Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep dan Cara Membuat Dorayaki Asli Jepang yang Enak

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Asli Jepang yang Enak

Berbicara mengenai kuliner khas Jepang, memang serasa tidak pernah ada habis-habisnya. Sebab selain memiliki tradisi yang beragam, mereka juga memiliki sajian-sajian kuliner yang tak terhitung berapa jumlahnya. Banyaknya kuliner tersebut menjadi keunikan tersendiri dari Jepang.

Tidak hanya terkenal dengan kuliner-kulinernya yang banyak, namun masing-masing kuliner di Jepang tersebut juga menawarkan rasa yang cukup nikmat. Salah satu makanan khas dari Jepang yang banyak diminati oleh masyarakat dunia adalah dorayaki.

Sekilas Tentang Dorayaki

resep dorayaki asli jepang

Dorayaki atau sering disebut dengan Mikasa, merupakan salah satu kue tradisional khas Jepang (wagashi). Kue satu ini berbentuk bundar dan agak sedikit tembam. Bentuknya yang unik tersebut dikarekanan terbuat dari 2 panekuk yang digabungkan menjadi satu, sebagai perekatnya dioleskan selai kacang merah pada bagian tengahnya.

Sekilas penampilan dari dorayaki ini mirip dengan imagawayaki, akan tetapi sangatlah berbeda dalam hal rasa dan pembuatan. Sebab cara membuat dorayaki sendiri dilakukan dengan memanggangnya.

Sedangkan untuk masalah teksturnya, dorayaki ini mirip dengan kue castella, di mana teksturnya sangatlah lembut. Tekstur yang lembut tersebut tidak lain karena adanya madu dalam pembuatan adonan kue tersebut.

Di Indonesia sendiri, dorayaki mulai dikenal luas oleh masyarakat dengan diputarnya serial anime bernama Doraemon. Kucing kecil yang identik dengan kantong ajaib tersebut sangat menyukai kue satu ini, bahkan dia sangat tergila-gila dengan rasa khasnya.

Meskipun demikian, kue dorayaki di tanah air biasanya sudah disesuaikan dengan selera lidah masyarakat pribumi. Beberapa dorayaki yang populer di Indonesia biasanya menggunakan coklat, keju, selai, nutella, dan masih banyak lagi.

Asal Usul Kue Dorayaki Jepang

cara membuat dorayaki coklat keju

Dorayaki tidak hanya menawarkan rasa yang nikmat dan khas Jepang saja, tetapi kue satu ini juga memiliki catatan sejarah yang cukup menarik. Pada awalnya, kue dorayaki hanya terdiri dari satu lembar adonan kue saja, dan bukan dua lembar seperti sekarang ini.

Adonan tersebut kemudian pada bagian pinggirannya dilipat sehingga menjadi berbentuk segi empat. Sedangkan pada bagian tengahnya, kue tersebut diberi isian dengan selai kacang azuki yang sangat lezat dan gurih.

Pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya memperkenalkan sebuah kue yang dibuat dari adonan castella dengan dua panekuk yang disatukan. Dorayaki ini terdiri dari 2 panekuk berbentuk bulat yang disatukan, persis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Tidak perlu waktu lama bagi variasi kue baru tersebut untuk terkenal ke seluruh penjuru di Jepang bahkan hingga ke berbagai negara. Menariknya, di daerah Kansai (Osaka dan Nara), kue satu ini tidak disebut dengan dorayaki tapi disebut dengan Mikasa.

Pengambilan nama “dorayaki” sendiri didasarkan pada bentuknya yang miri pdengan gong (gong dalam bahasa Jepang berarti dora). Menurut cerita asal mulanya kue dorayaki yang lain, jaman dahulu kue satu ini dibuat oleh seorang samurai Jepang bernama Saito Musashibo Benkei.

Ketika itu, Benkei terluka berat dan dirawat oleh penduduk di sebuah desa kecil. Kemudian sebagai tanda ucapan terima kasih, Benkei memanggang adonan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan air diatas sebuah gong.

Kemudian dia mengolesi kue tersebut dengan selai kacang merah, hingga jadilah kue dorayaki dalam ukuran besar. Entah cerita mana yang benar, yang jelas kue dorayaki ini memiliki rasa nikmat dan wajib Anda coba sekarang.

Dorayaki memang cukup sulit ditemukan di Indonesia, namun Anda tidak perlu berkecil hati ketika ingin mencicipinya. Sebab kali ini bacaterus.com akan berbagi resep dan cara membuat dorayaki yang enak dengan mudah.

Bahan-Bahan Dorayaki

Dalam kesempatan kali ini kita akan membuat resep dorayaki yang mirip dengan versi aslinya di Jepang, yakni dengan menggunakan selai kacang merah sebagai isiannya. Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan adonan dorayakinya antara lain:

  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 125 gram
  • Baking powder cukup sekiranya 1/4 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Telur ayam sekitar 3 butir
  • Air putih matang sebanyak 50 ml
  • Madu cukup dengan 3 sendok makan

Bahan isian kue:

  • Gula pasir sebanyak 200 gr
  • Kacang merah cukup dengan 150 gr
  • Garam halus sekiranya 1/4 sendok teh

Cara Membuat Dorayaki Ala Jepang

https://www.youtube.com/watch?v=SskrUi2CLvY

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama kalinya kita dapat membuat isian kue dorayaki terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, cuci kacang terlebih dahulu sampai bersih kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 12 jam.

Setelah direndam, rebus kacang tersebut dengan menggunakan api sedang sampai mendidih dan terlihat lunak. Masukan gula pasir dan garam, lalu masak terus bahan-bahan tersebut sampai mengental secara sempurna. Sisihkan sejenak.

Selanjutnya kita dapat membuat lapisan kulit dorayaki tersebut. Caranya campur tepung terigu dan baking powder terlebih dahulu, aduk-aduk sampai merata kemudian ayak hingga halus. Pengayakan ini bertujuan agar tekstur dorayaki terasa lebih halus dan lembut.

Apabila sudah halus, masukan telur, gula pasir, dan madu. Aduk-aduk bahan tersebut sampai menjadi adonan yang kalis. Untuk mengaduknya Anda bisa menggunakan bantuan mixer atau alat lain agar lebih cepat rata.

Setelah merata, masukan air putih sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk dengan mixer. Pastikan adonan pas dan tidak terlalu lunak. Masukan adonan kulit yang telah kita buat tadi dalam lemari es dengan penutup plastik sekitar 20 menitan.

Selanjutnya tuang adonan tadi ke dalam sebuah pan panas anti lengket yang sudah diolesi dengan minyak. Tunggulah hingga kue tersebut matang, tanda kue matang adalah berwarna kecoklatan dan bergelembung.

Terakhir, ambil 2 adonan kulit yang telah dibuat, satukan dan rekatkan dengan menambahkan bahan isian tadi pada bagian tengahnya. Nah sekarang, kue dorayaki nikmat ala Jepang sudah bisa dinikmati. Silahkan sajikan kue ini sebagai menu sarapan atau bekal si kecil ke sekolah.

Itulah informasi singkat seputar resep dan cara membuat dorayaki khas Jepang yang enak, mudah, dan praktis. Seperti disinggung di atas, Anda juga dapat mengganti isinya sesuai dengan selera, baik itu menggunakan coklat, keju, atau yang lainnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Bacaterus.com

Leave A Comment