Bacaterus / Makanan Barat / Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Ala KFC

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Ala KFC

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak suka kentang goreng? Cemilan yang gurih dan renyah ini memang sangat nikmat apalagi jika ditambah dengan saus tomat. Seringkali kita membeli kentang goreng di restoran fast food karena rasa dan teksturnya yang sangat khas. Pada sebenarnya cara membuat kentang goreng renyah ala restoran fast food tersebut bisa kita coba sendiri di rumah.

Salah satu restoran fast food yang terkenal dengan kentang gorengnya adalah KFC alias Kentucky Fried Chicken. Restoran franchise asal Amerika tersebut memiliki menu kentang goreng crispy yang sangat menggoda selera. Sebelum kita membahas cara membuatnya, mari kita ulas terlebih dahulu seluk-beluk mengenai kentang.

Berkenalan dengan Kentang

Anda tentu pernah memakan olahan makanan yang berasal dari kentang. Sebelum kita mengolah salah satu makanan yang berbahan dasar kentang; kita akan membahas terlebih dahulu asal usul tanaman yang identik dengan warna tersebut.

Kentang atau dalam nama ilmiahnya disebut dengan Solanum tuberosum L. merupakan tanaman yang dimanfaatkan pada bagian umbinya. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini dikategorikan ke dalam tanaman yang berumur pendek dan sangat cocok jika ditanam di daerah yang beriklim tropis dengan daratan yang relatif lebih tinggi.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tanaman yang satu ini karena negara kita memang memiliki iklim tropis yang sangat mendukung pertumbuhannya. Nah sekarang mari kita mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat kentang goreng renyah ala KFC tersebut berikut ini.

Peralatan dan Bahan-Bahan

Peralatan yang akan digunakan untuk membuat kentang goreng ala KFC diantaranya adalah pisau, kompor gas, wajan dan alat untuk mengaduk-aduknya, baskom berisi air putih untuk mencuci kentang serta wadah-wadah seperti mangkuk atau piring yang akan digunakan untuk menyimpan bahan-bahan dan bumbu-bumbu.

Selanjutnya, setelah alat terpenuhi; maka Anda harus menyediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti kentang, tepung, minyak murni atau jernih (bukan jelantah), garam secukupnya, bumbu ketumbar secukupnya, beberapa siung bawang putih, dan penyedap rasa yang biasa digunakan sehari-hari.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah

cara membuat kentang goreng renyah

Membuat kentang goreng crispy memang sangat mudah. Pertama-tama, pilihlah kentang super yang memiliki ukuran cukup besar agar kualitas potongan kentang lebih panjang dan menarik. Kupaslah kentang tersebut sesuai dengan selera yang diinginkan; Anda bisa memotongnya panjang-panjang menyerupai stick.

Langkah yang kedua, persiapkan dan uleklah bumbu-bumbu yang telah dibahas sebelumnya seperti bawang, ketumbar, bawang putih, dan penyedap rasa. Setelah ulekan merata, maka Anda harus menambahkan air beserta tepung khusus. Tambahan air dan tepung dapat membantu proses penggorengan kentang menjadi lebih renyah dan mengembang.

https://www.youtube.com/watch?v=ooNNMy972K0

Terakhir, celupkan kentang yang sudah dipotong-potong tadi kedalam campuran bumbu yang baru saja dibuat, kemudian ratakan dan goreng sampai matang. Angkat setelah benar-benar matang lalu tiriskan dan kentang goreng ala KFC sudah bisa dinikmati dengan renyah dan gurih.

Catatan: jangan lupa untuk memakai minyak yang benar-benar murni atau belum pernah pakai dan tuangkan minyak tersebut kedalam wajan sampai dengan potongan-potongan kentang tersebut diselimuti oleh minyak.

Cobalah untuk menyajikan dan memakannya selagi masih panas karena kriuk kentang akan sangat terasa. Berbeda jika disajikan dalam keadaan dingin, maka selain kriuknya sudah tidak ada, ukuran kentang pun akan semakin mengecil dan kurang sedap jika dimakan.

Jika Anda suka dengan rasa pedas, maka Anda juga dapat memakannya dengan dicampuri saus pedas atau saus tomat. Kentang goreng ini juga sangat nikmat dimakan sambil menonton televisi atau sambil ngobrol-ngobrol santai di sore hari.

Manfaat Kentang bagi Tubuh

Mengkonsumsi kentang memang tidak akan rugi karena sayuran ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, elektrolit (sodium dan kalium), dan sejumlah zat mineral.

Kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat memberikan efek nyata bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, sebagai antioksidan, menyehatkan kulit, dan menstabilkan peredaran darah.

Mengingat kandungan dan sejumlah manfaat yang dimiliki oleh kentang; tidaklah heran jika kebanyakan orang menyukai menu kentang goreng sebagai salah satu makanan favoritnya. Bagaimana dengan Anda, apakah memfavoritkan juga makanan yang satu ini? Selamat mencoba cara membuat kentang goreng renyah ala KFC!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *