Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep dan Cara Membuat Keripik Bayam yang Renyah

Resep dan Cara Membuat Keripik Bayam yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi keripik bayam? Mungkin sebagian dari kita mendengar nama camilan ini masih cukup asing. Namun jangan salah, meskipun aneh dan tidak biasa keripik bayam ini memiliki rasa gurih yang sangat nikmat lho. Sama seperti keripik pada umumnya, camilan satu ini terbuat dari bahan tepung, yakni tepung beras dan tepung kanji.

Sekilas, tampilan keripik bayam begitu sederhana sekali karena camilan ini hanya terdiri dari daun bayam yang digoreng dengan lapisan tepung. Tetapi setelah mencicipi keripik tersebut, seakan berubah menjadi camilan ala internasional. Oleh karenanya, sekarang ini banyak sekali penggemar dari keripik bayam tersebut.

Biasanya keripik bayam banyak dijual di warung-warung makan, keripik ini menjadi teman makan yang cukup nikmat, terutama apabila kita konsumsi bersama dengan makanan dalam bentuk sup. Namun jika di sekitar Anda tidak ada yang menjual, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan membagikan cara membuat keripik bayam yang renyah dan crispy tersebut.

Bahan-Bahan Keripik Bayam

resep keripik bayam crispy

Untuk membuat keripik bayam sebenarnya cukup mudah karena langkah-langkahnya tidak terlalu rumit. Selain mudah dalam membuatnya, bahan-bahan yang kita perlukan pun juga tidak sulit didapat. Adapun bahan yang Anda perlukan antara lain:

  • Garam cukup sekiranya 1 sendok teh
  • Tepung beras sebanyak 400 gr
  • Tepung kanji sekitar 80 gr
  • Daun bayam sekiranya 30 – 40 lembar
  • Air putih matang sesuai kebutuhan (secukupnya).
  • Kemiri sebanyak 12 biji, atau secukupnya
  • Ebi atau udang kering sekitar 6 sendok makan
  • Bawang putih dan merah sebanyak 5 – 6 siung

Cara Membuat Keripik Bayam

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang kita akan langsung membuatnya. Langkah pertama cucilah terlebih dahulu daun bayam dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih lalu tiriskan daun bayam tersebut sampai tiada air yang menempel. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita akan membuat adonan tepung untuk melapisi dan menggoreng daun bayam nantinya. Caranya campur semua bahan yang telah kita persiapkan tadi di atas sebuah cobek, kecuali tepung kanji dan beras.

Haluskan semua bahan tadi dengan menguleknya. Setelah halus, masukan tepung kanji dan beras bersamaan dengan air sampai membentuk adonan. Pastikan adonan yang Anda buat tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Usahakan adonan yang dibuat mirip dengan pasta atau krim.

Sekarang panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan dengan menggunakan api sedang. Sambil menunggu minyak memanas, ambil daun bayam dan olesi dengan adonan tepung tadi. Caranya cukup meletakan satu lembar daun di atas tepung dan membolak-balik sampai semua sisi terkena adonan.

Jika semua sudah terlumuri, masukan bayam yang sudah diolesi dengan adonan tadi ke dalam minyak panas. Gorenglah dengan menggunakan api sedang sampai matang. Tanda keripik bayam sudah matang adalah berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Setelah matang silahkan angkat dan turiskan terlebih dahulu agar tidak berminyak. Sajikan keripik bayam tersebut sebagai camilan keluarga atau sebagai teman makan saat makan siang dan makan malam tiba.

Bagi Anda yang suka pedas, maka Anda bisa menaburinya dengan bubuk cabe atau mencocolnya ke dalam saus tomat. Agar teksturnya tetap renyah dan crispy, silahkan simpan keripik bayam ini di dalam toples atau wadah yang tertutup rapat.

Manfaat Konsumsi Bayam Bagi Kesehatan

cara membuat keripik bayam renyah

Keripik bayam tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tetapi camilan ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh mengingat makanan ini terbuat dari bayam yang notabenya mengandung beragam nutrisi di dalamnya. Apa sajakah manfaat bayam bagi kesehatan tersebut?

  • Melawan sel kanker

Konsumsilah bayam secara rutin, sebab sayuran ini mengandung senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab pertumbuhan sel-sel kanker. Menurut penelitian, konsumsi bayam mampu menurunkan resiko kanker sebesar 30 %.

  • Menjaga kesehatan mata

Bayam merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Seperti halnya wortel, kandungan vitamin A tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Selain menjaga kesehatan mata, kandungan tersebut juga berkhasiat untuk mengatasi mata panda, mencegah degenerasi makula pada mata, dan mencegah radikal bebas penyebab rabun.

  • Mencegah peradangan

Peradangan dapat muncul kapan saja, untuk mencegahnya Anda dapat memperbanyak konsumsi bayam. Sayuran yang satu ini mengandung senyawa neoxanthin dan violaxanthin cukup tinggi, di mana kandungan tersebut bertindak sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah munculnya peradangan pada bagian organ tubuh. Mulai dari mencegah peradangan tenggorokan, radang lambung, radang kulit, dan masih banyak lagi.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi juga dapat kita atasi dengan mengonsumsi bayam. Bayam mengandung kalium dan folat cukup tinggi, kandungan ini menurut para ahli dapat melawan sodium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi. Oleh sebab itu, jika Anda menderita hipertensi segera turunkan dengan konsumsi sayur bayam secara rutin.

  • Mencegah penyakit diabetes

Kencing manis atau diabetes dapat muncul disebabkan karena kadar gula dalam darah meningkat cukup drastis. Agar turun, konsumsilah bayam secara rutin. Kandungan magnesium pada bayam akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi ke angka normal.

  • Menjaga kekuatan tulang dan sendi

Bayam termasuk sayuran yang mengandung kalsium dan zat besi cukup tinggi. Kandungan tersebut cukup baik untuk memacu pertumbuhan tulang pada anak, mencegah osteoporosis pada lansia, dan melumasi pada bagian persendian. Maka dari itu, jika Anda ingin tulang kuat konsumsilah bayam secara rutin.

Nah seperti itulah cara membuat keripik bayam renyah dan gurih yang dapat kami sajikan untuk Anda. Agar lebih lengkap, Anda juga bisa menyajikannya bersama dengan keripik kentang yang pernah kami ulas resepnya di artikel ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *