Bacaterus / Food and Recipe / Resep Kue / Resep dan Cara Membuat Crepes Sederhana yang Garing

Resep dan Cara Membuat Crepes Sederhana yang Garing

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2018

Pernahkah Anda mencicipi kue crepes? Jika belum, maka Anda bisa mencobanya mulai sekarang juga. Mungkin mendengar crepes masih cukup asing di telinga sebagian besar dari kita, namun sekarang kue ini sudah mulai populer di indonesia.

Crepes sendiri sebenarnya merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu dan telur. Munculnya kue satu ini diperkirakan berasal dari Perancis, lebih tepatnya di daerah Bretagne barat laut Perancis. Masyarakat sana biasa menyebut makanan ini sebagai kramphouezh.

Menu makanan satu ini sudah cukup terkenal sekali di negara Perancis, bahkan setiap tanggal 2 Februari masyarakatnya menyajikan kue ini dalam sebuah festival tradisional yang disebut Candlemas atau La Chandeleur.

Kepopuleran dari kue crepes tidak hanya di Perancis saja, namun juga sampai ke negara-negara lain seperti Jerman, Belanda, Inggris, dan lainnya. Menariknya lagi, masing-masing negara tersebut menyebut kue ini dengan nama yang berbeda-beda.

Jenis Kue Crepes

resep crepes kering renyah

Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, kue crepes dapat dibagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Jenis yang pertama adalah crepes manis (crepe sucree). Sesuai namanya, kue ini menggunakan tambahan bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan isian yang sering digunakan untuk crepes manis antara lain seperti es cream, sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, dan masih banyak lagi. Karena rasanya manis, crepe jenis ini banyak disukai oleh anak-anak.

Sedangkan untuk jenis crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau sering disebuy crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini memiliki rasa yang tergolong lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya ini berasal dari bahan-bahan seperti keju, ham, jamur, bayam, telur, dan masih banyak lagi.

Biasanya crepes manis disajikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut, sedangkan untuk crepes asin sebagai sajian hidangan pertama kalinya. Crepes manis sendiri biasanya dibuat dengan bahan utama tepung gandum, sedangkan crepes asin menggunakan tepung buckwheat.

Secara sekilas mungkin kita akan menganggap crepes ini sebagai sebuah kue lekker atau martabak berukuran mini karena memiliki tampilan yang serupa. Namun ketiganya jelas berbeda karena crepes memiliki kulit yang renyah dan crispy dengan ukuran yang lebih kecil.

Untuk menemukan crepes di Indonesia, bisa dibilang agak sedikit sulit. Mengingat sangatlah jarang ada penjual dari kue satu ini. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena sebenarnya Anda bisa membuat crepes ini sendiri di rumah. Penasaran? Langsung saja simak sajian informasi seputar resep dan cara membuat crepes garing berikut ini.

Bahan-Bahan Crepes

Sebelum Anda membuat crepes, lebih baik siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan resep crepes ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui supermarket atau swalayan. Adapun bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Tepung terigu cukup dengan 100 gram, ayak hingga halus
  • Telur ayam sebanyak 3 butir, kocok lepas
  • Susu cair sekiranya sebanyak 175 ml
  • Air cukup dengan 50 ml
  • Butter/mentega sekitar 2 sendok makan, lelehkan
  • Perasa Vanilla sesuaikan dengan kebutuhan
  • Garam seperlunya saja

Cara Membuat Crepes Sederhana

Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan adonan. Anda bisa memilih baskom agar mudah. Setelah itu campurkan antara tepung terigu dengan garam. Apabila sudah merata, bentuk campuran tadi seperti gunung berkawah.

Selanjutnya, masukan sedikit demi sedikit kocokan telur ayam yang sudah dipersiapkan. Sambil memasukan berilah adukan-adukan secara lembut agar dapat tercampur merata. Apabila kesulitan mengaduknya, Anda dapat menggunakan bantuan mixer atau whisk.

Setelah adonan tercampur secara merata, masukan susu secara sedikit demi sedikit ke dalamnya sambil diaduk. Lalu masukan pula perasa vanilla, air, dan mentega. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan dapat tercampur rata. Usahakan adonan yang terbentuk sudah halus dan agak encer.

Kemudian, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30-40 menitan. Jangan lupa tutup adonan dalam baskom tadi dengan kain lap basah.Sambil mendiamkan adonan tersebut, siapkan wajan anti lengket berukuran kurang lebih 30 cm. Apabila tidak ada wajan anti lengket, Anda masih bisa menggunakan wajan biasa dengan olesan minyak sedikit.

Panaskan wajan tersebut sampai mengeluarkan asap pada bagian permukaannya. Lalu tuangkan adonan yang telah kita buat tadi. Usahakan ketika menggoreng gunakan api kecil hingga sedang saja. Selain itu jangan lupa untuk sesekali menggoyang adonan tersebut agar tidak mudah gosong.

Proses penggorengan ini sangat penting dan menentukan hasil akhir crepes Anda nanti. Apabila terbentuk lubang pada bagian adonan, tutup langsung dengan menambahkan adonan baru agar hasilnya tidak berantakan.

Masak crepes tadi sampai setengah matang. Jika sudah setengah matang, masukan bahan isian sesuai selera masing-masing, seperti misalnya potongan pisang, irisan telur rebus, keju, coklat, ice cream, dan masih banyak lagi.

Apabila isiannya sudah masuk, lipat kulit crepes tersebut dan tunggu sampai kering. Setelah kering, sajikan crepes selagi masih hangat sebagai camilan lezat keluarga tercinta. Crepes ini juga sangat cocok dijadikan bekal ke sekolah bagi si bua hati.

Tips Membuat Crepes Lebih Nikmat dan Spesial

cara membuat crepes garing sederhana

Olahan crepes di atas sangat cocok apabila kita hidangkan saat ada acara spesial keluarga, seperti acara ulang tahun pasangan, anak, arisan, dan masih banyak lagi. Agar crepes semakin spesial dan nikmat dikonsumsi, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Tambahkan toping menarik

Toping sangat penting dalam membuat crepes yang lebih spesial. Anda bisa menambahkan toping susu kental manis, parutan keju, selai, dan lain sebagainya. Aneka toping ini akan membuat anak-anak semakin menyukainya.

  • Sajikan dalam keadaan dingin

Crepes akan semakin renyah dan nikmat apabila Anda sajikan ketika beku atau dingin, terutama apabila menggunakan isian es krim. Oleh karena itu, masukan 30 menit ke kulkas terlebih dahulu sebelum menyajikan kuliner satu ini.

Itulah informasi singkat seputar resep dan cara membuat crepes enak yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber inspirasi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Leave A Comment