Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Yang Enak

Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi kelezatan dari kroket kentang? Camilan satu ini sudah sangat populer sekali di Indonesia, terutama populer di kalangan anak-anak dan kaum remaja. Kroket kentang memang sangat praktis, namun enak dan juga mengenyangkan.

Kroket kentang termasuk kedalam camilan isi, untuk masalah isian kita dapat menggunakan beragam bahan, mulai dari daging ayam, sayuran, telur, dan masih banyak lagi. tentunya masing-masing isian tersebut akan membuat sensasi rasa rasa yang berbeda-beda.

Selain bisa disantap sebagai camilan yang sangat lezat, kroket kentang juga dapat Anda jadikan sebagai bekal anak-anak ke sekolah. Tetapi jangan lupa tambahkan sayuran-sayuran segar agar anak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Nah bagi Anda yang sudah penasaran dengan rasa nikmat dari camilan satu ini, berikut bacaterus.com akan menyajikan informasi mengenai cara membuat kroket kentang dengan mudah dan praktis. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu asal-usul dari makanan yang satu ini.

Asal-Usul Kroket

Kroket atau croquette merupakan makanan ringan yang diolah dengan cara digoreng. Kroket biasanya dibuat menjadi berbentuk silinder atau bulat lonjong, namun ada juga yang membentuknya menjadi bulat pipih atau bulat sempurna.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya bisa beraneka ragam tergantung dari daerah pembuatannya. Ada yang membuatnya dengan campuran mashed potato, daging, ikan, keju, telur, susu, bawang, jamur, hingga sayuran.

cara membuat kroket kentang

Kroket sendiri awal mulanya berasal dari Perancis kemudian menyebar ke berbagai negara Eropa lainnya termasuk Belanda. Kroket masuk ke Indonesia karena dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa kolonial dahulu.

Di negara-negra Eropa kroket biasanya dijadikan sebagai camilan dalam acar-acara liburan musim dingin seperti Natal dan tahun baru. Sedangkan di Indonesia, kroket menjadi makanan ringan yang sering dijadikan cemilan sehari-hari bersama dengan gorengan yang lainnya.

Setiap negara memiliki variasi kroket yang berbeda-beda. Sebagai contoh, di Spanyol kroket dibuat dari daging ayam, di Brazil dari daging sapi, di Meksiko dari ikan tuna, di Ceko dari telur, dan di Kuba dari daging babi atau ham.

Di Jepang kroket juga cukup terkenal dengan sebutan korokke. Di sana, kroket dibuat dari kentang yang diisi dengan sayuran, daging sapi, daging babi, udang, atau kepiting. Kroket di Jepang berbentuk agak pipih dan biasanya dijual di toko swalayan.

Bahan-Bahan Kroket Kentang

resep kroket kentang

Setelah mengetahui asal-usulnya, sekarang mari kita mulai mengumpulkan bahan-bahan untuk membuatnya. Dalam resep kroket kentang kali ini kita akan menggunakan daging ayam dan sayuran sebagai isiannya. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Kentang kualitas terbaik sebanyak 1/2 kg
  • Daging ayam segar cukup dengan 1 ons
  • Wortel kira-kira 2 ons, diiris halus
  • Onclang cukup 1/2 ons, sedikit seledri (diiris halus)
  • Tepung terigu sebanyak 4 sendok makan
  • Gula sekitar 5 sendok makan
  • Mentega sekitar 1 sendok makan
  • Bawang merah sebanyak 4 buah (rajang halus)
  • Telur ayam cukup satu butir saja
  • Tepung panir seperlunya
  • Pala bubuk secukupnya
  • Merica bubuk sesuai kebutuhan
  • Garam sesuai dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Kroket Kentang

Setelah semua bahannya terkumpul, sekarang kita bisa langsung mengolahnya.Pertama kalinya kukus bahan kentang hingga empuk, kemudian haluskan kentang tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian cincang daging ayam sampai halus dan rebus atau didihkan dengan menggunakan bantuan sedikit air.

Selanjutnya siapkan sebuah wajan anti lengket untuk menumis. Lalu tumislah bawang merah bersama dengan wortel, air kaldu, onclang, garam, pala, merica, dan gula. Tumislah bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan aroma atau bau wangi.

Setelah air sudah menjadi sedikit, masukan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar semua bahan bisa tercampur secara merata. Lalu masukan kentang dan aduk-aduk sampai tercampur secara merata lagi.

Kini kita tinggal membentuk adonan tersebut. Sebenarnya bentuk adonan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, namun agar sama seperti kroket yang populer di Indonesia, maka Anda dapat membentuk panjang dan melonjong. Lakukan hal ini hingga semua adonan habis atau tidak tersisa.

Setelah semuanya selesai, balutkan adonan yang telah dibentuk tadi dengan menggunakan kuning telur, lalu lanjutkan menggulingkan adonan tersebut diatas tepung panir. Selanjutnya kita akan masuk ke fase terakhir yakni penggorengan.

Siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan dengan minyak secukupnya. Kami sarankan minyak yang digunakan lebih banyak, agar kroket bisa matang secara merata karena kita akan menggunakan proses deep-fried untuk menggorengnya.

Apabila minyak sudah panas, masukan adonan-adonan yang telah kita buat tadi untuk digoreng. Goreng kroket kentang tersebut dan bolak-balik hingga matang secara merata. Setelah matang, silahkan angkat dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya.

Silahkan nikmati camilan khas satu ini pada saat bersantai atau di waktu luang. Anda bisa memakannya secara langsung atau ditemani dengan sambal dan saus tomat pedas. Tentu saja Anda juga dapat memakannya bersama cabe rawit agar rasa pedasnya semakin terasa.

Seperti disinggung di atas, Anda juga dapat membuat kroket ini dengan aneka macam bentuk. Hal tersebut sangat berguna apabila kroket ini dijadikan bekal si buah hati karena anak-anak biasanya menyukai makanan dengan bentuk yang menarik.

Untuk bahan pembuatannya sendiri dapat Anda variasikan dengan singkong atau ubi. Sedangkan untuk isinya dapat diganti atau ditambah dengan keju, tahu, mie, makaroni, bihun, dan ragout. Untuk cara membuat ragout bisa Anda simak di artikel ini.

Nah seperti itulah informasi resep dan cara membuat kroket kentang yang sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Ikuti terus update informasi resep masakan yang akan kami sampaikan di kesempatan mendatang. Terima kasih atas perhatiannya, dan selamat mencoba di rumah.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *