Bacaterus / Edukasi / Tata Cara Membuat Kliping yang Bagus dan Menarik

Tata Cara Membuat Kliping yang Bagus dan Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kliping adalah suatu kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain. Setelah itu,  potongan tersebut disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang seperti kertas, kartu, karton dan lainnya untuk dijadikan bahan dokumentasi.

Kliping merupakan suatu sumber informasi yang termuat dari kumpulan hasil pemotongan atau hasil guntingan-guntingan bagian dari sumber lain yang disusun sedemikian rupa berdasarkan seni yang membuatnya. Kliping juga dapat dijadikan sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas dibandingkan buku.

Kliping umumnya memiliki suatu tema tertentu, sehingga kumpulan pemotongan atau bagian yang digunting dari berbagai media lain tersebut saling terkait dan berhubungan. Jadi, satu buah kliping biasanya mewakili satu tema tertentu.

Meskipun kliping termasuk salah satu sumber informasi, namun penggunaannya belum semaksimal sumber-sumber informasi yang lain seperti buku. Karena sifat kliping  yang terpusat (hanya membahas satu tema tertentu) maka dari itu kliping sangat membantu dalam pencarian informasi tertentu yang lebih spesifik. Cara membuat kliping sendiri terdiri dari dua teknik, yakni:

  1. Sistem Ordnere

Sistem ini ialah teknis pembuatan kliping di mana satu bundel kliping tersebut berisi satu tema dengan mengabaikan urutan waktu, judul surat kabar, majalah, tabloid, atau bahan kliping lainnya. Contoh dari pembuatan kliping dengan sistem ordnere ini ialah kliping spesifik yang membahas tema olahraga, seni musik, beladiri, dan lain sebagainya.

  1. Sistem Exive

Sistem pembuatan kliping dengan menggunakan teknik sistem exive ialah dengan menitikberatkan pembuatan klipingnya berdasarkan bahan (majalah/tabliod/suratkabar/jurnal) secara kronologis dalam jangka waktu tertentu saja. Misalnya tabloid yang terbit pada bulan juni dan juli 2012 saja. Fungsinya tentu saja agar dapat melacak suatu peristiwa atau informasi pada suatu waktu tertentu.

Cara Membuat Kliping Yang Baik Dan Benar

cara membuat kliping

Untuk membuat suatu kliping yang baik tidaklah sulit. Kliping yang baik bisa menjadi sumber inspirasi terpercaya bagi yang membacanya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat kliping yang bagus:

  1. Tentukan tema yang akan Anda buat.
  2. Carilah seluruh informasi (gambar dan artikel) yang berhubungan dengan tema yang Anda sudah tentukan, mulai dari tahun-tahun yang sebelumnya hingga yang terbaru.
  3. Gunting atau potonglah informasi tersebut (tanggal terbitan informasi haruslah jelas).
  4. Setelah informasi yang terkumpul dirasa cukup, mulailah menempelkan potongan-potongan kertas tersebut pada sebuah media (misal buku) yang kosong, akan lebih baik lagi bila informasi-informasi tersebut di susun secara sistematis menurut tanggal terbit. Berikan hiasan seperti warna-warna supaya kliping yang anda buat menjadi menarik.
  5. Berilah hiasan seperti tempelan-tempalan atau gambar yang menarik ke dalam kliping Anda. Tambahkan juga kolom komentar kepada kliping Anda supaya pembaca dapat memberikan komentar dan supaya tidak bosan ketika membaca kliping Anda.
  6. Terakhir jangan lupa memberikan identitas Anda atau teman-teman sebagai tim pembuat kliping.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kliping dan cara membuat kliping yang baik. Kliping yang baik tersebut akan membuat informasi yang ada di dalam kliping tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembacanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. wow amazingggg….i think i can show this to my daughter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *