bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Berkhasiat

Resep dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Berkhasiat

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Indonesia merupakan negara yang cukup terkenal dengan obat-obatan herbalnya. Sudah banyak sekali ramuan herbal tradisional di Indonesia yang cukup populer. Salah satunya adalah ramuan herbal dalam bentuk jamu.

Biasanya jamu dijual oleh para ibu-ibu sambil berkeliling kompleks. Ada banyak sekali jenis jamu Nusantara yang bisa kita cicipi mulai dari jamu beras kencur, jamu godong kates, jamu temulawak, sampai dengan jamu kunyit asam Jawa yang cukup populer itu.

Resep jamu kunyit Asam sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan ketika nenek moyang bangsa Indonesia masih ada. Hingga sekarang resep tersebut masih terpelihara dengan baik. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya penjual jamu gendong yang menjajakan jamu kunyit asam Jawa.

Namun jika di sekitar kompleks rumah Anda tidak ada penjualnya, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep dan cara membuat jamu kunyit asam Jawa tersebut. Penasaran? Yuk langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-Bahan Jamu Kunyit Asam Jawa

cara membuat jamu kunyit asam

Untuk membuat jamu kunyit asam sebenarnya cukup mudah, namun jika Anda tidak memperhatikan bahan yang digunakan, jamu tersebut tidak akan memiliki khasiat besar bagi kesehatan. Adapun bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Kunir/kunyit yang tua sebanyak 1 kg, dikupas dan dicuci bersih
  • Asam kawak cukup dengan 1/4 kg, buang bijinya
  • Gula aren atau gula jawa sebanyak 1/2 kg
  • Jeruk nipis tua cukup 5 biji, peras dan ambil airnya
  • Garam dapur sekiranya 1/4 sendok teh
  • Air matang sebanyak 20 gelas

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Jawa

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang kita bisa langsung membuatnya. Langkah pertama silahkan tumbuk kunir atau kunyit yang telah kita kupas dan cuci bersih tadi. Usahakan bahan kunyit tersebut ditumbuk hingga menjadi benar-benar halus.

Selanjutnya tambahkan air matang sebanyak 17 gelas ke dalam tumbukan tersebut sambil diaduk-aduk lagi. Setelah itu, peras dan saring kunyit tadi dalam sebuah wadah. Sishkan terlebih dahulu.

Selanjutnya larutkan gula aren/jawa dan asam kawak dengan menggunakan 3 gelas air sampai tercampur secara merata. Campurkan dengan larutan kunyit yang telah kita buat tadi. Sambil mencampurkan masukan juga perasan jeruk nipis dan garam, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Sekarang saringlah bahan-bahan tadi agar tidak ada kotoran dan juga bahan-bahan kasar yang tertinggal. Seteah itu, tuangkan jamu kunyit asam ini ke dalam gelas saji. Resep di atas dapat digunakan untuk kurang lebih 20 gelas.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

resep jamu kunyit asam

Termasuk kedalam obat herbal alami, jamu kunyit asam ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan meminum jamu ini di antaranya adalah:

  • Menetralkan racun kimia dalam tubuh

Kunyit merupakan rempah alami yang mampu melakukan detoksifikasi atau penetralisir racun dalam tubuh. Konsumsi jamu kunyit asam secara rutin (sesuai aturan) dipercaya mampu mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh, mulai dari racun akibat makanan, udara, sampai dengan konsumsi obat kimia berbahaya.

  • Mengontrol berat badan

Konsumsi jamu kunyit asam akan sangat membantu mengontrol berat badan berlebih. Hal ini terjadi karena senyawa mineral alami dalam kunyit dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga tubuh tidak akan memerlukan konsumsi kalori secara berlebihan lagi. Dengan begitu, jamu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

  • Mengatasi beragam infeksi kuman/bakteri

Kunyit termasuk ke dalam rempah-rempah yang memiliki sifat sebagai antibakterial dan antiseptik. Kandungan senyawa ini dipercaya baik untuk mengatasi infeksi peradangan akibat dari bakteri atau kuman, mulai dari peradangan pada tenggorokan sampai dengan peradangan pada lambung.

  • Melancarkan siklus haid pada wanita

Bagi Anda para wanita yang memiliki siklus menstruasi kurang lancar, maka silahkan konsumsi jamu ini secara rutin 1x sehari selama 1 minggu. Kandungan mineral alami seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor dalam kunyit dipercaya mampu mengontrol siklus menstruasi agar berjalan dengan lancar.

  • Mencerahkan warna kulit

Masker kunyit memang baik untuk mencerahkan kulit dari luar. Namun untuk mencerahkan kulit dari dalam, Anda dapat mengonsumsi jamu kunyit asam ini. Karena bersifat sebagai detoks racun, kunyit secara otomatis akan melarutkan racun pada bagian kulit penyebab kusam dan hitam.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Inilah manfaat kunyit asam yang paling dominan dan besar. Jamu ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dim ana kandungan inilah yang cukup baik untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda. Sebelum terserang penyakit, konsumsilah jamu ini secara rutin sesuai aturan.

  • Melancarkan sistem pencernaan tubuh

Kunyit merupakan bahan tradisional yang banyak mengandung kalium. Kandungan kalium ini dipercaya sangat berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan, mengatasi sembelit, mengurangi diare, disentri, dan lain sebagainya. Jika pencernaan Anda tidak lancar, konsumsilah jamu kunyit asam secara rutin setiap harinya.

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Jawa

Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari jamu kunyit asam ini, terdapat beberapa aturan yang harus Anda ikuti. Hal ini bertujuan agar tubuh benar-benar menyerap nutrisi yang ada di dalam jamu tersebut.

  • Untuk pengobatan cukup minum 1x sehari saja dan setelah sembuh berhentilah.
  • Bagi wanita dewasa ketika datang bulan, minum 1x sehari selama 1 minggu saja.
  • Untuk menjaga kesehatan tubuh konsumsi jamu tersebut maksimal 2 kali seminggu. Jangan lebih dari itu.

Wow, dahsyat sekali ya manfaat dari jamu ini? oleh sebab itu langsung saja coba cara membuat jamu kunyit asam Jawa ini sekarang juga di rumah. Tapi ingat, jangan konsumsi jamu ini melebihi aturan, karena jamu ini juga memiliki beberapa efek samping yang cukup mengganggu tubuh.

Jika Anda ingin mencoba jamu lainnya yang bisa rutin diminum setiap hari, maka cobalah jamu beras kencur yang pernah kami ulas resepnya di sini. Jamu beras kencur tersebut juga sangat menyegarkan karena bisa diminum dalam keadaan dingin. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram