Bacaterus / Gelang / Cara Membuat Gelang dari Manik-Manik Sederhana

Cara Membuat Gelang dari Manik-Manik Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika sedang berjalan-jalan di toko aksesoris atau perhiasan, Anda tentu pernah melihat gelang manik-manik, bukan? Harga dari gelang tersebut bervariasi. Di pedagang kaki lima, gelang manik-manik dijual dari harga 25 ribu sampai 50 ribu. Sementara itu, di toko perhiasan yang ada di pusat perbelanjaan, harga gelang manik-manik dijual hingga ratusan ribu rupiah.

Pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk membuat DIY (Do it yourself) gelang manik-manik? Dengan membuat gelang manik-manik sendiri, budget yang Anda keluarkan tentu jauh lebih murah dibanding harus membelinya di toko. Nah, berbagai cara membuat gelang dari manik-manik ini mungkin bisa Anda praktekkan sendiri saat sedang senggang.

Gelang dari Manik-Manik Sederhana

Gelang pertama yang akan kita buat ini cukup sederhana karena hanya menggunakan manik-manik dan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat gelang manik-manik sederhana ini:

  • Manik-manik dengan motif atau warna apapun yang Anda sukai
  • Tali manik-manik yang berbahan silkon benang nilon dengan warna bening atau apapun
  • Gesper untuk mengunci jalinan dari tali manik-manik
  • Lem tahan air yang kuat
  • Gunting

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, ikuti langkah membuat gelang dari manik-manik berikut ini:

cara membuat gelang dari manik manik sederhana

  1. Potong tali sekitar 90 cm atau ukur di pergelangan tangan Anda agar gelang semakin pas
  2. Ikat salah satu ujung tali di bagian gesper dengan menggunakan simpul yang kuat
  3. Masukkan manik-manik dari satu tali yang tidak diikat di gesper
  4. Setelah tali terisi penuh oleh manik-manik, ikat ujung tali yang lain pada gesper
  5. Berikan sedikit lem di kedua ujung tali yang diikat pada gesper, biarkan semalaman sampai kering
  6. Gelang manik-manik siap dipakai!

Jika Anda tidak ingin menggunakan gesper, Anda bisa mengikat kedua ujung tali setelah memasukkan semua manik-manik. Pada simpulnya, berikan sedikit lem tahan air untuk merekatkan kedua ujung tali sehingga tidak mudah terlepas.

Gelang Manik-Manik dari Barang Bekas

Seperti yang Anda ketahui, manik-manik bisa dibeli dengan mudah di toko perlengkapan menjahit atau beberapa toko aksesori. Akan tetapi, jika Anda ingin cara membuat gelang dari manik-manik yang lebih ekonomis, cobalah cara membuat gelang manik-manik dari bahan bekas yang didaur ulang.

manik-manik dari plastik

Ya, kita bisa membuat manik-manik tersebut dari bahan bekas yang ada di sekitar kita seperti botol plastik, kotak susu, dan lainnya. Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, mari kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu:

  • Gelas platik, botol soda, atau kotak susu yang sudah dicuci dan dikeringkan
  • Heat gun
  • Spidol permanen berbagai warna yang Anda sukai
  • Gunting
  • Tang logam dengan grip halus
  • Sesuatu untuk menggulung manik-manik, yakni tusuk sate atau tusuk gigi
  • Lem tahan air yang kuat

Apabila bahan-bahannya sudah siap, kita bisa langsung membuatnya. Pertama-tama, mari kita buat manik-maniknya terlebih dahulu karena manik-manik ini akan menjadi bahan utama pembuatan gelangnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Potong gelas atau botol (wadah) plastik menjadi 4 bagian, satu bagian berukuran 4-8 inci
  2. Gunakan spidol permanen berbagai warna untuk mewarnai bagian-bagian plastik yang sudah dipotong. Anda bisa membuat blok warna, pola, garis, atau coretan pada bagian plastik
  3. Setelah selesai mewarnai, potong plastik tersebut menjadi bentuk strip dengan lebar 0,5 – 1 cm
  4. Beri bentuk pada strip plastik yang sudah dipotong. Misalnya, potong secara miring untuk membuat bentuk oval atau berlian. Semakin panjang strip, maka semakin tebal manik-manik yang akan dihasilkan
  5. Ambil satu strip, kemudian lapisi bagian dalam (bagian yang tidak diwarnai dengan spidol) menggunakan heat gun
  6. Tempatkan tusuk gigi di tengah-tengah strip yang sudah dilapisi heat gun, gulung secara perlahan menjadi bagian-bagian kecil. Hati-hati saat menggulung strip tersebut agar tangan tidak terkena panas dari heat gun. Gunakan tang logam untuk menjepit ujung strip sehingga tangan Anda tidak perlu melakukan kontak langsung dengan strip yang panas
  7. Strip yang sudah digulung akan dibiarkan beberapa saat hingga panasnya hilang. Lalu, strip tersebut akan menjadi manik-manik yang cantik

Buatlah manik-manik tersebut sebanyak mungkin agar Anda tidak kekurangan ketika membuat gelangnya. Nah, setelah manik-maniknya selesai sekarang kita bisa langsung merancangnya menjadi sebuah gelang, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tali melalui lubang di tengah manik-manik. Isi tali tersebut dengan manik-manik yang sudah jadi hingga penuh
  2. Setelah tali terisi penuh dengan manik-manik, ikat kedua ujung tali hingga kuat dan tambahkan sedikit lem tahan air untuk merekatkan simpul tersebut
  3. Gelang manik-manik hasil dari daur ulang bahan bekas siap untuk dikenakan!

gelang dar plastik bekas

Saat membuat gelang manik-manik dari bahan bekas ini, hindari penggunaan gesper. Sebagai gantinya, Anda bisa mengikat kedua ujung tali membentuk simpul. Namun pastikan simpul tersebut sudah terikat kuat agar gelang tidak terlepas ketika dipakai.

Kedua cara membuat gelang dari manik-manik ini bisa digunakan juga untuk membuat kalung manik-manik. Ketika membuat kalung, tali yang digunakan tentu lebih panjang dan jumlah manik-manik yang dipakai juga lebih banyak.

Cara yang sama juga bisa diaplikasikan untuk membuat gantungan kunci, gantungan mobil, hiasan dinding, dan kerajinan lainnya sesuai dengan selera Anda. Silahkan asah kreativitas Anda dengan bahan-bahan sederhana tersebut.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa cara membuat gelang, kalung, atau aksesori lainnya dari manik-manik membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Pasalnya, membuat kerajinan ini tentu tidak semudah Anda membelinya di toko.

cara membuat gelang dari bahan bekas

Meskipun begitu, untuk membuat gelang manik-manik tidak dibutuhkan keterampilan khusus. Anda hanya perlu lebih sabar dan telaten saja saat menjalin manik-manik ke dalam tali hingga menjadi gelang yang cantik dan menarik.

Cara membuat gelang manik-manik dari daur ulang bahan-bahan bekas juga lebih rumit dibanding Anda menggunakan manik-manik yang sudah jadi. Akan tetapi, hasilnya tentu jauh lebih memuaskan karena Anda membentuk manik-maniknya dengan jerih payah sendiri.

Kesimpulannya, kedua cara membuat gelang dari manik-manik ini merupakan ide yang baik dan hemat ketika hendak memberikan hadiah kepada diri sendiri atau orang yang terkasih. Cara ini juga bisa dijadikan peluang usaha bagi Anda yang ingin berbinis menjual aksesoris dari manik-manik, lho! Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Hasil kreasinya bagus, kalau bikin sendiri susah gak yaa ……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *