Bacaterus / Resep Minuman / Resep dan Cara Membuat Jamu Beras Kencur yang Sehat

Resep dan Cara Membuat Jamu Beras Kencur yang Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak mengenal jamu beras kencur? Ramuan tradisional asli Indonesia ini memang sangat digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain rasanya yang menyegarkan, jamu ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamu beras kencur biasanya dijajakan oleh pedagang jamu keliling. Jamu tersebut diracik sendiri oleh penjualnya sehingga rasanya sangatlah khas. Sayangnya seiring dengan perkembangan jaman, para penjual jamu sudah mulai tersisihkan sehingga agak sulit menemukannya terutama di kota besar.

Saat ini memang sudah banyak jamu beras kencur yang dijual dalam bentuk kemasan, namun rasa yang dimilikinya tidaklah khas dan berbeda dengan yang aslinya. Selain itu, khasiat yang dikandungnya juga pasti berbeda dengan jamu beras kencur yang dibuat langsung secara tradisional.

Maka dari itu bagi Anda yang menginginkan beras kencur dengan rasa dan khasiat yang alami, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat jamu beras kencur tradisional. Anda hanya tinggal mengumpulkan bahan-bahannya lalu meraciknya sendiri di rumah.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu beras kencur ini tidaklah sulit untuk didapat. Anda bisa membelinya di pasar tradisional ataupun di supermarket. Berikut adalah bahan-bahan untuk meracik beras kencur ini:

  • 200 gram beras putih. Pilih yang bersih dan tidak beraroma karena beras yang wangi akan membuat jamunya juga wangi beras.
  • Akar rimpang kencur dengan ukuran sedang atau sekitar 6 jari orang dewasa.
  • Rimpang kunyit dengan ukuran sepanjang 2 jari orang dewasa.
  • Jahe lokal dengan ukuran sekitar 2 jari orang dewasa.
  • 2 sendok makan asam jawa.
  • 250 gram gula jawa.
  • 2 lembar daun pandan yang segar.
  • 2 buah jeruk nipis berukuran sedang, peras lalu ambil airnya.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Air bersih secukupnya.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Apabila semua bahan tersebut telah terkumpul, sekarang saatnya kita melanjutkan ke cara membuat jamu beras kencur tersebut. Pertama-tama silahkan rendam terlebih dahulu beras putih yang telah disiapkan pada air bersih selama 3 jam.

Selanjutnya masukan 6 gelas air putih ke dalam panci lalu rebus dengan menggunakan api sedang. Masukkan kencur, kunyit, gula jawa, jahe, asam jawa, dan daun pandan lalu aduk-aduk hingga semua bahan tersebut tercampur secara merata.

Jika air rebusannya sudah mendidih, silahkan matikan apinya. Selanjutnya saring air rebusan tersebut agar ampas kunyit, jahe, dan kencurnya terpisah dari air sarinya. Ambilah ampas tersebut untuk digabungkan dengan beras yang sudah direndam.

Langkah selanjutnya adalah mengambil beras yang sudah direndam selama 3 jam. Gabungkan beras tersebut dengan ampas yang tadi diambil lalu tumbuk semuanya hingga halus. Setelah halus, letakkan kembali berbagai bahan tersebut di atas saringan. Siram dengan menggunakan air rebusan tadi lalu simpan airnya di dalam wadah.

Sekarang Anda sudah dapat mencium aroma khas dari beras kencur pada air yang terdapat pada wadah tersebut. Selanjutnya silahkan masukan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Silahkan cicipi rasanya apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Jika dirasa belum manis, Anda dapat menambahkan gula pasir hingga sesuai dengan rasa yang diharapkan.

Sekarang jamu beras kencur sudah siap untuk diminum oleh seluruh anggota keluarga. Jamu ini dapat diminum sebagai penawar rasa pahit dari jamu lainnya yang Anda minum. Jika ingin rasa yang segar, maka Anda juga dapat meminumnya dengan tambahan es batu.

Manfaat Jamu Beras Kencur

cara membuat jamu beras kencur

Jamu beras kencur yang Anda buat di atas memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Beras kencur ini juga dapat dikonsumsi oleh semua kelompok usia, dari mulai anak-anak hingga lansia. Nah berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari beras kencur:

  • Menambah nafsu makan

Beras kencur merupakan minuman yang sering diberikan oleh orang tua kepada anaknya yang susah untuk makan. Ya, beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan anak karena memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative atau merangsang keinginan untuk makan.

  • Mengatasi masalah perut

Beberapa macam masalah pada perut dapat diatasi dengan ramuan beras kencur ini. Salah satu di antaranya adalah sakit maag. Dengan beras kencur ini sakit maag yang sangat melilit dapat diredakan sehingga Anda dapat mengkonsumsi makanan yang lainnya agar sakit maag tidak kambuh kembali.

Selain sakit maag, perut yang mulas juga dapat diatasi dengan jamu beras kencur ini. Perut mulas tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti datang bulan, memakan makanan yang sangat pedas, dan masih banyak lagi.

  • Meningkatkan stamina

Sebelum memulai aktivitas yang akan menguras tenaga, minumlah beras kencur ini agar stamina tubuh Anda tetap kuat ketika sedang bekerja. Dengan rutin meminumnya setiap hari, maka stamina tubuh akan semakin meningkat dan kesehatan juga akan terjaga.

Jika Anda merasa lelah, letih, ataupun lesu setelah bekerja seharian, maka beras kencur ini juga dapat menjadi obat untuk menyegarkan kembali tubuh Anda. Ramuan ini juga dapat diminum sebelum tidur agar Anda merasa segar ketika bangun keesokan paginya.

  • Mengobati masuk angin

Beras kencur juga menjadi salah satu minuman yang dapat mengatasi masuk pasalnya. Pasalnya, kandungan jahe yang terdapat di dalamnya dapat memberikan efek hangat di tubuh sehingga gejala masuk angin dapat langsung diredam dengan cepat.

  • Melegakan tenggorokan

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan akibat batuk ataupun flu, maka ramuan beras kencur ini sangat cocok untuk Anda minum. Rasa hangat dari beras kencur ini dapat melegakan tenggorokan yang sakit sehingga Anda dapat kembali menelan dengan lancar dan suara Anda juga tidak akan serak lagi.

  • Pelangsing

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, maka beras kencur ini juga dapat dijadikan sebagai solusi. Minumlah beras kencur secara rutin agar tubuh Anda menjadi indah dan kulit Anda juga menjadi halus bak kain sutra.

Nah itulah resep dan cara membuat jamu beras kencur secara tradisional. Karena bahan yang digunakan masih alami, maka Anda juga bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Selamat mencoba dan cintai selalu minuman tradisional Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *