Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Cara Membuat Keripik Kentang yang Renyah Ala Chitato

Cara Membuat Keripik Kentang yang Renyah Ala Chitato

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keripik kentang adalah salah satu cemilan yang sangat cocok untuk segala suasana. Jika dulu hanya memiliki rasa original saja, keripik kentang kini sudah berevolusi dengan berbagai varian rasa; sebut saja rasa keju, balado, pedas, dan lainnya. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat keripik kentang yang renyah dan gurih seperti layaknya snack Chitato dan Lays.

Sekilas Mengenai Kentang

Tahukah Anda bahwa kentang yang mempunyai nama ilmiah Solanum tuberosum L. tersebut merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan pada bagian umbi batangnya? Umbi kentang dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat beragam olahan makanan, salah satu makanan olahan umbi kentang yang paling populer adalah keripik kentang.

Kiripik kentang merupakan salah satu makanan ringan yang sangat cocok untuk disantap sebagai cemilan ketika santai, nonton TV, kumpul bersama keluarga, sajian untuk tamu, dan lain sebagainya. Makanan olahan dari bahan dasar kentang ini memang sudah dipasarkan dengan berbagai varian rasa dan merek dagang karena hampir semua orang sangat suka mengkonsumsi keripik yang satu ini.

Bahan Pembuatan Keripik Kentang

sayuran penambah darah kentang

Marilah kita intip bagaimana cara membuat keripik kentang yang enak, renyah dan gurih! Pertama-tama, sediakan bahan utama dalam pembuatan keripik kentang tersebut yaitu kentang. Anda dapat membeli 1 kg kentang untuk membuat keripik kentang dalam porsi besar.

Namun, jangan memilih kentang sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas rasa dari keripik yang akan Anda buat. Usahakan untuk membeli kentang yang besar-besar, berumur tua, dan berkulit halus tanpa adanya bintik-bintik hitam.

Selanjutnya, sediakan pula kapur sirih dan air secukupnya untuk bahan rendaman kentang. Setelah itu, untuk bumbu dasarnya, sediakan 1 ½ sendok teh garam halus, 1 ½ sendok teh bawang putih bubuk, merica halus dan gula secukupnya, dan 1 ½ sendok teh paprika bubuk.

Terakhir, sediakan juga varian bumbu tabur yang paling menggoda selera Anda. Bumbu tabur keripik kini sudah tersedia di pasaran sehingga kita tidak perlu untuk mengolahnya sendiri. Varian bumbu tabur keripik ketang yang bisa dipilih terdiri dari balado, keju bubuk, barbeque, cabai bubuk, dan lain-lain.

Cara Membuat Keripik Kentang

Langkah pertama untuk membuat keripik kentangnya adalah dengan cara mengupas kentang lalu cuci sampai benar-benar bersih. Supaya kupasan keripik tipis dan merata, maka gunakanlah parutan khusus keripik kentang karena alat tersebut dapat menghasilkan irisan dengan ketebalan yang super tipis sampai dengan 1/8 inci.

Larutkan kapur sirih bersama dengan air. Masukan irisan kentang tadi lalu aduk-aduk sebentar saja kemudian tiriskan di atas kertas handuk sampai benar-benar kering. Berikan bumbu dasar dengan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara membuat bumbu dasar keripik kentang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan bumbu tadi dan aduklah sampai benar-benar rata. Setelah itu, panaskan minyak dengan menggunakan nyala api kecil. Upayakan mengunakan minyak yang banyak agar proses penggorengan kentang dapat berjalan dengan sempurna.

Kemudian, masukan kentang ke dalamnya. Aduk satu kali saja dan tunggu hingga kentang berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan. Terakhir, taburi keripik yang sudah digoreng tadi dengan bumbu tabur sesuai dengan selera Anda, lalu aduk-aduk hingga merata.

Ada yang perlu Anda perhatikan agar proses pembuatan keripik dapat berjalan dengan sempurna. Anda harus merendam kentang dengan air dingin dan campurkan dengan kapur sirih supaya kandungan gula dalam kentang dapat mengurang.

Kemudian, perhatikan pula proses pengeringan supaya kandungan air dapat berkurang dan penggorengan keripik pun akan lebih baik. Selanjutnya, goreng keripik secara bertahap agar matang merata. Terakhir, tiriskan keripik dan pisahkan minyaknya dengan menggunakan kertas tisu sehingga minyak dapat meresap pada tisu.

Setelah siap, Anda dapat langsung menyajikan keripik kentang tersebut untuk dikonsumsi. Anda juga dapat menyimpannya di dalam toples atau bungkus plastik jika ingin dimakan di lain waktu. Pastikan tempat penyimpanannya kedap udara agar keripiknya tidak menjadi lembek.

Manfaat Keripik Kentang

cara membuat keripik kentang

Jika Anda suka untuk mengkonsusmsi keripik kentang, maka Anda akan memperoleh manfaat dari kentang sebagai bahan utama dari pembuatan keripik tersebut. Pertama, kentang dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif, terutama bagai Anda yang menderita penyakit diabetes. Kedua, kentang dapat mencegah penyakit sembelit karena kentang mengandung serat larut dan tidak larut.

Ketiga, kentang dapat mengobati kanker karena kentang mengandung senyawa anti kanker. Terakhir, kentang juga sangat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Mudah bukan cara membuat keripik kentang di atas? Jika Anda ingin mencoba resep olahan kentang menjadi kentang goreng ala KFC, silahkan baca resepnya di artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *