bagi Anda yang sudah penasaran dan ingin mencicipinya, langsung saja coba resep kulit kebab di atas sekarang juga. Dengan langkah-langkah yang sangat mudah, dijamin tanpa harus jago memasak pun Anda bisa membuatnya di rumah. Jangan lupa nikmati kebab bersama keluarga tercinta agar rasanya semakin nikmat dan spesial.

Demikian sajian informasi seputar resep masakan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda di rumah. Apabila masih kurang jelas, Anda bisa menyampaikan pertanyaan melalui kolom komentar yang telah tersedia. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *