Bacaterus / Food and Recipe / Resep Minuman / Inilah Cara Membuat Kopi Tubruk yang Paling Enak dan Nikmat

Inilah Cara Membuat Kopi Tubruk yang Paling Enak dan Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Kopi, minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai, lalu diseduh dengan beragam metode dan cara yang ada, untuk menghasilkan satu gelas kopi yang enak. Banyak di antara para penikmat kopi yang sering berkunjung ke coffee shop, maupun café agar dapat menikmati ragam jenis minuman kopi tanpa harus membuatnya sendiri di rumah, karena bagi sebagian orang, membuat kopi sendiri itu tergolong ribet dan memakan waktu.

Namun, tidak dengan membuat kopi tubruk. Yup, kopi tradisional asal Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat kita. Kopi yang tingkat kepekatannya hampir sama dengan turkish coffee ini, menjadi salah satu minuman kopi favorit, bahkan dijadikan menu rekomendasi di beberapa coffee shop serta café.

Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan informasi mengenai 3 cara membuat kopi tubruk yang enak dan mudah yang kami rangkum dari berbagai sumber. Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Cara Membuat Kopi Tubruk 

1. Siapkan Alat dan Bahan

cara membuat kopi tubruk coffeedripkit (Copy)

* sumber: www.mnn.com

Yup, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat serta bahan untuk membuat kopi tubruk. Alat-alat yang digunakan di sini adalah grinder (alat penggiling biji kopi), timbangan (jika ada), termometer, teko atau panci untuk memasak air, serta gelas. Sedangkan bahan yang harus kamu siapkan di sini berupa biji kopi segar dan air.

 2. Giling Biji Kopi

electric-coffee-grinder (Copy)

* sumber: coffeeconfidential.org

Step selanjutnya, gilinglah biji kopi yang ingin kamu gunakan untuk membuat kopi tubruk, kamu bisa menggunakan kopi jenis apapun. Lebih baik menggunakan biji kopi asal Indonesia, seperti kopi Toraja, Kintamani, atau kopi Jawa.

Untuk setiap 15 gram kopi, kamu akan membutuhkan sekitar 180 ml air. Jadi, sambil menggiling kopi, didihkanlah air hingga mencapai suhu 85 hingga 90 derajat celsius. Menggiling biji kopi untuk membuat kopi tubruk tidak harus selalu menggunakan alat penggiling kopi atau grinder. Namun, untuk hasil terbaik, kami sarankan kamu untuk menggunakan alat tersebut.

Jangan lupa perhatikan tingkat kehalusan dari bubuk kopinya ya. Pastikan kamu menggiling biji kopi dengan baik. Untuk kopi tubruk, tingkat kehalusan dari bubuk kopi yang paling pas adalah di tingkatan medium. Tidak terlalu kasar, namun juga tidak halus seperti bubuk kopi sachet-an.

Oh ya, penggunaan biji kopi yang baru digiling, akan membuat rasa serta aroma dari kopinya lebih nikmat. Jadi, gunakanlah biji kopi yang baru digiling tepat sebelum diseduh.

3. Seduh Kopi Dengan Air

pouringwater (Copy)

* sumber: www.videoblocks.com

Setelah proses penggilingan biji kopi selesai, kamu bisa melanjutkan proses membuat kopi tubruk ke langkah selanjutnya, yakni menyeduh kopi dengan air yang sudah terlebih dahulu dididihkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air untuk membuat kopi tubruk disarankan memiliki suhu sekitar 85- 90 derajat celsius.

Mengapa? Jika air yang digunakan adalah air mendidih, maka cita rasa kopi dan aromanya akan menghilang karena air tersebut memiliki suhu yang terlalu panas. Kami sarankan kamu untuk menggunakan termometer agar suhu air yang digunakan sesuai dengan yang di anjurkan, ya.

Kalau suhu yang diinginkan sudah didapat, kamu bisa mulai menuangkan air ke dalam gelas yang sudah diisi bubuk kopi yang telah kamu giling sebelumnya. Namun, tuangkan air sedikit saja untuk membasahi kopinya, kemudian biarkan selama 30 detik agar gas yang ada pada kopi keluar dengan sendirinya.

Nah, bila 30 detik sudah berlalu, tambahkanlah air secukupnya. Tuangkan air secara perlahan dan memutar, boleh searah atau berlawanan dengan arah jarum jam. Setelahnya, tunggu selama 3-5 menit dan biarkan kopi serta air larut dengan sendirinya. Usahakan untuk tidak mengaduk kopinya, ya.

Jika sudah, aduklah kopi secara perlahan dan merata. Menurut coffeeland, kamu bisa mendapatkan rasa yang lebih kuat dari kopinya jika diaduk sedikit lebih lama dari biasanya. Voila, kopi tubruknya sudah siap untuk dinikmati!

Jenis-Jenis Kopi Asli Indonesia

48724035-vintage-map-of-indonesiindonesiancoffees (Copy)

* sumber: javacoffeeiq.com

Nah, kamu sudah mengetahui cara membuat kopi tubruk yang enak, kini saatnya mengenal beberapa rekomendasi jenis kopi asli Indonesia. Jenis-jenis kopi yang kami sebutkan di sini juga cocok untuk dibuat sebagai kopi tubruk lho. Yuk, cari tahu jenisnya berikut ini:

1. Kopi Gayo

Satu dari sekian banyak jenis kopi asli Indonesia adalah kopi Gayo. Kopi arabika yang berasal dari Aceh ini memiliki aroma yang khas serta tingkat keasaman yang rendah. Kopi Gayo merupakan salah satu kopi terbaik yang ada di dunia, lho. Kopi arabika Gayo juga sudah menerima sertifikasi Fair Trade dari Organisasi Internasional Fair Trade pada bulan Mei tahun 2010 lalu.

2. Kopi Kintamani

Selanjutnya, ada kopi Kintamani yang berasal dari pulau dewata, Bali. Kopi Kintamani yang tumbuh di dataran tinggi Kintamani, Bali, memiliki cita rasa yang khas yakni perpaduan antara rasa asam dan segar. Kopi kintamani memiliki aroma khas seperti buah jeruk dan sedikit rempah-rempah. By the way, jenis kopi yang satu ini juga tidak kalah populer dari kopi Gayo Aceh dan telah dianugerahi sertifikat Indikasi Geografis.

3. Kopi Toraja

Kopi yang punya aroma khas seperti tanah ini adalah salah satu jenis kopi asal Indonesia yang populer di Dunia. Kopi Toraja yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan memiliki rasa yang unik. Menurut halloyahya, kopi toraja akan terasa pahit ketika diminum, namun kemudian rasa pahit tersebut menghilang dalam sekejap. Rasa pahit yang dihasilkan oleh kopi Toraja tidak meninggalkan bekas di lidah. Jenis kopi yang satu ini memiliki tingkat keasaman yang rendah, jadi tidak akan membuat kamu mual ketika meminumnya.

4. Kopi Jawa

Jenis kopi satu ini diolah dengan cara basah atau wet process. Kopi Jawa memiliki aroma khas rempah rempah. Kopi Jawa adalah kopi yang disukai para petinggi Belanda dan sangat populer pada zaman dulu karena rasa dan aromanya yang khas. Oh iya, kopi jawa juga merupakan salah satu jenis kopi dengan tingkat keasaman yang rendah. Sudah pernah mencoba?

5. Kopi Flores

Kopi Flores punya aroma dan cita rasa yang tidak kalah unik dengan kopi asal Indonesia lainnya. Kopi Flores memiliki dua varian yakni kopi Bajawa dan Manggarai. Menurut bp-guide, aroma yang dihasilkan dari kopi Flores adalah seperti aroma karamel, bunga dan kacang-kacangan. Unik ya?

Kopi Flores memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Rasa kopi yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur ini hampir menyerupai karamel, bahkan cokelat, hazelnut, sampai kacang macadamia. Hmmm, kopi yang kaya rasa, ya? Patut untuk dicoba.

6. Kopi Luwak

Hayo, siapa yang tidak kenal dengan jenis kopi satu ini? Yep, kopi luwak adalah kopi asal Indonesia yang sudah mendunia. Kopi luwak dihasilkan dengan cara yang cukup unik, yakni melibatkan luwak, hewan sejenis musang. Luwak tidak dapat mencerna biji kopi yang ia makan, sehingga biji kopi tersebut akhirnya diolah dan dijadikan kopi luwak, yang ternyata memiliki aroma dan cita rasa yang sangat enak.

For your info, kopi luwak adalah salah satu kopi termahal yang pernah ada di dunia. Wah, hebat sekali ya, si luwak ini! Karena bisa menghasilkan kopi termahal sejagat raya.

Nah, itulah informasi mengenai cara membuat kopi tubruk yang enak dan mudah, beserta jenis-jenis kopi asal Indonesia yang tentu saja cocok untuk diolah menjadi kopi tubruk. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba sendiri di rumah, ya. Buat kamu yang penasaran dengan cara membuat kopi hitam yang enak, simak artikel yang membahas mengenai Cara Membuat Kopi Hitam dari Bacaterus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment