Bacaterus / Edukasi / Tutorial Cara Membuat Doodle Art bagi Pemula

Tutorial Cara Membuat Doodle Art bagi Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah Anda bahwa siapa saja bisa membuat doodle art? Pasalnya, doodle art adalah gambar sederhana dalam bentuk abstrak. Pada umumnya, seseorang bisa tanpa sadar membuat doodle art pada saat bosan di kelas atau sedang melamun.

Akan tetapi, doodle art bisa meningkatkan keterampilan artistik dan menyalurkan gairah seni seseorang. Nah, ternyata doodle art juga bisa dipelajari, lho! Yuk, mari kita simak cara membuat doodle art bagi pemula berikut ini.

Apa Itu Doodle Art?

Seperti disinggung di atas, doodle art pada awalnya merupakan gambar yang dibuat secara tidak sadar atau tanpa tujuan tertentu. Bentuknya bisa bermancam-macam, mulai dari gambar huruf, binatang, atau bisa juga hanya sekedar coretan abstrak saja.

Contoh paling mudah dari doodle art tersebut adalah coretan yang ada di buku seorang pelajar. Biasanya mereka menggambar atau membuat coretan tersebut ketika bosan dengan pelajaran di kertas. Selain itu, doodle juga bisa dibuat oleh seorang yang sedang menjawab telepon dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun pada awalnya dibuat secara tidak sengaja, namun kini doodle sudah menjadi salah satu seni tertentu. Sekarang banyak yang sengaja membuat doodle art yang berisikan pesan tertentu di dalam gambarnya, salah satunya adalah yang akan kita ulas berikut ini.

Alat-Alat Untuk Membuat Doodle Art

alat doodle art

Sebelum membuatnya, Anda harus mengenal dasar-dasar dari seni mencorat-coret ini. Jika Anda bercita-cita untuk menjadi seorang master doodle art, maka Anda harus siap membawa segala jenis alat dan keperluan untuk menggambar doodle art ini.

Pada dasarnya, untuk membuat doodle art Anda hanya memerlukan pensil atau pena dan kertas. Maka, ketika Anda sedang dilanda kebosanan, Anda bisa segera mencorat-coret kertas dengan gambar doodle sesuai dengan imajinasi Anda. Akan tetapi, jika Anda ingin menekuni seni ini, cobalah untuk menyediakan alat-alat yang lebih banyak.

Berikut adalah beberapa alat untuk membuat doodle art:

  • Buku sketsa
  • Pensil
  • Tinta pena
  • Stabilo
  • Spidol marker
  • Pulpen
  • Beberapa alat penunjang lain, berupa: arang, kapur, pensil warna, dan cat

Membuat Doodle Sesuai Imajinasi

cara membuat doodle art bagi pemula

Nah, setelah semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia kini saatnya Anda mengikuti langkah-langkah berikut untuk menekuni seni corat-coret ini. Untuk yang pertama, kita akan membuat doodle dengan tema apa saja sesuai dengan imajinasi yang kita miliki.

Berikut langkah-langkah membuat doodle art sederhana:

1. Mencari inspirasi

Memperoleh inspirasi adalah salah satu bagian dari cara membuat doodle art bagi pemula. Namun, mencari inspirasi untuk membuat doodle art tidak serumit ketika seorang pelukis profesional ingin membuat suatu mahakarya seni lukisan.

Anda bisa menggunakan suatu tindakan, peristiwa, perasaan, seseorang, tempat, lagu favorit, lingkungan sekitar, atau bahkan nama Anda sendiri untuk diaplikasikan ke dalam doodle art. Namun, ide untuk membuat doodle art seringkali muncul secara tiba-tiba.

2. Ekspresikan dengan bebas

Karena doodle art tidak menuntut sebuah gambar yang sama dalam satu sketsa, maka Anda bisa menggambar berbagai macam hal yang ada di pikiran Anda. Misalnya, Anda ingin menggambar setangkai bunga. Lalu, ide selanjutnya adalah menggambar seloyang pizza yang nikmat, dan disusul dengan wajah sahabat baik Anda.

Gabungkan semua imajinasi Anda tersebut dan tuangkan dalam selembar sketsa menjadi sebuah doodle art. Kesimpulannya, doodle art tidak membutuhkan suatu konsep khusus, Anda harus menggambar dengan bebas dan sesuai dengan imajinasi.

Membuat Doodle Dengan Tema Tertentu

Setelah puas menuangkan imajinasi, kini kita berlanjut ke teknik yang selanjutnya. Untuk memperdalam seni mencorat-coret ini, Anda perlu mencoba beberapa teknik menggambar sesuai dengan jenis gambar tertentu. Berikut adalah beberapa tema doodle yang bisa Anda coba untuk pertama kalinya:

Doodle Bunga

doodle art bunga

Seperti dikutip dari wikiHow, Bunga adalah objek favorit untuk doodle art karena bunga adalah objek yang simpel dan menarik. Berikut adalah beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk membuat doodle dengan tema bunga:

  • Gambar sebuah vas. Kemudian, lanjutkan dengan menggambar sebuket bunga favorit Anda dalam vas tersebut
  • Gambar taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang unik
  • Gambar beberapa bunga matahari yang sedang disinari dengan cahaya matahari
  • Gambar bunga mawar dan beri detail pada bagian kelopaknya
  • Gambar setangkai bunga daisy dan menuliskan beberapa kata di tiap kelopaknya
  • Gambar bunga yang Anda sukai disertai dengan nama Anda atau orang lain

Doodle Wajah

https://www.youtube.com/watch?v=8MnKhD0cZyw

Menggambar wajah atau karakter tentu lebih rumit dibanding bunga. Namun, menggambar wajah dalam doodle art tidak harus sempurna. Berikut adalah inspirasi untuk mulai membuat doodle wajah:

  • Gambar wajah Anda sendiri, kekasih, teman, keluarga, atau bahkan selebriti sekalipun
  • Gambar beberapa karikatur konyol dari berbagai wajah yang Anda pikirkan
  • Gambar beberapa wajah yang sama, namun memiliki ekspresi yang berbeda, seperti senang, sedih, marah, tertawa, dan bingung
  • Gambar setiap bagian yang ada pada wajah, mulai dari mata, hidung, dan mulut
  • Gambar karakter kartun yang Anda sukai

Doodle Nama

doodle art nama

Bagi pemula, mencorat-coret nama bisa menjadi ide yang mudah. Anda bisa menggunakan nama sendiri atau orang lain. Beberapa ide berikut ini bisa membantu Anda untuk membuat doodle nama:

  • Menulis nama dalam jenis font yang berbeda-beda
  • Menulis nama mulai dari ukuran yang kecil, kemudian pada setiap nama berikutnya Anda harus membesarkan ukurannya
  • Menulis sebuah nama dengan berbagai variasi singkatan. Misalnya Chris Brown Martin, C.B. Martin, Chris B. Martin, C. Brown Martin, dan seterusnya
  • Menulis nama dalam ukuran yang besar, kemudian di desain dengan berbagai objek yang Anda di pikiran Anda
  • Menulis nama di dalam sebuah gelembung, lalu gambar beberapa gelembung sabun di sekitar nama tersebut

Doodle Hewan

doodle hewan

Hewan adalah inspirasi yang menyenangkan untuk doodle art. Banyak hewan di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan pembuatan doodle. Nah, berikut adalah inspirasi untuk menciptakan sebuah doodle hewan:

  • Gambar semua mahluk yang hidup di air, seperti hiu, paus, ikan pari, ubur-ubur, kerang, dan tambahkan beberapa batu karang
  • Gambar semua hewan yang biasa hidup di hutan, seperti singa, harimau, monyet, ular, burung, dll
  • Gambar hewan biasa disertai dengan metamorfosis menjadi monster. Misalnya, gambar anak kucing yang kemudian diberi taring, tanduk, dll
  • Gambar hewan peliharaan dengan berbagai ekspresi dan pose

Doodle Suara

Tidak hanya objek yang bisa dilihat dengan mata saja, suara yang kita dengar juga bisa dijadikan inspirasi unttuk dituangkan menjadi sebuah seni doodle. Nah, berikut adalah beberapa ide pembuatan doodle dari suara:

  • Gambar apa yang dijelaskan guru Anda, seperti tokoh-tokoh dalam pelajaran sejarah, bentuk planet, bakteri, ataupun tumbuhan.
  • Gambar karakter orang yang sedang diperbincangkan oleh teman Anda namun Anda belum pernah bertemu dengannya.
  • Gambarlah apa yang Anda pikirkan ketika mendengar sebuah lagu, apakah itu lagu mengenai cinta, kesedihan, atau kebahagiaan.

Doodle Kreasi Sendiri

Ketika Anda sudah mulai menguasai seni corat-coret ini. Anda bisa menciptakan seluruh imajinasi Anda dalam sebuah sketsa doodle. Misalnya, dengan menggambungkan semua hewan, tumbuhan, nama, bangunan, dan lain-lain.

Doodle art bisa dibuat dari segala hal. Apa yang Anda lihat dan dengar bisa menjadi inspirasi menarik untuk diaplikasikan ke dalam seni corat-coret ini. Nah tunggu apa lagi, segara terapkan cara membuat doodle art bagi pemula di atas sekarang juga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

11 Responses

  1. batulis
    ssadjhn

    ss

    s
    s
    ss
    s

    ss
    s

  2. yeah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!debap!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. bikin doodle hewan susah, udah pernah belajar dulu, tp ga bisa sampe sekarang 🙁

  4. Saya bikin doodle hewan ga bisa ..bisa sih tapi liat .tapi saya kan mau ikut lomba jadi ga bisa liat susah mas klo tanpa liat .imajinasi sering langsung lupa

  5. yesss, walauoun jelek .. tp bisaaaaaa…

    1. Bahanya susah nih ada yg praktis aja gak yahh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *