Bacaterus / Tips Microsoft Office / Cara Membuat Cover CD Dengan Microsoft Word dan Publisher

Cara Membuat Cover CD Dengan Microsoft Word dan Publisher

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para pekerja atau mahasiswa, data yang terdapat di komputer atau laptop merupakan data-data yang sangat penting. Terkadang mereka menyimpan di banyak tempat untuk mengantisipasi kalau komputer atau laptop rusak. Salah satu yang masih banyak dipilih adalah CD atau compact disc.

CD merupakan salah satu media penyimpanan data yang masih banyak digunakan saat ini. Para mahasiswa juga banyak yang mengumpulkan tugas atau makalahnya dengan menggunakan CD. Untuk memberi nama atau tanda pada CD, biasanya Anda membutuhkan sebuah cover.

Cover CD akan memberikan label untuk isi dari CD tersebut. Dengan menggunakan cover CD ini, Anda tak perlu khawatir lagi ketika ingin mencari data yang Anda simpan. Maka dari itu, pastikan cover CD yang Anda buat benar-benar menunjukan dari isi CD tersebut.

Sayangnya saat ini masih banyak orang yang belum bisa membuat cover CD yang tepat. Banyak yang membuat ukuran lingkaran tidak sesuai dengan lingkaran pada CD sehingga akan membuat beberapa nama atau tanda terpotong.

Sebenarnya saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat cover CD, seperti Photoshop, Corel Draw, ataupun aplikasi Office buatan Microsoft. Nah, kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat cover CD dengan menggunakan software Microsoft Word dan juga Microsoft Publisher.

Cara Membuat Cover CD Dengan Word

cara membuat cover cd dengan word

Cara pertama yang akan dibahas adalah membuat cover CD dengan menggunakan Microsoft Word. Cara inilah yang paling mudah dibandingkan dengan cara yang lainnya. Pertama-tama, ukur lingkaran CD secara keseluruhan, kemudian gambar di Word dengan menggunakan tools lingkaran. Tambahkan 2 cm pada gambar di Microsoft untuk potongan pada saat menggunting.

Anda juga bisa mendownload beberapa template cover CD. Ini akan mempermudah Anda mengerjakannya. Jika Anda ingin menambahkan gambar, Anda bisa membuka insert-picture-from file, kemudian ambil gambar yang Anda inginkan. Atur sesuaikan dengan lingkaran yang sudah Anda buat.

Selanjutnya pilih menu picture tools, untuk bisa menambah tulisan. Pilih text wrapping, kemudian pilih in front of text. Sent gambar ke belakang, supaya gambar akan transparan. Anda bisa menambahkan beberapa keterangan tulisan di atas gambar tersebut. Atur gambar dan tulisan sesuai yang Anda inginkan.

Setelah semuanya selesai, kini Anda dapat langsung mencetaknya menggunakan printer. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mengatur ukuran dan juga pengaturan printer agar dapat mencetak dengan sempurna dan hasilnya memuaskan.

Nah, bagi Anda pengguna Microsoft Word 2016, Anda bisa mengikuti tahap-tahap berikut ini untuk membuat Cover CD:

1. Masuk ke dalam Microsoft Word 2016, lalu pilihlah template untuk “Cover CD” dengan cara mencarinya di bagian fitur pencarian.

Cara Membuat Cover CD dengan Microsoft Word 1

2. Setelah itu klik “Create” dan secara otomatis template yang sudah dipilih akan tampil di layar PC / laptop Anda.

Cara Membuat Cover CD dengan Microsoft Word 2

3. Jika sudah selesai, Anda bisa mengubah teks yang ada pada Cover CD tersebut dan tuliskan teks yang Anda inginkan.

Cara Membuat Cover CD dengan Microsoft Word 3

4. Selain menambahkan teks, Kamu juga bisa menyisipkan beberapa shapes dengan cara mengklik insert shapes yang ada di bagian kiri atas.

Cara Membuat Cover CD dengan Microsoft Word 4

5. Jika sudah dirasa cukup, maka Anda bisa langsung menyimpan hasilnya atau melakukan print. Mudah bukan?

Cara Membuat Cover CD dengan Publisher

cover cd microsoft publisher

Cara membuat cover CD yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Microsoft Publisher. Microsoft Publisher ini biasanya sudah ada dalam paket instalasi Microsoft Office. Fungsinya digunakan untuk membuat kartu nama, undangan, tabloid dan masih banyak lainnya. Salah satunya juga bisa digunakan untuk membuat cover CD.

Caranya buka Micorsoft Publisher, lalu tunggu hingga menampilkan beberapa pilihan folder publisher. Selanjutnya pilih folder label hingga muncul beberapa pilihan. Pada bagian atas pilihlah label CD/DVD labels. Kemudian akan muncul beberapa bentuk label yang bisa Anda pilih. Pilihlah salah satu jenis label yang akan Anda buat. Setelah dipilih klik create pada pojok kanan  atas.

Buatlah desain label tersebut sesuai dengan keinginan Anda, buang beberapa hal yang tidak dibutuhkan. Jika sudah diatur sesuai dengan keinginan. Anda bisa menambahkan gambar yang sesuai. Buat tools lingkaran sebelum memasukkan gambar. Insert gambar dan sesuaikan dengan lingkaran. Jangan lupa tambahkan sedikit tulisan sebagai keterangan isi dari CD tersebut.

Pada saat mencetaknya, gunakanlah label cd yang sudah banyak di jual di pasaran sehingga Anda tinggal menempelkannya saja tak perlu memotongnya. Pada saat mengeprint perhatikan juga ukuran dan letak kertas labelnya. Terkadang banyak kesalahan terjadi karena meletakkan label tidak sesuai dengan tempatnya.

Perlu diketahui juga bahwa bagi Anda pengguna Publisher 2016 harus mendownload template CD/DVD label terlebih dahulu secara online. Pasalnya, untuk Publisher 2016 tidak menyediakan CD/DVD label template secara otomatis. Jadi, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu untuk kemudian Anda edit di Publisher.

Itulah beberapa cara membuat cover CD yang bisa Anda coba dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Publisher. Selain dengan menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan Photoshop atau Corel Draw, tetapi itu membutuhkan keahlian yang khusus. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *