Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep dan Cara membuat Coto Makassar Asli

Resep dan Cara membuat Coto Makassar Asli

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Februari 2019

Berbicara mengenai kuliner Nusantara, seakan tidak akan pernah ada habis-habisnya. Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok. Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah.

Salah satu kuliner khas Tanah Air yang sudah cukup fenomenal adalah Coto Makassar. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Menurut kabar yang beredar, coto ini termasuk kedalam kuliner jenis sup pertama kalinya di Indonesia.

Karena popularitas serta rasanya yang khas, sekarang ini coto Makassar sudah menjadi salah satu menu di penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke Makassar. Hal ini tentunya akan membuat siapa saja penasaran untuk menyantap kuliner berkuah satu ini.

Sekilas Tentang Coto Makassar

Mendengar kata “coto” pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah soto. Memang nama dan penampilannya hampir mirip antara kedua kuliner tersebut. Akan tetapi sebenarnya coto dan soto memiliki rasa yang cukup berbeda jauh.

Coto merupakan kuliner yang terbuat dari jeroan (isi perut sapi), bahan tersebut kemudian direbus dalam jangka waktu lama agar empuk. Rebusan daging sapi tersebut kemudian dipotong-potong dan dibumbui dengan bumbu racikan khusus.

resep coto makassar daeng tata

Sedangkan untuk penyajiannya sendiri, kuliner ini biasa disajikan bersama dengan ketupat dan “burasa” khas Makassar. Rasa segar dan gurih dari kuahnya yang khas membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya.

Untuk mencicipi coto ini, Anda bisa langsung berkunjung ke Makassar. Di tempat asalnya sana hampir setiap warung makan dan restoran menyediakan menu kuliner satu ini dengan harga yang cukup bersahabat.

Namun jangan heran kalau Anda mencari menu bertuliskan “coto Makassar” sangat sulit. Karena selain disebut coto Makassar, kuliner satu ini disebut pula dengan nama lain. Orang Makassar sering menyebut sup ini dengan Coto Nusantara, Coto Bawakaraeng, Coto Tol Nusantara dg Oyo, Coto Gembira, dan Coto Mangkasara.

cara membuat coto makassar asli

Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk pergi ke Makassar, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep dan cara membuat coto Makassar dengan mudah. Resep ini kami ambil langsung dari ahlinya di Makassar, sehingga tidak perlu khawatir mengenai rasanya nanti.

Bahan-Bahan Coto Makassar

Sebelum membuat resep coto Makassar ini, mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahannya ini terdiri dari bahan utama, bumbu halusan, dan bumbu pelengkap. Nah, berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Daging sapi sebanyak ½ kilogram
  • Babat cukup dengan ½ kilogram, rebus matang
  • Jantung sapi sebanyak 200 gram, rebus matang
  • Hati sapi sekitar 300 gram, rebus matang

Bumbu coto makassar:

  • Serai sebanyak 5 batang, memarkan
  • Jahe berukuran 2 cm, memarkan
  • Lengkuas berukuran 4 cm, memarkan
  • Daun salam sebanyak 5 lembar
  • Kacang tanah goreng sebanyak ¼ kilogram, haluskan
  • Air cuci beras/tajin sekiranya 2½ liter
  • Minyak sayur sebanyak 6 sendok makan
  • Bumbu kaldu bubuk rasa sapi sekitar 1 sendok makan.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang putih sebanyak 10 siung
  • Bawang merah cukup dengan 10 siung
  • Cabai keriting sebanyak 10 buah, direbus sebentar
  • Taoco sebanyak 100 gram yang telah ditumis dengan 6 sendok makan minyak sayur hingga matang, dan ditambahkan garam dan gula merah.
  • Ketumbar sangrai sekitar 1 sdm
  • Kemiri sangrai sebanyak 8 butir
  • Jintan sangrai sekiranya 1 sdt
  • Garam cukup dengan 1 sdt, dan 1 sendok teh merica butiran

Bumbu pelengkap:

  • Bawang goreng secukupnya (sesuai selera)
  • Irisan daun bawang secukupnya
  • Ketupat sesuai selera
  • Irisan seledri secukupnya saja
  • Sambal taoco secukupnya.

Cara Membuat Coto Makassar

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama kalinya siapkan sebuah panci rebus dengan air secukupnya. Lalu rebuslah babat, daging sapi, ati, dan jantung yang telah dipersiapkan tadi sampai mendidih sempurna.

Tunggulah hingga bahan-bahan tersebut semuanya sudah empuk. Setelah itu, potong bahan-bahan tadi sampai membentuk dadu dengan ukuran yang Anda inginkan, bisa kecil, sedang, ataupun ukuran dadu yang besar.

Masukan lagi potongan dadu tadi ke dalam rebusan. Beri serai, lengkuas, jahe, dan salam. Rebuslah kembali bahan-bahan tadi sampai airnya menyusut dan rempah meresap ke dalam daging sapi. Matikan api dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di atas wajan untuk menumis. Jika sudah panas, tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, masukan kaldu yang telah dipersiapkan dan tambahkan kacang tanah goreng ke dalamnya. Rebuslah bahan-bahan tadi sampai mendidih.

Sekarang kita masuk ke dalam proses penyajiannya. Siapkan terlebih dahulu mangkuk saji secukupnya. Masukan potongan daging sapi, ati, jantung, dan babat ke dalam mangkuk. Siram bahan-bahan tadi dengan kuah kaldu yang telah kita buat. Lalu taburi dengan bawang goreng, seledri, daun bawang, sambal tauco, dan lainnya sebagai bahan pelengkap.

Nah sekarang, coto Makassar yang sangat lezat ini sudah siap untuk dinikmati. Silahkan sajikan kuliner satu ini bersama ketupat. Namun jika tidak ada ketupat, Anda juga bisa menikmatinya bersama dengan nasi putih hangat.

Coto Makassar tidak hanya segar dan nikmat dikonsumsi saja, tetapi kuliner satu ini juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Manfaat ini bisa kita dapatkan dari daging sapi dan jeroan yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari nutrisi berupa protein, kalsium, zat besi, kalium, vitamin B, dan masih banyak lagi.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep dan cara membuat coto Makassar dengan mudah. Kini Anda dapat mencoba sendiri di rumah tanpa perlu repot dan jauh-jauh pergi ke Makasar. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar