Bacaterus / Handycraft / Cara Membuat Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jangan terburu membuang barang bekas di rumah Anda karena beberapa barang bekas dapat disulap menjadi berbagai kerajinan tangan, lho! Beberapa di antaranya adalah bingkai foto, pot, dudukan lampu, hingga hiasan dinding yang akan kita bahas kali ini.

Ya, jika Anda suka berbelanja hiasan dinding untuk mempercantik rumah, kini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang lagi. Pasalnya, hiasan dinding yang cantik bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan barang bekas, seperti koran, kardus, CD, dan stik es krim bekas.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas beberapa cara membuat hiasan dinding dari barang bekas yang ada di sekitar kita. Barang bekas yang akan kita gunakan kali ini adalah kertas koran, compact disc (CD), dan juga stik es krim.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Koran

Koran adalah barang bekas yang paling mudah didapatkan. Koran bekas yang sudah tidak terpakai biasanya sering dijadikan bungkus gorengan atau sejenisnya. Namun tidak jarang pula koran dibuang begitu saja jika sudah tidak terpakai.

Nah koran yang mungkin nampak tidak berguna tersebut kini bisa disulap menjadi hiasan dinding yang cantik, lho! Sebelum membuat hiasan dinding tersebut, mari kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

cara membuat hiasan dinding dari barang bekas kardus

Membuat hiasan dinding dari koran ini cukup mudah. Siapapun bisa membuat hiasan dinding sendiri dari kertas koran bekas. Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Gunting koran bekas secara horisontal sebanyak 4 bagian dari 1 lembar koran
  2. Lipat bagian-bagian koran yang sudah dipotong sehingga memiliki lebar 1 cm
  3. Buat lebih banyak strip koran dengan cara tersebut
  4. Gulung strip koran membentuk spiral atau roller coaster, jangan lupa untuk memberi lem pada bagian dalam strip agar gulungan tidak mudah terlepas
  5. Selain berbentuk lingkaran spiral, Anda juga bisa membuat bentuk-bentuk lain, seperti segitiga dan persegi
  6. Jika semua bagian koran sudah tergulung menjadi beberapa bentuk, cat gulungan koran dengan warna yang berbeda-beda agar lebih menarik
  7. Setelah di cat, biarkan selama 1 jam agar cat mengering
  8. Hubungkan setiap gulungan dengan benang wol, usahakan pilih benang wol dengan warna yang menarik
  9. Apabila semua gulungan sudah terjalin dengan erat, gantung gulungan-gulungan itu di dinding rumah Anda

Hiasan dinding dari koran ini dapat digantungkan di bawah jam dinding, bingkai foto, atau yang lainnya. Bingkai fotonya juga bisa Anda buat dari kardus bekas sehingga menjadi semakin unik. Silahkan simak artikel ini untuk tutorial membuat bingkai foto dari kardus bekas.

Selain digunakan untuk hiasan dinding, gantungan dari koran bekas ini juga bisa juga digunakan sebagai tirai pada pintu. Namun, untuk membuat tirai pada pintu, Anda harus membuat gulungan ini dalam jumlah yang lebih banyak.

Jika di rumah Anda tidak ada koran bekas, Anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan kardus bekas. Namun pastikan Anda menggunakan lem yang lebih kuat karena kardus lebih tebal dan lebih keras dari kertas biasa.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari CD Bekas

CD, VCD, DVD, atau cakram optik apapun yang tidak terpakai bisa disulap menjadi hiasan dinding. Nah, sebelum mengetahui cara membuat hiasan dinding dari CD ini, sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • CD bekas
  • Tali dari sabut
  • Lem
  • Spidol marker hitam
  • Cat air atau cat minyak
  • Gunting

Tidak butuh keahlian khusus untuk membuat hiasan dinding dari CD ini. Nah, apabila semua bahan yang dibutuhkan di atas sudah Anda kumpulkan, silahkan ikuti panduan mudah membuat hiasan dari CD berikut ini:

cara membuat hiasan dinding dari cd bekas

  1. Ambil sebuah CD, oleskan lem di bagian pusat CD secara melingkar hingga bagian tepi CD
  2. Tempelkan tali secara melingkar sesuai dengan alur lem
  3. Pastikan seluruh bagian CD sudah tertutup oleh tali
  4. Gambar berbagai bentuk atau objek yang Anda inginkan di atas CD yang sudah dibalut dengan tali tersebut
  5. Warnai dengan cat air atau minyak
  6. Biarkan hingga kering, jika Anda menggunakan cat air, beri pernis agar cat tersebut tidak mudah luntur jika terkena air
  7. Tempelkan CD yang sudah dihias di dinding rumah Anda

Hiasan dinding yang sudah dibuat ini juga bisa dikombinaskan dengan hiasan dari kertas koran di atas. Selain menjadi hiasan dinding, CD bekas yang sudah dimodifikasi tersebut juga bisa dijadikan alas atau tatakan gelas yang unik.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Stik Es Krim Bekas

Stik es krim juga merupakan bahan favorit untuk membuat karya seni. Selain mudah didapatkan, stik es krim ini juga bisa digunakan untuk mendukung semua jenis prakarya. Siapkan bahan-bahan berikut sebelum memulai cara membuat hiasan dinding dari stik es krim bekas:

  • Stik es krim
  • Lem
  • Krayon
  • Payet
  • Hiasan berbentuk bunga
  • Kertas kaca

Apabila semua bahan dan peralatan yang diperlukan sudah tersedia, maka kita bisa langsung membuatnya. Pertama-tama silahkan cuci stik es krim bekas tersebut hingga bersih kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Susun stik es krim berbentuk zigzag dan pastikan bentuknya menyerupai persegi atau frame foto
  2. Rekatkan setiap bagian es krim dengan lem
  3. Setelah lem mengering, warnai stik es krim menggunakan krayon, pilih warna yang Anda sukai
  4. Apabila seluruh bagian stik es krim sudah diwarnai, tempelkan payet, hiasan berbentuk bunga dan kertas kaca yang sudah dipotong berbentuk belah ketupat di seluruh bagian susunan stik es krim tersebut
  5. Berikan benang di ujungnya, kemudian hiasan dinding dari stik es krim siap dipajang!

cara membuat hiasan dinding dari stik es krim

Selain dapat digantungkan secara langsung, hiasan dinding dari stik es krim ini juga bisa dikreasikan sebagai bingkai foto. Anda bisa menempelkan berbagai foto dengan sahabat atau keluarga di bagian depan susunan stik es krim.

Nah, apakah Anda berminat untuk mencoba cara membuat hiasan dinding dari barang bekas di atas? Pastinya, uang yang Anda keluarkan untuk membuat hiasan dinding sendiri lebih kecil dibanding harus membelinya di toko souvernir.

Di samping itu, keterampilan membuat hiasan dinding dari bahan bekas ini juga dapat menjadi peluang usaha yang cukup baik, lho! Karena tidak sedikit yang menyukai barang hasil buatan sendiri. Jadi, Anda bisa berkreasi sembari menghasilkan uang.

Selain itu, cara membuat hiasan dinding dari barang bekas ini menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan mudah diperoleh. So, tunggu apalagi? Yuk, isi waktu luang Anda dengan membuat hiasan dinding sendiri dari barang-barang bekas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *