Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Januari 2019

Secangkir kopi hitam dapat membuat Anda jadi lebih bersemangat menjalani hari. Kopi hitam yang dinikmati tanpa tambahan gula, krim, dan susu akan membuat orang yang meminumnya fokus pada rasa kopi itu sendiri.

Menyeduh kopi hitam yang sempurna merupakan seni. Anda bisa membuat kopi hitam yang enak dengan dua cara, yaitu manual dan menggunakan mesin. Bacaterus akan menjelaskan langkah dan cara membuat kopi hitam yang mantap melalui dua cara tersebut.

Cara Membuat Kopi Hitam Pour-over

Pour-over adalah metode penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak dulu kala. Biasanya, teknik pour-over diterapkan di kafe. Akan tetapi, metode ini tidak sulit dilakukan, makanya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, bukan berarti cara ini simpel juga, karena untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat Anda perlu ketelitian dan kesabaran.

1. Siapkan Biji Kopi

Siapkan Biji Kopi

* sumber: www.westminsterhealthstore.com

Pertama-tama dalam cara membuat kopi hitam yang mantap Anda perlu menyiapkan biji kopi pilihan sesuai selera Anda, apakah itu arabika, robusta, liberika, racemosa, excelsa, ataupun luwak. Pokoknya kembali lagi pada selera Anda masing-masing. Belum tahu perbedaan biji kopi? Baca di artikel Perbedaan Arabika dan Robusta.

Daripada membeli kopi yang sudah digiling dan dikemas, lebih baik Anda membeli yang masih berupa biji utuh. Biji kopi yang baru dipanggang dalam kurun waktu 1 minggu merupakan yang terbaik. Tapi, sepertinya sulit menemukan tempat yang menjual freshly roasted coffee bean, apalagi jika Anda tinggal di tengah kota. Jika begitu, pilihlah biji kopi yang dikemas dengan cara disegel-vakum.

2. Giling Kopi

Giling Kopi cara membuat kopi hitam yang mantap

Biji kopi sudah ada, sekarang waktunya Anda menggiling biji-biji itu. Jika Anda membeli biji kopi di pabriknya langsung, Anda bisa sekalian minta bijinya digiling. Tapi, kenapa tidak sedia penggilingan kopi di rumah jika Anda gemar minum kopi?

Sebelum membeli penggilingan kopi, ketahuilah bahwa ada dua jenis untuk benda tersebut, burr grinder (penggilingan duri) dan blade grinder (penggilingan pisau). Perbedaannya ada pada mata pisau yang digunakan.

Burr grinder lebih baik daripada blade grinder karena hasilnya rata dan konsisten. Penggilingan pisau tidak memiliki kemampuan untuk mengatur partikel bubuk kopi yang diinginkan, sehingga hasil bubuk kopinya akan lebih asam dan pahit.

Beli penggilingan kopi secara online di Bukalapak. Klik link ini untuk membeli burr grinder dan klik link ini untuk membeli blade grinder. Untuk mendapatkan secangkir kopi yang terbaik, giling biji kopi tepat sebelum diseduh setiap harinya.

3. Siapkan Cangkir, Funnel, dan Filter

Siapkan Cangkir, Filter, dan Funnel

* sumber: www.breakfastwithnick.com

Cara membuat kopi hitam yang mantap dengan tangan (tanpa mesin) membutuhkan cangkir/gelas, funnel, dan filter. Funnel adalah corong untuk menyeduh kopi. Corong ini ada yang terbuat dari alumunium, plastik, metal, keramik, dan kaca. Biasanya bentuk corong ini menyerupai cangkir, namun terdapat lubang-lubang kecil di bagian bawahnya untuk mengalirkan kopi.

Lalu, filter adalah kertas penyaring biji kopi. Terdapat dua jenis filter, yaitu bleached filter dan unbleached filter. Bedanya, bleached berarti kertas tersebut telah melalui proses pewarnaan menjadi putih bersih, sedangkan unbleached lebih natural karena tidak diberi pewarna, sehingga warnanya kuning kecoklatan. Beli saringan kopi di Bukalapak sekarang juga. Klik link ini untuk bleached filter dan link ini untuk unbleached filter.

4. Masukkan Bubuk Kopi

Masukkan Bubuk Kopi

* sumber: www.foodandwine.com

Cara membuat kopi hitam yang mantap yang selanjutnya adalah dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam filter. Untuk secangkir kopi hitam kental, Anda membutuhkan kurang lebih 3 sdm bubuk kopi.

Pembuat kopi yang “serius” lebih berfokus pada berat biji, bukan volumenya. Jika Anda menyukai metode ini juga, masukkan bubuk kopi sebanyak 60 – 70 g (2 – 2½ ons) per liter air. Tapi, sesuaikan dengan ukuran cangkir kopi Anda juga, ya.

5. Siapkan Air

Siapkan Air

Gunakan air yang bagus. Jika air keran Anda memiliki kualitas yang buruk, jangan pakai air tersebut. Air yang disuling dan dilunakkan (dihilangkan kalsium, magnesium, dan kation logamnya) tidak boleh Anda gunakan. Kecuali air yang disaring karbon, maka itu boleh dipakai karena fungsinya adalah mengurangi rasa kimia dari air keran, bukan menghilangkan mineralnya. Mineral dalam air sangat penting dalam proses penyeduhan kopi.

Siapkan ceret atau pemanas air listrik. Jika Anda memasak airnya hingga mendidih, tunggu suhu air menurun selama 30 detik – 1 menit sebelum digunakan. Atau, matikan ceret sesaat sebelum airnya mendidih. Soalnya, suhu ideal untuk menyeduh kopi adalah 93° Celcius.

Tapi, semua kembali lagi ke tingkat kematangan biji kopi Anda. Semakin gelap hasil panggangan biji kopi, maka suhu air panas yang dibutuhkan semakin rendah. 97° Celsius adalah suhu air untuk biji kopi light roast, sedangkan biji kopi dengan darker roast membutuhkan suhu air 90,5° Celsius saja.

6. Tuang Air

Tuang Air

* sumber: www.seriouseats.com

Langkah yang ke-6 adalah menuangkan air ke atas kopi. Pertama-tama, Anda perlu men-set timer selama 4 menit. Lalu, basahi kopi dengan penuangan air yang pertama. Tunggu selama 30 detik, lalu tuangkan lagi airnya. Ulangi langkah ini selama 4 menit dan sampai airnya habis.

Lakukan waktu penyeduhan kopi yang lebih lama untuk biji kopi dengan light roast dan waktu menyeduh yang lebih singkat untuk biji kopi dark roast. Hati-hati jangan sampai air dan bubuk kopi meluap keluar dari filter, ya. Kopi pun siap Anda nikmati sekarang!

Cara Membuat Kopi Hitam di Coffee Machine

Sebagian besar penggemar kopi percaya bahwa metode pour-over pada single cup lebih baik karena dapat menghasilkan kopi yang lebih kental. Akan tetapi, jika Anda tidak punya alat-alatnya, atau malas, atau tak punya waktu banyak, mesin kopi juga tidak buruk, kok. Memang, hasil kopi dari mesin biasanya lebih encer, tapi bukan berarti tidak enak. Berikut adalah langkah membuat kopi menggunakan coffee machine.

1. Siapkan Biji Kopi

Siapkan Biji Kopi

* sumber: eatingasia.typepad.com

Sama seperti cara membuat kopi hitam yang mantap melalui metode pour-over, Anda perlu menyediakan biji kopinya terlebih dahulu. Ada tips membeli biji kopi, belilah biji kopi yang dipanggang dalam skala kecil.

Soalnya, kalau biji kopinya dipanggang dan disimpan dalam skala besar, kemungkinan besar biji tersebut sudah tidak segar karena tertumpuk, terkena paparan sinar matahari, dan menjadi tengik. Jangan lupa giling biji kopinya dulu sebelum dipakai!

2. Siapkan Filter

Siapkan Filter

* sumber: dons-deals.blogspot.com

Cara membuat kopi hitam yang mantap selanjutnya adalah dengan menyiapkan filter kopi. Sebenarnya mesin kopi pasti ada filternya, tapi jika Anda tidak yakin kapan terakhir mencuci filter tersebut, atau ingin hasil saringan yang lebih smooth, tak ada salahnya menggunakan filter tambahan. Langkah ini bisa dilewati kalau Anda rasa tidak perlu.

3. Masukkan Bubuk Kopi

Masukkan Bubuk Kopi

* sumber: salton.com

Langsung masukkan bubuk kopi ke bagian funnel dan filter mesin kopi. Masukkan kira-kira 2¾ sendok makan kopi untuk sekali pembuatan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan tahu takaran yang paling pas buat Anda sendiri. Sesuaikanlah dengan selera Anda nanti.

4. Tuang Air

Tuang Air

* sumber: dons-deals.blogspot.com

Sekarang tuangkan air ke bagian untuk mengisi air. Anda bisa mengatur jumlahnya sesuai ukuran cangkir Anda untuk hasil yang pas. Lebihkan airnya sedikit karena air di mesin ini akan menguap.

5. Nyalakan Mesin

Nyalakan Mesin

* sumber: www.coffeemakerslist.com

Langkah cara membuat kopi hitam enak yang terakhir adalah dengan menyalakan mesin. Sebagian besar mesin pembuat kopi diprogram untuk menyeduh sempurna 93° Celcius. Jadi, tidak ada masalah, asalkan Anda mematikan fitur “penghangat” di mesin kopi Anda.

Walaupun setelah kopi selesai diseduh, sebagian besar mesin kopi akan tetap menyalakan pemanasnya. Nah, tidak banyak yang tahu kalau mode penghangatan ini dapat membuat rasa kopi jadi lebih pahit. Kalau mode pemanas di mesin Anda bisa dimatikan, ya matikan saja untuk jaga-jaga. Tapi, langsung minum saja kopi yang telah selesai diseduh kalau tidak mau repot.

Itu dia cara membuat kopi hitam yang mantap dari Bacaterus. Kami membagikan dua cara, yaitu melalui metode pour-over dan menggunakan mesin. Kalau Anda lebih suka kopi yang dibuat dengan cara manual atau pakai mesin saja sudah cukup?