Bacaterus / Handycraft / Cara Membuat Flower Crown Sendiri Dari Bahan Sederhana

Cara Membuat Flower Crown Sendiri Dari Bahan Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Flower crown atau mahkota bunga merupakan salah satu aksesoris kepala yang sangat digemari para kaum hawa. Mereka yang memakai bando berupa flower crown ini akan terlihat sangat anggun dan cantik layaknya putri seorang raja.

Flower crown ini sangat cocok dipakai oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anak-anak biasanya memakai flower crown ini ketika bermain putri dan raja, sedangkan untuk orang dewasa bisa memakainya untuk pergi ke pesta atau aktivitas lainnya.

Saat ini Anda dapat dengan mudah membeli flower crown di toko aksesoris. Namun apabila Anda ingin menghemat biaya sekaligus mengasah kreativitas, maka Anda dapat membuatnya sendiri. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas cara membuat flower crown sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita.

Bahan Pembuatan Flower Crown Sederhana

flower crown

Membat flower crown sederhana ini tidak memerlukan waktu yang lama karena hanya memerlukan beberapa langkah yang simpel saja. Sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kawat

Pilihlah kawat kecil yang tipis dan mudah dibengkokan dengan tangan kosong. Jangan memilih kawat besar yang membutuhkan tang untuk membengkokannya. Kawat kecil untuk membuat flower crown ini biasanya juga dijual di toko aksesoris.

  • Solasi warna

Bahan selanjutnya adalah solasi untuk melapisi kawat. Pilihlah solasi dengan warna hijau atau coklat agar tampak alami seperti dahan dan ranting bunga.

  • Lem

Gunakanlah lem yag dapat merekat dengan kuat seperti lem castol dan sejenisnya. Jangan menggunakan lem kertas standar karena rekatannya kurang begitu kuat.

  • Bunga dan daun

Untuk bunga yang ingin dipakai Anda dapat memilih beberapa opsi, mulai dari bunga yang terbuat dari kertas, kain flannel, pita, ataupun bunga yang terbuat dari plastik. Anda juga dapat menggunakan bunga asli namun pastinya tidak akan awet karena mudah mudah layu.

  • Pita

Pilihlah pita dengan warna yang cerah dan sesuai dengan bunga yang Anda gunakan.

Cara Membuat Flower Crown Sederhana

cara membuat flower crown

Nah setelah semua bahan tersebut terkumpul, mari kita bahas cara membuat flower crown sederhana ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Bentuk kawat

Pertama-tama, ambilah dua buah kawat lalu bentuk lingkaran sesuai dengan ukuran kepala Anda. Setelah itu lapisilah kedua kawat tersebut dengan menggunakan solasi agar lebih halus ketika ditekuk dan juga tampak seperti dahan bunga asli.

Setelah semua permukaan kawat tertutup oleh solasi, sekarang lilitkanlah kedua kawat tersebut agar tampak seperti dahan-dahan yang saling berkaitan. Untuk menghubungkan ujung yang satu dengan yang lainnya silahkan gunakan kembali solasi warna.

  1. Hias dengan pita

Jika Anda ingin menghias flower crown tersebut dengan pita, maka hiaslah sekarang sebelum bunganya ditempelkan. Namun jika tidak ingin menambahkan pita, maka Anda dapat langsung melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Tempelkan bunga

Langkah selanjutnya adalah menempelkan bunga dan daun yang telah Anda siapkan. Sebelum menempelkannya, silahkan tentukan terlebih dahulu pola bunganya agar Anda tidak perlu repot mencopotnya ketika sudah ditempelkan.

Jika sudah siap, silahkan tempelkan bunga dan daun tersebut satu persatu. Setelah selesai, diamkan sejenak agar lemnya kering. Selamat! kini sebuah flower crown telah berhasil dibuat dan siap untuk Anda gunakan. jika masih bingung dengan cara di atas, silahkan simak video di bawah ini:

Jika Anda ingin membuatnya dengan bunga asli, maka Anda dapat mengikuti tutorial pada video di bawah ini. Namun ingat, jangan menggunakan mahkota dengan bunga asli tersebut dalam jangka waktu yang lama karena akan mudah layu.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga dapat membuat flower crown langsung dengan bunga asli beserta dahan dan rantingnya. Cara membuatnya sangatlah mudah karena Anda tidak memerlukan bahan seperti kawat, lem, dan lainnya. Silahkan simak video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=NsYI80UOGK4

satu hal yang harus diperhatikan, Anda harus mencari bunga yang memiliki ranting atau dahan yang elastis. Pada video di atas kita melihat contohnya dengan menggunakan bunga dandelion. Di sekitar kita juga banyak bunga dengan ranting yang elastis, terutama bunga-bunga liar yang ada di semak belukar.

Jangan memilih bunga dengan ranting yang kaku karena akan sulit dibentuk dan juga akan mudah patah ketika ditekuk. Jangan pula memilih bunga dengan ranting yang berduri karena pastinya akan menyusahkan kita ketika membuatnya.

Nah itulah langkah-langkah cara membuat flower crown sendiri dengan menggunakan aneka bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Dengan membuatnya sendiri, maka kita dapat menghemat uang karena tidak perlu membelinya di toko aksesoris. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Au suka banget sama tips” d atas
    mw au coba dirumah thankz ea buat tips ini????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *