Bacaterus / Kaldu / Cara Membuat Kaldu Ayam Homemade yang Lezat dan Sehat

Cara Membuat Kaldu Ayam Homemade yang Lezat dan Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Secara definisi kaldu atau Stock merupakan salah sari makanan yang berasal dari sari daging, tulang, ataupun sayuran yang telah mengalami proses perebusan. Saat ini, kaldu bukan hanya berasal dari hewani saja seperti kaldu ayam, kaldu sapi atau kaldu ikan, namun ada juga beberapa jenis kaldu yang berasal dari perebusan tumbuhan tertentu sehingga disebut kaldu nabati.

Pemasaran kaldu sudah menyebar di nusantara dengan aneka jenis merek dan kemasan yang beragam sehingga jika Anda sedang membutuhkan kaldu tertentu tinggal beli saja di warung-warung atau super market terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa kaldu buatan Anda sendiri itu dijamin lebih sehat dan lezat sehingga tidak ada salahnya jika kita mempelajari bagaimana cara pembuatan kaldu.

Maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat kaldu ayam ala rumahan atau homemade yang lezat dan sehat tanpa bahan pengawet yang berbahaya. Sebelum membuatnya, mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan

Untuk membuat kaldu ayang yang spesial, maka bahan pokok yang wajib ada adalah ceker, sayap ayam, tulang ayam, dan leher ayam. Pilih yang masih segar agar dapat menghasilkan kaldu yang enak dan sehat.

Setelah pemilihan bahan pokok selesai, maka sediakan pula beragam jenis sayuran untuk bahan pelengkapnya. Anda bisa mengunakan seledri 1 batang, 1 buah tomat dan 1 buah wortel yang telah diiris halus.

Sediakan juga air dingin yang akan digunakan untuk proses perebusan sekitar 1 liter. Terakhir, tambahkan bumbu-bumbu sesuai dengan selera seperti garam, penyedap rasa, 1 batang bawang daun, bawang putih, dan bawang merah.

Cara membuat Kaldu Ayam Ala Rumahan

cara membuat kaldu ayam

Pertama-tama, Anda harus mencuci bahan-bahan untuk membuat kaldu ayam tersebut sampai benar-benar bersih, terutama untuk ceker, sayap, leher, dan tulang ayam. Kedua, masukan bahan pokok tersebut ke dalam wadah perebusan kemudian rebus hingga berubah warna.

Ketiga, jangan lupa untuk menambahkan garam dan sayuran yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tambahkanlah sayuran sebelum mendidih. Keempat, supaya sensasi rasa kaldu lebih nikmat, maka Anda dapat mengangkat tulang dan ceker terlebih dahulu dari rebusan lalu memarkan hingga sumsumnya keluar.

Kelima, rebus kembali bersama bahan-bahan lainnya dan tunggulah hingga 15 menit. Keenam, matikan kompor lalu saring kaldu dan seketika itu pula kaldu ayam ala rumahan Anda sudah siap untuk digunakan.

Tips Membuat Kaldu Ayam yang Lezat

Supaya kaldu ayam Anda sempurna, maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini. Pertama, upayakan untuk tidak menambahkan jeroan pada kaldu ayam Anda karena hal itu akan menimbulkan rasa kaldu menjadi pahit dan tidak enak.

Kedua, didihkan kaldu dengan menggunakan api kecil atau sedang supaya dapat matang dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk merebusnya dengan tidak terlalu lama, 15 menitan sudah cukup. Ketiga, supaya bumbu dan bahan-bahan pembuatan kaldu dapat meresap, maka sebaiknya lakukan pengadukan dari awal sampai sebelum kaldu mendidih.

Keempat, masukkan es batu ketika proses perebusan sudah terjadi gelembung-gelembung. Hal ini bertujuan untuk memisahkan lemak yang berlebihan sehingga kaldu ayam Anda mengandung rendah lemak.

https://www.youtube.com/watch?v=LdSnAIraeSI

Manfaat Mengkonsumsi Kaldu Ayam

Kandungan mineral dalam kaldu ayam dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya akan mudah diserap oleh usus. Kandungan kolagen, asam amino glisin, dan prolin dalam kaldu ayam juga dapat merawat kulit agar tetap cantik dan awet muda.

Selanjutnya, kaldu ayam dapat berkhasiat sebagai anti peradangan (inflamasi) di dalam tubuh karena mengandung zat glycine yang bermanfaat untuk mendetoks organ hepar. Terakhir, kaldu dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Nah itulah cara membuat kaldu ayam beserta berbagai manfaat yang dimilikinya. Kaldu ayam tersebut dapat Anda jadikan bumbu pelengkap masakan agar lebih sedap seperti soto, sup, tumis kangkung, dan lainnya. Kaldu ayam ini juga dapat dapat dijadikan pelengkap dalam resep pembuatan semur ayam seperti yang diulas di artikel ini. Selamat memasak!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *