bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Cara Membuat Es Kopyor Sintetis Dari Agar-Agar

Cara Membuat Es Kopyor Sintetis Dari Agar-Agar

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Di panas terik siang hari, es kopyor merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Aroma kelapa kopyor serta teksturnya yang empuk kenyal semakin menambah nikmatnya es kopyor. Sayangnya kelapa kopyor sangat sulit ditemukan sekarang ini. Namun, Anda tetap bisa menikmati segarnya es kopyor dengan cara membuat es kopyor sintetis menggunakan bahan agar-agar.

Apa Itu Es Kopyor?

Kopyor atau garoh dalam istilah Jawa Tengahnya merupakan buah kelapa yang mengalami kelainan genetik secara alamiah. Di negara Filipina, kelapa kopyor dikenal dengan sebutan makapuno, sedangkan di Negara Srilangka dan Negara Thailand disebut nama dikiri.

Walaupun memiliki sebutan yang berbeda-beda, namun tetap merujuk pada satu benda yaitu kelapa mutan yang memiliki kelainan genetika (kopyor). Karakteristik dari kopyor adalah daging buah yang terlepas dari bagian tempurung kelapa dan jumlah air di dalamnya cenderung sedikit.

Ketika dibuka, terdapat bau khas yang ditimbulkan dari daging kelapa tersebut dan sangat berbeda dari kelapa pada umumnya. Perubahan karakter kelapa menjadi kelapa kopyor tersebut bisa terjadi sebelum pembuahan atau atau pada saat pembuahan itu terjadi.

Konon banyak orang yang bilang kalau kelapa mutan ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda, lebih enak dan segar. Sayangnya, kelapa kopyor cenderung sulit dicari di pasaran. Maklum kelapa ini hanya ada beberapa saja dan akan terselip di banyaknya kelapa normal.

Tapi jangan khawatir karena Anda tetap bisa menikmati segarnya kelapa kopyor tersebut dengan mencoba resep es kopyor sintetis atau buatan. Es kopyor buatan ini sangat cocok jika diminum pada saat terik matahari atau saat momen berbuka puasa dan acara-acara syukuran seperti khitanan, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Bahan Es Kopyor Sintetis

cara membuat es kopyor

Penasaran untuk mencoba membuat es kopyor buatan? Baiklah, pertama-tama Anda harus persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang berfungsi untuk menggantikan kopyor adalah agar-agar putih sekitar 2 bungkus.

Agar-agar putih ini mengandung ekstrak kelapa dan rasanya lebih kenyal, enak dan menyegarkan sehingga cocok untuk menggantikan kopyor tersebut. Setelah itu, sediakan pula santan kental sekitar 1 liter, garam halus sekitar ½ sendok teh, dan 100 gram gula pasir.

Jangan lupa tambahkan susu kental manis dan sirup rasa apa saja, namun yang paling enak untuk membuat es kopyor buatan ini adalah sirup rasa coco pandan. Jangan lupa tambahkan sensasi segar dari es batu sehingga minuman es kopyor Anda semakin enak dan menyegarkan.

Cara Membuat Es Kopyor Dari Agar-Agar

Bagaimana cara membuat es kopyor buatan tersebut? Mari kita intip bagaimana resep pembuatannya. Pertama-tama, masukanlah agar-agar dan santan ke wajan khusus lalu tambahkan garam dan gula. Aduk perlahan-lahan dan angkat apabila telah mendidih.

Langkah berikutnya adalah menuangkan adonan yang telah direbus tadi ke dalam sebuah wadah yang sudah diberi es batu, lakukan secara bertahap sesendok demi sesendok. Jangan biarkan adonan sampai menggumpal sehingga perlu untuk diaduk-aduk lagi. Aduk-aduklah sampai menjadi pipih sehingga bentuknya akan sangat mirip sekali dengan kelapa kopyor asli.

Setelah langkah-langkah diatas selesai, langkah terakhir adalah penyajian. Sajikan es kopyor buatan tadi dengan cara mengambil sesendok kopyor buatan lalu tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan lagi es batu agar lebih dingin, dan jika Anda suka tambahkan sirup dan juga susu kental manis.

Sajikan pada terik matahari, maka seketika itu juga Anda akan menikmati sajian minuman yang sangat luar biasa dan menyegarkan tubuh sehingga semangat untuk beraktivitas dapat bangkit kembali. Agar rasa kelapanya lebih terasa, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan nata de coco.

Karena terbuat dari ekstrak kelapa asli, maka es kopyor buatan ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah untuk mengatasi dehidrasi yang berlebihan, memperlancar buang air seni, memperlancar saluran pencernaan, dapat melawan virus yang dapat menyebabkan penyakit tertentu, mengatur tekanan darah dan jantung, dan lain sebagainya.

Nah, maka dari itu tunggu apa lagi, segera praktekkan cara membuat es kopyor sintetis di atas. Meskipun tidak ada kelapa kopyor asli, namun campuran antara agar-agar beserta air santan akan memberikan rasa dan tekstur yang tidak jauh berbeda dengan kelapa kopyor tersebut. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram