Bacaterus / Kucing / 10 Cara Membuat Kucing Gemuk yang Aman dan Mudah Diterapkan

10 Cara Membuat Kucing Gemuk yang Aman dan Mudah Diterapkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika kamu memiliki kucing, kamu pasti ingin kucingmu mendapatkan semua yang dibutuhkan agar tetap bugar dan sehat! Mulai dari perawatan yang tepat hingga makanan yang dimakan, semuanya harus dipertimbangkan. Tetapi apa yang terjadi jika kucing kamu kekurangan berat badan? Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa solusinya adalah makanan.

Tetapi tidak hanya itu. Ada beberapa cara untuk membantu kucingmu menambah berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Saat memiliki kucing yang sangat kurus, kamu mungkin berpikir bahwa kucingmu itu kekurangan gizi. Sangat disayangkan memiliki kucing yang terlihat sakit karena kurangnya berat badan, terutama jika kucingmu tidak memiliki nafsu makan.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kucingmu terlihat sangat kurus. Ada beberapa kemungkinan yang membuat kucingmu kurus, seperti kurangnya nutrisi, kucingmu pilih-pilih makanan, atau bahkan menderita penyakit. Apa pun masalahnya, berikut adalah beberapa cara membuat kucing gemuk.

1. Hitung Berat Badan Kucing yang Ideal

Hitung Berat Badan Kucing yang Ideal

* sumber: www.marsden-weighing.co.uk

Ingin membuat kucing gemuk bukan berarti sampai membuat kucing kamu kegemukan. Maka dari itu, ketahui berat badan ideal kucingmu. Memiliki target berat badan atau bentuk tubuh adalah hal pertama untuk mengubah kucing kurus menjadi kucing gemuk. Dalam hal penambahan berat badan, kucing tidak jauh berbeda dari manusia, lho!

Jika kucing normal dan sehat serta makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuhnya, maka kucingmu akan bertambah gemuk. Kucing dewasa normal yang memiliki berat antara 3,6 kg hingga 4,5 kg harus mengkonsumsi antara 180 dan 220 kalori sehari untuk mempertahankan berat badannya.

Untuk menambah berat badan dengan aman, kucingmu secara bertahap perlu meningkatkan asupan kalori hariannya sebanyak 25 persen. Ini berarti kucing kamu perlu mengonsumsi sekitar 230 hingga 270 kalori per hari.

2. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Konsultasikan dengan Dokter Hewan

* sumber: blog.petmeds.com

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat kucing gemuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu. Tanyakan tentang kisaran berat badan ideal kucingmu dan cari tahu berapa berat yang kucingmu butuhkan.

Pastikan juga untuk memeriksa apakah berat badan kucingmu akibat kurang nafsu makan atau karena penyakit. Jika perlu, biarkan dokter hewan meresepkan vitamin atau obat. Selain itu, dokter hewan juga akan memberikan saran perawatan yang diperlukan.

3. Beri Pola Makan yang Tepat

Beri Pola Makan yang Tepat

* sumber: www.mnn.com

Setelah dokter hewan merekomendasikan jenis makanan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan kucingmu, maka kamu harus memperhatikan jumlah kalori dalam makanannya. Kemudian bagi kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan kucing menjadi beberapa makanan kecil. Beri makan kucingmu sebanyak enam kali makan dengan porsi kecil.

Pastikan bahwa kucingmu mendapatkan jumlah kalori yang dibutuhkannya untuk menambah berat badan. Kucing membutuhkan campuran protein daging yang sehat, vitamin, mineral, dan lemak. Kucing kurus juga membutuhkan makanan bergizi yang tepat untuk menambah berat badannya.

Sebaiknya investasikan lebih banyak uang untuk makanan kucing yang berkualitas tinggi. Dengan melakukan itu, kamu bisa menghemat uang lebih banyak supaya kedepannya tidak sering ke dokter hewan. Kesehatan dan kesejahteraan kucing merupakan bagian dari makanan lezat dan bergizi.

4. Perhatikan Kandungan Makanannya

Perhatikan Kandungan Makanannya

* sumber: animalwellnessmagazine.com

Mungkin selama ini makanan kucing yang kamu berikan tidak memiliki nutrisi yang cukup. Jadi, kamu disarankan memilih makanan kucing terbaik seperti makanan kucing premium yang penuh dengan protein dan vitamin berkualitas tinggi. Misalnya, pilih makanan kucing kaleng yang memiliki kadar air yang tinggi, sekitar 70-75%.

Dengan demikian, cara mudah untuk memasukkan lebih banyak kalori ke kucing adalah dengan beralih ke makanan kering. Karena makanan kering mengandung kadar air yang lebih rendah, bisa dipastikan bahwa makanan yang dimakan kucing mengandung kalori hampir empat kali lipat.

Saat membeli makanannya, selalu periksa label dan kandungan nutrisi sebelum membeli, karena banyak brand makanan kucing mengandung bahan tambahan dan pengawet.

Selain itu, berhati-hatilah dengan tambahan makanannya. Misalnya kamu harus berhati-hati dalam memberikan susu. Itu karena susu memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat memicu diare, yang kemudian akan menyebabkan kucing kamu kehilangan kalori yang dibutuhkannya.

5. Variasikan Makanannya

Variasikan Makanannya

* sumber: www.rd.com

Jika kucingmu pilih-pilih makanan, sebaiknya variasikan makanannya supaya kucingmu dapat mengenal lebih banyak makanan baru. Misalnya, kamu bisa memberikan campuran makanan kucing kering dan basah. Dengan begitu, kamu dapat membuat kucing gemuk dengan memberikan campuran makanan tersebut.

Atau jika kamu baru saja membeli makanan kucing jenis baru, pastikan perubahannya bertahap, agar kucing kamu terbiasa. Tambahkan sedikit demi sedikit makanan kucing baru ke yang makanannya yang lama.

Secara bertahap menambahkan jumlah makanan kucing baru per hari secara rutin bisa mengurangi makanannya yang lama sampai kucingmu terbiasa dengan apa yang dimakannya. Atau kamu bisa menambahkan rasa ke dalam makanannya supaya kucingmu tidak bosan. Coba campur dengan tuna atau minyak ikan.

6. Beri Suplemen

Beri Suplemen

* sumber: catlifetoday.com

Selain menambah makanan, kamu dapat membuat kucing gemuk dengan menambah suplemen berkalori tinggi. Kamu bisa menambahkan minyak ikan untuk kucing untuk memberikan lemak dan omega yang sehat untuk kucing kucingmu.

Minyak ikan banyak digunakan karena akan menambahkan nafsu makan dan membuat bulu yang kusam menjadi berkilau. Minyak ikan juga tidak mahal. Jadi, ini adalah cara yang sehat dan relatif cepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kulit dan bulu kucing secara keseluruhan.

7. Berikan Air Segar Setiap Hari

Berikan Air Segar Setiap Hari

* sumber: drfoxmag.com

Jika kamu hanya memberinya makanan kering, kemungkinan kucingmu akan mengalami dehidrasi parah. Bahkan jika mereka minum banyak dari mangkuk airnya, makanan kucing kering akan mengganggu kesehatan kucingmu. Maka dari itu, selalu sediakan semangkuk air bersih yang dingin atau air segar setiap hari.

Disarankan untuk mengganti air minumnya minimal dua kali sehari. Selain itu, pastikan untuk selalu membersihkan mangkuk airnya supaya terhindar dari bakteri.

8. Perlakukan Kucing dengan Baik dan Ajak Bermain

Perlakukan Kucing dengan Baik

* sumber: www.softpaws.com

Memperlakukan kucing dengan baik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan kucing, yang akan membantunya makan lebih banyak. Dengan demikian, hal ini akan menambah berat badannya.

Apakah kucingmu senang tidur sepanjang hari? Sebaiknya mulailah mengajaknya bermain supaya kucingmu dapat aktif membakar lebih banyak energi, yang nantinya harus diisi kembali melalui waktu makannya.

Cobalah untuk mengajaknya aktif bermain minimal 15 menit per hari. Selain itu, pastikan untuk memberi makan kucing langsung setelah waktu bermain. Sehingga kucingmu akan menjadi lebih sehat dengan gaya hidup aktif.

Kucing yang malas dan tidak aktif bermain dengan pemiliknya akan sering menderita kebosanan, penurunan berat badan, dan depresi. Sebaliknya, kucing yang aktif akan membakar lebih banyak energi, sehingga membutuhkan makanan yang lebih banyak.

Selain itu, memberinya mainan atau panjatan pohon, akan meningkatkan kualitas hidup kucingmu dan membantunya mempertahankan berat badan yang sehat.

9. Buat Lingkungan yang Nyaman

Buat Lingkungan yang Nyaman

* sumber: www.petsami.com

Mungkin kucingmu merasa tertekan atau stres dengan makanannya. Maka dari itu, buatlah perubahan pada ruangannya, seperti suara baru atau hewan peliharaan baru. Perhatikan lingkungan rumahmu juga untuk mengetahui perbedaan apa pun yang mungkin menyebabkan kegelisahan pada kucingmu.

Jika kamu baru saja memiliki kucing, buatlah lingkungan yang nyaman. Karena kucing perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Sebaiknya buatlah kamar atau area tenang di rumah, supaya kucing baru dapat menghabiskan beberapa hari pertamanya. Ini akan memberinya ruang yang aman untuk membiasakan diri dengan aroma dan suara di rumahmu.

10. Berikan Masakan Rumah

Berikan Masakan Rumah

* sumber: nutrition.tripawds.com

Salah satu cara sederhana untuk membuat kucing mau makan adalah memanaskan makanannya sedikit saja. Ini akan menguatkan aroma dan membuatnya lebih menggugah selera makan kucingmu. Atau kamu juga bisa mencoba membuatkannya telur. Telur olahan akan lebih mudah dicerna bagi kucing. Pastikan telur sudah matang sepenuhnya.

Tetapi jangan menambahkan garam, merica, dan mentega karena tidak baik untuk kucing. Telur mengandung banyak lemak dan protein yang dibutuhkan kucing untuk menambah berat badan yang sehat. Atau kamu bisa membuatkan ikan sarden atau makarel yang memiliki tingkat protein dan lemak sehat yang baik.

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu dapat meminta saran pada dokter hewan tentang cara terbaik untuk memastikan kucingmu mendapatkan jumlah berat yang tepat dan mempertahankan gaya hidup yang sehat. Pastikan untuk membuat janji bertemu dengan dokter hewan jika kamu masih tidak yakin dengan apa yang akan dilakukan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *