Bacaterus / Gula / Cara Membuat Gula Cair untuk Minuman Dingin yang Segar

Cara Membuat Gula Cair untuk Minuman Dingin yang Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika Anda memesan secangkir es kopi di kafe, biasanya Anda diberi gelas kecil lucu berisi cairan bening yang agak kental, kan? Itu adalah gula cair atau bahasa kerennya simple syrup. Pihak kafe yang mengerti keinginan pelanggan pasti akan menyediakan gulanya terpisah, karena setiap orang memiliki selera berbeda-beda.

Begitu pula ketika Anda membuat minuman dingin di rumah. Selera Anda, ayah, ibu, kakak, adik, semuanya berbeda, bukan? Ada yang suka minumannya sangat manis dan ada juga yang mungkin lebih suka minumannya tak diberi gula. Bagaimana pun, tak ada salahnya menyediakan simple syrup sendiri di rumah.

Apa itu Simple Syrup?

* sumber: bakerbettie.com

Sebenarnya simple syrup sangat-sangat simpel. Orang-orang tidak menyebut ini sederhana tanpa alasan. Ini hanyalah gula dan air yang direbus bersama. Walaupun encer, cairan ini memiliki rasa gula pasir yang sama manisnya. Tapi, tahukah Anda, kalau simple syrup merupakan bahan rahasia untuk minuman dingin, koktail dan saus cocolan serta mayones yang lezat?

Ini akan berbeda jika Anda menambahkan gula langsung ke pada minuman dan masakan. Gula cair lebih mudah teraduk dan menembus cairan daripada gula pasir. Bahan yang simpel ini sangat esensial dan tidak tergantikan.

Anda akan menemukan banyak kegunaan untuk sirup sederhana ini dalam masakan Anda, karena simple syrup dapat digunakan untuk sorbet, candied fruit (buah segar yang dibalut gula cair supaya kriuk-kriuk), untuk melembutkan kue bolu, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuat simple syrup dalam skala besar atau pun kecil. Anda juga bisa langsung menghabiskannya atau pun menyimpan gula cair di dalam botol bertutup rapat, atau tempat lainnya (asal disimpan di lemari es). Tidak sulit untuk membuat simple syrup, hanya membutuhkan waktu 5 menit saja dan selesai!

Jadi, tak perlu Anda membeli simple syrup kemasan di swalayan yang mungkin harganya juga mahal. Tapi, sebelum itu, perlu diketahui kalau ada cukup banyak macam simple syrup yang selama ini digunakan.

Jenis-jenis Simple Syrup

* sumber: ume-handel.de

Apa yang membuat beberapa simple syrup berbeda? Adalah konsistensinya dan kegunaannya. Sebenarnya kekentalan gula cair ditentukan dari banyaknya air dan gula yang digunakan, simpel, kan? Tapi, kita bisa mengategorikannya menjadi tiga.

  • Thin Simple Syrup

* sumber: www.thespruceeats.com

Ini adalah gula cair biasa, tapi sangat encer dan tidak terlalu manis. Ini dibuat dengan rasio air 3:1 gula. Thin simple syrup biasanya digunakan untuk membuat cake dan kue kering.

  • Medium Simple Syrup

*Sumber: https://www.pinterest.dk/pin/619526492471090672/?amp_client_id=CLIENT_ID(_)&mweb_unauth_id=&simplified=true

Ini adalah gula cair yang konsistensinya diantara gula cair encer dan kental. Dibuat dengan rasio air 2:1 gula, biasanya medium simple syrup digunakan untuk membuat minuman manis dingin seperti es teh dan es kopi.

  • Basic Simple Syrup

* sumber: www.thekitchn.com

Basic simple syrup, ini adalah gula cair standar yang dibuat setiap orang, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk disajikan di kafe. Rasio untuk membuatnya adalah 1:1 antara air dan gula. Mudah sekali, bukan?

  • Thick/Rich Simple Syrup

* sumber: legourmet.tv

Jika basic simple syrup yang dikenal secara luas dibuat dengan rasio air 1:1 gula, thick atau rich simple syrup dibuat dengan gula 2:1 air. Jadi, teksturnya pasti lebih kental dan lebih manis daripada jenis-jenis yang sebelumnya. Ini digunakan sebagai dasar untuk minuman buah dingin (jus, dan lain-lain), cocktail, dan untuk membuat manisan buah (candied fruit).

  • Brown Sugar Syrup

* sumber: www.finecooking.com

You know the drill, gula cair menggunakan gula putih, brown sugar syrup pasti menggunakan gula merah. Sirup ini banyak juga yang jual, karena kepopuleran minuman boba fresh milk + brown sugar (padahal, semua bahannya bisa Anda sediakan sendiri di rumah). Seperti brown sugar syrup ini. Selain ditambahkan ke minuman, gula merah cair juga bisa dijadikan topping wafel, pancake, hingga roti panggang.

Untuk membuat gula merah cair, bahan yang diperlukan adalah 2 cup (400 gram) gula merah bubuk/gula semut, 3 sdm unsalted butter dan 1 gelas air. Dalam panci sedang, campurkan gula merah, mentega dan air. Didihkan dengan api sedang sampai mentega meleleh dan gula larut. Aduk sesekali supaya gula tidak gosong.

Jika gula dan mentega sudah larut, naikkan api sedang jadi tinggi agar sirup mendidih. Masak selama 1 menit, aduk sesekali. Kembali kurangi panas menjadi rendah, lalu didihkan lagi sampai sirup mengental hingga konsistensi yang diinginkan (sekitar 5-8 menit). Tunggu gula cair mendingin sebelum digunakan atau disimpan, ya.

  • Demerara Syrup

* sumber: drinkinghobby.com

Selanjutnya ada demerara syrup atau turbinado syrup. Cara membuatnya sama 1:1, tapi sirup ini menggunakan gula demerara atau turbinado, gula yang berwarna keemasan dan memiliki rasa yang lebih dalam. Jika sudah menjadi sirup, rasa dan penampilanya seperti karamel. Ini sangat populer ditambahkan ke minuman dingin dan minuman beralkohol.

  • Honey Syrup

* sumber: www.feastingathome.com

Ternyata madu juga bisa dijadikan sirup cair, loh! Sebagaimana pernah Bacaterus bahas pada artikel cara membedakan madu asli dan palsu, madu asli tidak bisa larut di dalam air. Kalau pun bisa, itu sulit.

Mengubah bentuk madu asli menjadi sirup adalah cara mudah menambahkannya pada minuman atau makanan. Bahan yang dibutuhkan: 1 cup alias sekitar 473  mL madu asli (bukan yang sudah dicampur gula), ½–1 cup (per cup sama dengan 235 mL) air hangat.

Tempatkan air hangat dan madu dalam squeeze bottle (seperti botol kecap/sirup) bersih, lalu tutup lubangnya dengan jari Anda. Kocok-kocok botol hingga madu larut. Jika madu sulit larut, pindahkan ke panci kecil, lalu masak di atas kompor dengan api kecil.

Aduk-aduk sampai madu larut dengan air. Dinginkan dan tuangkan ke dalam botol squeeze atau botol apapun yang Anda inginkan. Sirup madu ini bisa disimpan selama berminggu-minggu di konter (di dapur) atau pun di kulkas.

  • Agave Syrup

* sumber: www.homebrewing.org

Sirup agave adalah pemanis yang dibuat dari beberapa spesies tumbuhan agave. Sirup ini lebih manis dibandingkan gula dan madu. Walaupun sekilas tekstur dan warnanya mirip dengan madu, sirup agave lebih encer sedikit.

Cara Membuat Berbagai Simple Syrup

Nah, tadi itu beberapa macam simple syrup yang ada di pasaran dan bisa Anda buat sendiri juga, sebenarnya. Sekarang, Bacaterus akan membahas cara membuat simple syrup alias gula cair biasa, karena jenis ini yang akan paling sering digunakan dan lebih versatile juga.

  • Cara Membuat Simple Syrup Biasa

* sumber: www.mccormick.com

Dalam panci dengan sisi tinggi atau sauce pan, didihkan air dingin dan gula menggunakan api sedang-tinggi. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan aduk terus sampai sepenuhnya gula larut. Anda akan melihat larutan bening setelahnya. Aduk terus hingga 3-5 menit. Ingat, semakin lama merebusnya, gula cair Anda akan semakin kental jika sudah dingin.

  • Cara Membuat Simple Syrup Kaya Rasa

* sumber: www.etsy.com

Untuk membuat simple syrup yang dasar banget, alias yang rich, Anda akan membutuhkan 830 mL air, 645 gr gula putih, 100 gr light brown sugar (gula semut) dan 1 sdm air perasan lemon. Cara membuatnya:

Dalam panci sedang, masak air dan gula dengan api sedang. Aduk terus sampai mengental, sekitar 10-15 menit. Angkat panci dari api dan tambahkan perasan lemon. Selesai, deh! Mencampur dua jenis gula dan menambahkan air lemon akan meningkatkan rasa simple syrup Anda.

  • Rasa Tambahan Lainnya

* sumber: www.etsy.com

Setelah simple syrup jadi, matikan api kompor dan angkat panci. Pada titik ini, Anda dapat menambahkan perasa. Selain air perasan lemon, Anda bisa juga menyuntikkan bumbu-bumbu rempah ke dalam gula cair, supaya rasanya lebih sedap. Jeruk nipis, jeruk manis, jeruk bali, bahkan kulit jeruk-jeruk yang tadi sudah disebutkan juga bisa ditambahkan untuk menambah rasa gula cair Anda.

Rempah-rempah juga bisa ditambahkan seperti batang kayu manis, vanilla bean atau esens vanila, culinary lavender kering atau pun fresh, daun kemangi, jahe (dikupas dan dipotong-potong), daun mint, tangkai rosemary, eucalyptus segar, merica, cabai (segar atau kering), air mawar berkualitas baik untuk dikonsumsi, segala jenis buah atau sayuran (segar atau beku), hingga teh hijau sebagai pengganti air putih.

Tambahkan saja penyedap pilihan Anda setelah air gula mendidih dan sudah diangkat dari api. Diamkan penyedap selama sekitar 20-30 menit supaya meresap. Tapi, ada juga yang suka menambahkan penyedap saat gula cair masih dimasak dengan harapan rasanya lebih menempel. Apapun metodenya yang Anda pilih, saring gula cair dengan saringan kawat sebelum digunakan atau disimpan, ya.

Menyimpan Sirup Gula

* sumber: consumatorium.com

Jika Anda mau menyimpannya, tuangkan gula cair ke dalam botol dengan tutup rapat/kedap udara. Tuang pakai corong supaya tidak belepotan! Seperti garam, gula adalah bahan pengawet alami. Jadi, simple syrup bisa disimpan di lemari es. Tapi, kekurangan disimpan di kulkas adalah mereka bisa mengkristal.

Untuk mengantisipasinya, tambahkan 1 sdm sirup jagung atau 1 sdt perasan lemon pada gula cair setelah selesai dimasak supaya tidak mengeras walaupun disimpan di kulkas. Psst, sirup jagung atau lemon tidak akan merubah rasa gula cair, kok, tenang saja! Anda juga selalu bisa menyimpan gula cair ini di dapur (suhu ruangan). Masa hidupnya bisa kuat sampai 2 bulan, loh.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara membuat simple syrup dengan berbagai cara dan rasa. Jika Anda punya tips cara membuat gula cair lainnya, bisa bagikan pengalamannya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *