Bacaterus / Mainan Anak / Cara Membuat Gelembung Sabun yang Tidak Mudah Meletus

Cara Membuat Gelembung Sabun yang Tidak Mudah Meletus

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Gelembung sabun adalah mainan tradisional yang populer hingga sekarang. Bukan sekedar untuk mainan saja, gelembung sabun juga sudah menjadi dekorasi untuk berbagai acara. Namun, tentu saja gelembung yang dipakai untuk dekorasi itu terbuat dari mesin khusus, bukan ditiup secara manual oleh manusia.

Pernahkah Anda mencoba membuat gelembung sabun sendiri tetapi gelembungnya mudah meletus? Nah, mungkin ada bahan-bahan yang terlupakan ketika Anda membuat gelembung sabun sendiri.

Meskipun terlihat simple, cara membuat gelembung sabun yang tidak mudah meletus ternyata cukup sulit. Oleh karena itu, Bacaterus akan berbagi cara membuat gelembung sabun yang gelembungnya tidak mudah meletus seperti ketika Anda membeli gelembung sabun di pedagang kaki lima. Yuk cari tahu caranya di ulasan berikut ini.

Cara Membuat Gelembung Sabun Sederhana

Cara Membuat Gelembung Sabun Sederhana

Membuat balon sabun kecil sendiri bisa menjadi solusi hemat bagi Anda yang ingin memberikan mainan kepada anak tanpa merogoh kocek terlalu besar. Hanya dengan bermodalkan segala jenis sabun yang ada di rumah Anda, maka Anda sudah bisa membuat gelembung sabun sendiri.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengeluhkan gelembung sabun homemade yang balonnya mudah meletus ketika selesai ditiup. Siapkan bahan-bahan berikut sebelum kita membahas cara membuat geleumbung sabun yang tidak mudah meletus:

  • Sabun segala jenis (bisa sabun cair pencuci piring, sabun mandi cair, shampoo, dan deterjen)
  • Air
  • Gula.
  • Sirup Jagung
  • Kanji (Tepung Tapioka)
  • Pewarna Makanan (warna bisa dipilih sesuai selera)
  • Wadah Toples Plastik

Setiap jenis sabun memiliki karakteristik masing-masing. Misalnya, sabun cair pencuci piring paling cocok untuk menghasilkan balon besar, sabun mandi cair dan shampoo tidak menghasilkan busa sebanyak sabun cuci piring tapi masih bereaksi dengan baik untuk dibuat geleumbung sabun, sedangkan deterjen juga cocok untuk membuat balon sabun yang banyak.

Apabila semua bahan sudah terkumpul, silakan ikuti cara membuat gelembung sabun berikut ini:

  1. Campurkan air dan sabun dengan perbandingan 4 takaran air dan 1 takaran sabun di dalam sebuah wadah.
  2. Aduk air sabun ini hingga merata dan mengeluarkan busa.
  3. Selanjutnya, tambahkan sedikit gula, sirup jagung, dan kanji, lalu aduk kembali agar semua bahan merata. Manfaat dari gula, sirup jagung dan kanji untuk membuat balon menjadi lebih tebal sehingga tidak mudah meletus setelah ditiup.
  4. Tambahkan sedikit pewarna makanan agar cairan balon sabun terlihat lebih menarik.

Rahasia membuat gelembung sabun yang tahan lama di udara dengan mencampurkan gula, sirup jagung, dan kanji. Dijamin, gelembung sabun buatan Anda pasti lebih awet dan tidak mudah meletus.

Cara Membuat Tangkai Peniup

Cara Membuat Tangkai Peniup

Untuk bermain gelembung sabun, Anda perlu membuat tangkai peniup. Langkah-langkah untuk membuat tangkai peniup ini sangat mudah, sehingga Anda bisa turut membuatnya sendiri. Berikut adalah beberapa benda yang bisa disulap menjadi tangkai peniup balon sabun:

  • Sedotan yang agak panjang bisa dibengkokkan ujungnya hingga menjadi bentuk lingkaran. Selanjutnya, ikat bagian lingkaran dengan selotip. Coba tangkai peniup dari sedotan ini untuk menghasilkan balon sabun.
  • Hanger (gantungan baju) yang terbuat dari kawat juga bisa dijadikan tangkai peniup balon sabun. Caranya adalah luruskan hanger dengan menggunakan tang. Bengkokkan salah satu ujung kawat penggantung baju hingga berbentuk lingkaran. Untuk mengikat lingkaran, Anda bisa menggunakan kawat yang lebih lemas.

Perlu Anda ketahui bahwa besar kecilnya ukuran lingkaran pada tangkai peniup menjadi penentu ukuran gelembung sabun. Jadi, jika Anda ingin membuat balon sabun raksasa, maka lingkaran pada tangkai peniupnya juga harus memiliki diameter yang besar.

Cara Meniup Gelembung Sabun

Cara Meniup Gelembung Sabun

Setelah mengetahui panduan cara membuat gelembung sabun yang balonnya tidak mudah meletus, kini Anda harus mengetahui cara meniup gelembung sabun yang benar. Ternyata ada beberapa teknik khusus untuk menghasilkan balon sabun yang lebih besar dan tidak mudah meletus.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meniup gelembung sabun sehingga bisa menghasilkan balon yang besar dan tidak mudah meletus:

  1. Celupkan tangkai peniup ke dalam larutan gelembung sabun.
  2. Dekatkan bagian lingkaran tangkai ke dekat mulut Anda.
  3. Tiup lingkarannya dengan lembut.
  4. Jika gelembung sabunnya kuat dan bisa memberikan reaksi yang baik, maka sekali meniup akan menghasilkan balon sabun dalam jumlah banyak.

Untuk membuat balon yang besar, gunakan tangkai peniup dengan lingkaran yang diameternya lebih besar. Setelah itu, cobalah meniup secara perlahan atau berlari sambil mengacungkan tangkai peniup di atas (seperti menarik layangan sambil berlari). Atau bisa juga Anda meniup gelembung sabun besar dari tempat yang tinggi sehingga balon yang dihasilkan akan melayang turun ke bawah.

Tips Penting dalam Membuat dan Meniup Gelembung Sabun

Tips Penting dalam Membuat dan Meniup Gelembung Sabun

Sejak dulu hingga sekarang gelembung sabun sudah menjadi mainan sederhana yang disukai oleh anak-anak. Kini, Anda bisa langsung membuat gelembung sabun sendiri untuk menyediakan mainan yang murah dan menyenangkan bagi buah hati Anda.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika Anda hendak membuat dan meniup gelembung sabun:

  • Selain gula, Anda bisa mengggunakan gliserin untuk membuat balon sabun jadi lebih awet dan tidak mudah meletus. Untuk mendapatkan gliserin, Anda bisa membelinya di apotek terdekat.
  • Gunakan air sisa kondensasi AC untuk membuat gelembung sabun. Pasalnya, air kran mengandung ion kalsium, magnesium, dan besi untuk menghambat pembuatan gelembung. Alhasil, gelembung yang dihasilkan jadi bertahan lebih lama.
  • Namun, jika Anda menggunakan deterjen, bahan untuk mencuci pakaian tersebut sudah kebal terhadap ion-ion yang terdapat pada air kran, sehingga gelembung sabun yang dihasilkan tetap memiliki kualitas yang baik.
  • Meniup gelembung sabun pada saat cuaca lembab dan sejuk bisa membuat balon yang dihasilkan tidak mudah pecah. Balon jadi melayang lebih lama di udara dibanding pada saat Anda meniupnya pada musim panas dan ketika matahari bersinar sangat terik.
  • Sebelum meniup gelembung, basahi tangan dan lantai terlebih dahulu agar balon tidak langsung meletus ketika menyentuh tangan atau lantai.
  • Jangan mengganti gula dengan garam, karena garam justru akan membuat cairan sabun yang sudah dibuat tidak bereaksi. Akibatnya, air sabun tidak bisa dipakai untuk membuat balon.

Cara membuat gelembung sabun sederhana ini sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Pastikan Anda juga menambahkan pewarna makanan agar cairan sabun yang terlihat lebih menarik dan membuat anak semakin berminat untuk memainkannya.

Sementara untuk tangkai peniupnya, sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran. Jadi, apabila Anda tidak ingin repot-repot membuat tangkainya Anda bisa langsung membeli yang sudah jadi.

Gelembung sabun adalah mainan yang cocok untuk segala usia. Namun, alangkah baiknya jika Anda tetap mengawasi anak-anak di bawah usia 6 tahun ketika mereka bermain gelembung sabun. Mengingat warna gelembung sabun terlihat menarik, bisa-bisa si anak akan tertarik untuk meminumnya jika tidak diawasi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Kalau pakai selain sirup jagung apa bisa kak ?

    1. Kami sarankan sesuai dengan artikel ya. Tapi, silakan dicoba. ??

  2. Kalau pakai selain sirup jagung apa bisa kak ?
    Terima kasih

    1. Silakan dicoba. Beritahu di kolom komentar ya bagaimana hasilnya. ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *