Bacaterus / Resep Kue / Resep Tradisional Cara Membuat Kue Cucur Enak dan Legit

Resep Tradisional Cara Membuat Kue Cucur Enak dan Legit

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Makanan tradisional biasanya identik dengan makanan kegemaran para orang tua. Namun tidak berlaku untuk kue cucur. Ya, kue dengan rasa legit ini sangat disukai oleh berbagai kalangan, baik itu tua ataupun muda. Cara membuat kue cucur memang agak sedikit rumit, namun sangat menantang bagi Anda yang hobi memasak.

Sekilas Mengenai Kue Cucur

Seiring dengan kemajuan jaman yang terus meningkat, maka pengolahan resep makananpun semakin beragam baik itu bentuk dan rasanya. Namun, tradisi makanan secara turun-temurun atau dikenal dengan sebutan makanan tradisional ternyata masih dipertahankan.

Ya, makanan tradisional memang memiliki cita rasa yang khas sehingga selalu mendapatkan bagian dari para penikmat kuliner di Indonesia bahkan dunia. Salah satu makanan tradisional yang tetap eksis sampai saat ini adalah Kue Cucur.

Kue cucur merupakan kue khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur, tetapi sebagian sumber mengatakan bahwa kue ini berasal dari daerah Betawi karena sampai sekarang kue tersebut selalu hadir ketika ada upacara adat Betawi. Sajian rasa yang khas dari cucur ini terasa gurih dan manis. Mari kita intip bagaimana cara pembuatannya!

Bahan-Bahan Kue Cucur

RESEP KUE CUCUR

Pertama-tama, anda harus menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue cucur tersebut. Bahan-bahannya yakni tepung beras sebanyak 300 gram, tepung terigu sekitar 50 gram, air putih secukupnya dan 150 gram gula merah. Semuanya merupakan bahan dasar yang wajib ada.

Namun, sesuai dengan perkembangan resep kuliner yang ada di Indonesia, kita juga dapat menambahkan beberapa bahan untuk kue cucur ini. bahan tersebut di antaranya adalah telur ayam sebanyak 1 butir agar adonan yang dicampurkan dapat lebih mengembang dengan baik.

Di samping itu, penambahan gula pasir sebanyak 100 gram, garam sebanyak ¼ sendok teh, dan 2 lembar daun pandan akan memperkaya rasa enak dan gurih kue cucur tersebut. Setelah semuanya terkumpul, jangan lupa untuk menyediakan minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Kue Cucur

cara membuat kue cucur

Setelah menyediakan bahan-bahan yang diperlukan tadi, saatnya kita mengetahui bagaimana cara membuat kue cucur tersebut. Langkah pertama, daun pandan, gula pasir, dan gula merah direbus mengunakan air secukupnya, tunggulah sampai mendidih. Setelah benar-benar mendidih, angkat dan tiriskan lalu saring agar daun pandan terpisah dari sarinya.

Langkah kedua, air rebusan tadi dituangkan dalam satu wadah, lalu tuangkan tepung beras dan tepung terigu sedikit demi sedikit agar adonan dapat tercampur dengan sempurna, lalu aduklah adonan sampai benar-benar rata. Supaya hasilnya lebih maksimal, anda harus menyimpan adonan tersebut semalaman.

Langkah ketiga, setelah adonan dibiarkan selama satu malam, kemudian masukan telur dan garam, aduk lagi sampai benar-benar merata. Langkah terakhir adalah tahap penggorengan. Dalam tahap ini harus diperhatikan karena dapat menentukan pula kualitas cucur yang anda buat tersebut.

Setelah disediakan wajan, panaskanlah minyak goreng sekitar 2 sendok sayur dan tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur ke dalamnya. gorenglah sampai matang tapi jangan terlalu gosong. Lakukan sampai adonan cucur banar-benar habis.

Agar hasil kue cucur mengembang dan berserat, maka anda harus memastikan penggorengan memakai wajan besi, minyak goreng secukupnya dan benar-benar panas. Apabila saat proses penggorengan, minyak goreng telah berkurang; maka jangan lupa untuk menambahkannya kembali.

Di samping itu, dalam proses pembentukan adonan harus juga diperhatikan. Pastikan bahwa adonan tercampur rata, tepuk-tepuk atau keplok-keplok adonan tersebut supaya merata dengan sempurna. Jika tidak merata maka hasilnya juga tidak akan sempurna.

https://www.youtube.com/watch?v=rNZPs_H0pic

Manfaat Kue Cucur

Jangan segan dan jangan ragu untuk mencicipi kue cucur karena kue yang satu ini memiliki banyak manfaat. Pertama, satu kue cucur mengandung energi sekitar 145 kkal dan kandungan Karbohidrat sekitar 31,36 gram. Kedua kandungan ini akan mampu menghasilkan tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh dalam aktivitas sehari-hari, bisa juga digunakan sebagai cemilan pengganjal sebelum makan nasi.

Kue cucur juga mengandung protein sekitar 2,39 gram yang dapat berkhasiat dalam meningkatkan kecerdasan. Selain itu, kue cucur juga mengandung kalsium sebanyak 10 mg yang bermanfaat untuk kesehatan tulang anda. Ada satu manfaat lagi yang dipercaya turun-temurun bahwa kue cucur dapat menyembukan sariawan.

Nah, itulah manfaat beserta cara membuat kue cucur tradisional yang enak. Bagi Anda yang mengaku jago memasak dan membuat kue, belum lengkap rasanya bila belum mencoba membuat kue cucur ini. selain mengasah keterampilan memasak, dengan membuat kue cucur kita juga sekaligus melestarikan budaya bangsa. selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *