bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / Inilah Cara Membuat Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar

Inilah Cara Membuat Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 April 2021

Bagi seorang peneliti, mahasiswa dan semua orang yang sering berkutat dengan dunia tulis menulis karya ilmiah, kemampuan membuat kesimpulan dari makalah atau karya tulis lainnya harus dimiliki. Pasalnya dalam setiap karya tulis tersebut, kesimpulan akan selalu ada sebagai laporan atas penelitian yang dilakukan.

Membuat kesimpulan terlihat mudah. Namun, faktanya para penulis masih melakukan kesalahan dalam menulis kesimpulan yang benar. Kesalahan dalam membuat kesimpulan bisa terjadi karena kesimpulan yang tidak mengena pada inti penelitian. Nah, dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat kesimpulan dan hal yang wajib kamu pahami dari membuat kesimpulan tersebut. Simak yuk informasinya.

Apa Itu Kesimpulan?

Apa Itu Kesimpulan

Kesimpulan merupakan inti atau gagasan dari sebuah karya tulis atau sebuah peristiwa yang ditulis ringkat dengan memuat informasi yang pada kepada sehingga pembaca memahami pembuktian hipotesis. Kesimpulan berdasarkan data yang disampaikan.

Atau sederhananya kesimpulan merupakan sebuah hasil dari suatu penulisan karya ilmiah yang tercapai pada akhir pembacaan. Ada dua cara yang digunakan untuk memperoleh kesimpulan, yakni dengan penalaran deduktif dan penalaran induktif.

Mungkin kamu masih bingung apa bedanya dengan rangkuman kan sama-sama berisi ringkasan materi yang dipaparkan? Nah, wajib kamu ketahui bahwa rangkuman dan kesimpulan merupakan dua hal yang berbeda.

Kesimpulan didapat dengan menggunakan penalaran, sementara rangkuman hanya menyingkat dari keseluruhan isi karya tulis sehingga informasinya lebih pendek dengan cara menghilangkan penjelasan rinci.

Penalaran yang Digunakan untuk Menarik Kesimpulan

Penalaran yang Digunakan untuk Menarik Kesimpulan

Penalaran yang digunakan untuk menarik sebuah kesimpulan terdiri dari dua cara, yakni penalaran deduktif dan penalaran induktif.

  • Metode Penalaran Deduktif

Metode Penalaran Deduktif

Penalaran deduktif adalah sebuah proses membuat kesimpulan yang diawali dari suatu hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus. Proses pengambilan kesimpulan ini dilakukan pada jenis penelitian kualitatif.

Dalam membuat kesimpulan dengan logika deduktif umumnya dimulai dengan teori yang digunakan lalu dilanjutkan dengan mengaitkan teori dengan data yang didapatkan sehingga penulis memperoleh kesimpulan.

  • Metode Penalaran Induktif

Metode Penalaran Induktif

Sementara itu, penalaran induktif dimulai dari suatu hal yang bersifat khusus atau lebih spesifik ke hal-hal yang bersifat umum. Penalaran induktif adalah kebalikan dari penalaran deduktif.

Dari melihat gambaran spesifik dapat dilihat pola yang akan terjadi dan pola ini akan menjadi sebuah kesimpulan dari sebuah penelitian. Proses penalaran induktif digunakan dalam metode penelitian kuantitatif.

Baca juga: Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kesimpulan

Cara Membuat Kesimpulan

Di dalam cara membuat kesimpulan seorang penulis makalah atau karya tulisnya haruslah mampu menentukan jenis kesimpulan yang tepat sesuai dengan jenis tulisan yang dibuat. Agar kesimpulan bisa memuat informasi yang semestinya, ada beberapa cara teknik yang bisa kamu lakukan.

1. Teknik Generalisasi

Teknik Generalisasi

Cara pertama dalam membuat kesimpulan adalah adalah dengan teknik generalisasi. Fokus utama di dalam teknik generalisasi ini adalah membuat kesimpulan dengan cara menarik satu kesimpulan umum. Hal ini bisa kita peroleh setelah melakukan sebuah penelitian yang dilakukan berdasarkn fakta dan data.

Selain itu, harus sesuai dengan jenis penelitian yang telah kita lakukan sebelumnya. Dengan demikian, kita dapat mengambil satu atau dua poin kesimpulan umum yang kita tuliskan pada akhir karya tulis yang kita buat.

2. Teknik Analogi

Teknik Analogi

Cara selanjutnya untuk membuat kesimpulan adalah dengan menggunakan teknik analogi. Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan perbandingan terhadap satu pembahasan dengan pembahasan lain yang serupa.

Setelah dipelajari perbandingannya, selanjutnya akan dicari persamaan yang berkaitan dengan suatu penelitian yang kamu lakukan. Atau bisa pula dengan menggambarkan satu hal dengan memberikan perbandingan hal lain.

3. Teknik Sebab-Akibat

Teknik Sebab-Akibat

Dalam membuat kesimpulan, kamu bisa pula gunakan teknik sebab-akibat. Teknik ini adalah salah satu cara untuk membuat kesimpulan dengan cara menjelaskan akibat yang mungkin ditimbulkan dari sebab sebuah topik penelitian yang kamu angkat pada karya tulismu.

Teknik sebab-akibat ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk memperjelas gagasan utama yang telah diajukan pada bab pendahuluan. Dengan demikian kesimpulan yang dipaparkan tidak akan keluar dari topik yang sudah dibahas pada gagasan utama sebuah karya tulis yang kamu buat.

4. Teknik Penilaian

Teknik Penilaian

Pada cara membuat kesimpulan dengan teknik penilaian atau assessment, kamu membuat penilaian pribadi mengenai materi yang kamu bahas pada karya tulismu. Penilaian ini bisa berupa penilaian subjektif yang berasal dari kesan yang diterima oleh si penulis.

Perlu kamu perhatikan bahwa fakta ilmiah bukanlah sebuah assessment, misalnya ada kalimat seperti ini “matahari adalah sebuah salah satu planet dalam struktur tata surya kita”. Jika kamu menyertakan kalimat seperti ini maka kesimpulan yang kamu buat tidak sesuai dengan aturan teknik assessment.

5. Teknik Prediksi

Teknik Prediksi

Dalam membuat kesimpulan makalah kamu bisa gunakan teknik prediksi yang menegaskan pendapat mengenai sesuatu yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat atau dalam waktu yang jauh yang berhubungan dengan materi yang kamu paparkan.

Jika pembaca percaya bahwa sesuatu akan atau tidak terjadi di satu titik di masa depan, kemungkinannya bagus bahwa itu adalah sebuah kesimpulan utama dari materi yang kamu jelaskan pada makalah.

6. Teknik Keyakinan Sederhana

Teknik Keyakinan Sederhana

Penamaan teknik pembuatan kesimpulan berikut ini memang sedikit menyesatkan, sebab kamu bisa saja beranggapan bahwa kesimpulan merupakan bentuk lain dari keyakinan sederhana atau istilah lainnya simple beliefs.

Kesimpulan yang menggunakan menggunakan teknik keyakinan sederhana ini merupakan sebuah dugaan sederhana yang diyakini oleh penulis sebagai sesuatu yang benar dan bukan perbandingan, rekomendasi, atau prediksi.

Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membuat Kesimpulan

Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membuat Kesimpulan

Dalam membuat kesimpulan ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan. Hal ini akan membuat isi kesimpulan yang kamu tulis sesuai dengan aturan dan orang mudah memahami kesuluruhan isi makalah atau karya tulis yang kamu buat.

  • Isi di dalam kesimpulan haruslah berupa analisa dari studi pustaka dan interpretasi dari tema yang bentuknya bisa berupa implikasi atau inferensi.
  • Sebaiknya isi di dalam kesimpulan mengandung saran-saran yang ditujukan kepada para pembaca.
  • Kesimpulan sebaiknya dibuat dengan cara memberikan gambaran singkat mengenai isi dari karya ilmiah yang telah dipaparkan sebelumnya.
  • Hindari menyimpulkan materi yang tidak dibahas di dalama pembahasan makalah atau karya tulis ilmiah lainnya.
  • Jangan menuliskan kesimpulan menyimpang dari materi yang dibahas dan tidak mengulang kata yang sama persisi dengan apa yang sudah dituliskan pada pembahasan sebelumnya.
  • Kesimpulan diambil dari materi yang diungkapkan sebelumnya. Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele. Sebaiknya gunakan kalimat yang efektif untuk meng-cover keseluruhan materi.
  • Boleh menyertakan opini pribadi berkenaan dengan apa yang telah dibahas dalam makalah atau tulisan karya ilmiah.
  • Jangan lupa menyebutkan keterbatasan penelitian yang kita lakukan. Keterbatasan seharusnya dikaitkan dengan proses penelitian yang dilakukan. Keterbatasan bisa dikaitkan dengan teori yang digunakan dan metode yang diterapkan.

Ternyata bukan cuma cara membuat kesimpulannya saja yang wajib kamu ketahui. Hal-hal lain mengenai kesimpulan makalah penting untuk dikuasai. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sering menulis sesuatu yang formal seperti makalah dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang akan sedang diberi tugas untuk menyusun makalah atau memang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah, kamu tidak perlu ragu bahwa kesimpulan yang kamu tulis tidak sesuai aturan. Kerjakan dengan benar ya agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam penulisan kesimpulan makalah di kemudian hari.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram