bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / Begini Cara Membuat Kata Pengantar Makalah yang Benar

Begini Cara Membuat Kata Pengantar Makalah yang Benar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Februari 2021

Dalam penulisan, baik untuk karya ilmiah atau karya tulis fiksi, sering kali kita temukan halaman kata pengantar yang terletak di awal halaman sebelum masuk ke pokok bahasan. Bagian kata pengantar dalam karya tulis seperti makalah merupakan hal yang wajib ada. Sebab dengan adanya kata pengantar pembaca dapat mengetahui gambaran umum dari makalah dan karya tulis yang dibuat.

Keberadaan kata pengantar adalah penting dalam sebuah penulisan makalah. Dari situ lah pembaca dapat mengetahui gambaran besar dari sebuah penulisan makalah. Untuk menyusun sebuah kata pengantar tidak bisa sembarangan loh. Ada aturan dan struktur tersendiri sehingga sebuah kata pengantar dapat disebut baik dan sudah sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku

Pengertian Kata Pengantar

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan sebuah halaman yang terdapat pada sebuah karya tulis yang biasanya berisi ucapan-ucapan rasa syukur dan terima kasih dari seorang penulis kepada pihak-pihak yang membantu proses terciptanya penulisan makalah tersebut.

Kata pengantar biasanya berada di halaman depan sebelum daftar isi dan pokok bahasan. Peletakkan kata pengantar di halaman depan ini bertujuan agar pembaca mengetahui hal-hal apa saja yang telah dialami oleh penulis selama proses menyusun sebuah makalah.

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi Kata Pengantar

Sama seperti fungsinya, kata pengantar berperan sebagai gerbang pembuka yang menuju uraian inti dari topik yang kamu angkat dalam makalahmu.

di dalam kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat di dan membantu dalam proses pembuatan sebuah makalah.  Penulis dan tim penyusunnya pun disebutkan di dalam kata pengantar.

Nah, supaya makalahmu mendapat perhatian dari para pembaca, ada cara membuat kata pengantar yang benar agar pembaca tertarik meluangkan waktunya mendalami bahasan yang kamu angkat di dalam makalahmu.

Pentingnya Menulis Kata Pengantar

Pentingnya Menulis Kata Pengantar

Kamu pasti sudah tidak asing dengan keberadaan kata pengantar pada setiap karya tulis seperti buku, baik itu fiksi dan non fiksi, buku pelajaran maupun novel atau makalah, dicantumkan di halaman depan karya tulis.

Pada halaman itu pula kamu akan menemukan hal yang tidak kalah penting seperti daftar pustaka dan daftar isi. Hal-hal tersebut secara tidak langsung menunjukan profesionalisme atas karya yang kamu buat.

Sebetulnya, dengan ditambahkannya uraian itu, menunjukan bentuk rasa hormat penulis kepada pembacanya. Perlu kamu ketahui bahwa merangkai kata pengantar wajib menggunakan kata baku dan pemilihan diksi yang efektif. Dengan begitu pembaca tidak akan kesulitan memahami tulisanmu.

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Susunan Makalah yang Baik dan Benar

Cara Menulis Kata Pengantar

Dalam menulis kata pengantar, kamu tidak bisa menuliskan apa yang ingin kamu tulis. Ada cara dan langkah yang benar sehingga kata pengantar bisa lebih efektif perannya. Lalu, bagaimana cara menulis kata pengantar yang benar? Yuk ikuti dua langkahnya.

1. Pahami Fungsi Kata Pengantar

Pahami Fungsi Kata Pengantar

Sama seperti namanya, kata pengantar ditulis untuk mengantarkan gambaran besar dari sebuah makalah kepada pembaca sehingga dapat meningkatkan ketertarikan pembaca terhadap isi uraian makalah yang kamu susun.

Semakin menarik isi uraian yang ditulis oleh penulis, maka semakin besar pula kemungkinan pembaca untuk penasaran terhadap karya tulis tersebut. Pada kata pengantar terdapat beberapa bagian yang wajib ada, di antaranya adalah:

  • Dimulai dari Puji Syukur

Dimulai dari Puji Syukur

Bagian pembukaan kata pengantar berada pada paragraf pertama dan kedua di dalam susunan kata pengantar. Pada bagian ini terdapat ucapan rasa syukur penulis kepada  tim penyusun yang terlihat hingga makalah tersebut rampung dan dapat dibaca oleh masyarakat luas.

Di negara kita, ucapan syukur lazim ditujukan kepada Tuhan Yang maha Esa, disesuaikan dengan agama yang dianut oleh penulis. Bagi muslim, biasanya ucapan terima kasih ditujukan dengan penulisan rasa syukur kepada Allah SWT. Contohnya sebagai berikut ini;

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya makalah ini dapat diselesaikan dengan baik, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat dan membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Di paragraf selanjutnya, kata pengantar diisi dengan ucapan terima kasih kepada orang yang berandil dalam proses pembuatan makalah. Urutan penyebutan orang-orang yang berperan disesuaikan dengan seberapa besar kontribusi yang bersangkutan kepada penelitian makalah tersebut.

Untuk makalah sekolah, orang pertama yang disebut pada bagian kata pengantar adalah guru yang telah memberikan tugas. Setelahnya, baru pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah.

  • Gambaran Isi Makalah

Gambaran Isi Makalah

Pada bagian ini kata pengantar dilengkapi gambaran mengenai isi penelitian makalah yang kamu buat. Umumnya pemaparan diawali dengan menyebutkan judul makalah, kemudian diberi sedikit bocoran pembahasan tentang bagaimana penulis dan penyusun menuliskan isi makalahnya.

Sebaiknya, pada saat menuliskan bagian ini jangan terlalu detail membahasnya. Pasalnya hal itu justru akan membuat kata pengantarmu menjadi lebih panjang. Dalam menuliskan bagian isi pada kata pengantar kamu cukup menjelaskan sedikit pandanganmu kepada pembaca.

Selain isi gambaran makalah, kamu bisa juga menambahkan tujuan dari pembuatan makalah yang kamu kerjakan.

  • Paragraf Akhir Kata Pengantar

Paragraf Akhir Kata Pengantar

Bagian penutup dalam kata pengantar biasanya berisi permohonan maaf dan harapan-harapan penulis atas terciptanya makalah. Permohonan maaf tersebut biasanya lebih ditujukan bila di kemudian hari terdapat ditemukan adanya kesalahan dalam isi makalahnya.

Pasalnya dalam pembuatan makalah selalu ada saja hal yang terlewat atau ada kesalahan yang tanpa disadari oleh penulisnya. Oleh karena itu pada bagian ini penulis memberikan permohonan maaf atas kekhilafan yang ditemukan oleh pembaca di dalam makalah yang dibuatnya.

Selanjutnya, harapan-harapan penulis dituliskan di dalam kata pengantar. Ada pula beberapa pandangan atau potensi lebih lanjut dari masalah yang diangkat di dalam makalah. Penulis atau penyusun biasanya mempunyai keterbatasan cakupan pembahasan topiknya.

Biasanya sebuah topik permasalahan memiliki sisi yang menarik yang bisa dibahas untuk menjadi karya ilmiah atau makalah. Pada bagian harapan ini bisa menjadi usaha penulis dalam memberikan pandangan kepada pembaca.

Dengan begitu masalah yang telah diangkat bisa diangkat lebih dalam bentuk makalah baru dengan sudut pandang yang berbeda.

2. Memilah Hal yang Tidak Perlu Ada di Dalam Kata Pengantar

Memilah Hal yang Tidak Perlu Ada di Dalam Kata Pengantar

Ketika membicarakan kata pengantar, biasanya seorang penulis atau tim penyusun ingin memasukkan hal-hal yang menurutnya penting untuk dibahas. Hal tersebut membuat kata pengantar menjadi panjang dan terkesan bertele-tele. Selain itu, akan menjadikan kata pengantar tidak berfungsi dengan benar.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kamu tuliskan ke dalam kata pengantar. Pertama, pilih diksi dan kalimat yang tepat serta efektif. Usahakan kata pengantar tidak terlalu panjang, cukup dua halaman saja. Sebab, kata pengantar hanya sebuah gerbang awal yang mengantarkan pembaca pada inti masalah.

Jadi, jangan sampai membuat pembaca terlalu lama dalam membaca kata pengantarmu. Kedua, jangan masukan ucapan terima kasih terlalu banyak. Biasanya saat mengucapkan terima kasih penulis memiliki deretan nama orang yang dikenal yang menurutnya telah banyak membantu.

Hindarilah hal tersebut. Penulis cukup memasukkan nama-nama orang yang benar-benar membantu dalam hal penulisan makalah tersebut. Ketiga, gunakan bahasa formal. Ada kalanya dalam menuliskan kata pengantar penulis dalam bahasa kasual sehari-hari.

Sebetulnya, itu bisa saja dilakukan tapi akan sangat baik jika dalam kata pengantar penulis menggunakan bahasa formal yang baku dan sopan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram