Bacaterus / Resep Olahan Aci / Cara Membuat Cimol Kering dan Basah ala Bandung

Cara Membuat Cimol Kering dan Basah ala Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cimol merupakan makanan khas yang berasal dari Bandung. Makanan ini tidak hanya familiar di kawasan Bandung saja karena cimol juga telah menjadi makanan favorit hampir di seluruh indonesia. Baik cimol kering maupun cimol basah mudah saja dijumpai di pusat-pusat keramaian, mulai dari foodcourt, jajanan anak sekolah, restaurant, bahkan di pedagang kaki lima sekalipun.

Banyaknya pedagang cimol ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa minat konsumen terhadap cimol ini sangat tinggi. Selain rasanya yang enak, cimol ini juga dijual dengan harga rakyat. Dengan demikian siapa saja tentunya susah untuk menolak makanan kecil ini. Mulai dari anak-anak sekolah hingga orang dewasa pun tak juga ingin ketinggalan menjadi pelanggan setia dari makanan ini

Cimol sendiri merupakan singkatan dalam bahasa Sunda yakni aci digemol. Aci aias tepung kanji merupakan bahan dasar dari cimol ini. Biasanya cimol disantap dengan bumbu-bumbu khusus. Rasa yang ditawarkan dari cimol ini adalah rasa asin ataupun juga pedas.

cara membuat cimol

Tekstur makanan ini memang sedikit kenyal di lidah. Namun perpaduan rasa cimol dengan bumbu akan menyatu di lidah secara sempurna. Sehingga tidak heran makanan ini sangat nikmat untuk disantap pada berbagai kesempatan

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih berusia sekolah tentunya menginginkan makanan yang dinikmati si kecil selalu sehat dan terjaga dari kebersihannya. Namun saat di sekolah atau di segala aktivitasnya, Anda tidak bisa mengontrol makanan apa saja yang di makan si kecil.

Nah, jika cimol merupakan makanan kesukaan si kecil, tentu Anda bisa membuatkan menu si kecil tersebut sebagai bekal sekolah. Berikut ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat cimol kering dan juga basah ala Bandung.

Bahan-Bahan Cimol

  • 300 gram tepung kanji
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • ½ sdt baking powder
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak dan air mendidih

Bahan-Bahan Saus Cimol

Cara Membuat Cimol

Mengolah bahan-bahan di atas dapat terbilang cukup mudah dan praktis. Sebelum membuat cimolnya sebaiknya Anda membuat sausnya terlebih dahulu. Pertama-tama, tumislah bawang putih hingga layu kemudian masukkan kaldu. Setelah itu masukkan semua bahan untuk membuat saus. Masak hingga mendidih dan sedikit mengental.

Untuk mengolah cimolnya, Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan kecuali minyak dan baking powder. Setelah tercampur rata, tambahkan air yang telah mendidih agar adonan bisa di bentuk dan tidak terlalu banyak air. Ketika dirasa cukup perpaduan antara adonan dan air. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar kelereng.

Setelah berbentuk bulatan-bulatan kecil, panaskan minyak goreng dengan takaran yang cukup banyak agar cimol dapat digoreng dengan suhu minyak yang cukup panas. Goreng cimol pada selagi minyak panas namun pada api sedang hingga matang. Tanda cimol yang sudah matang adalah berwarna coklat keemasan.

Setelah cimol matang Anda bisa menikmati cimol dengan saus kacang yang telah dipersiapkan. Jika Anda kurang suka dengan bumbu kacang di atas, maka Anda juga dapat membuat cimol basah dengan aneka bumbu lainnya yang Anda suka seperti kecap pedas, saus tiram, keju, mayonaise, dan lainnya.

Selain cimol basah di atas, ada juga cimol kering. Perbedaannya hanya terletak pada bumbu atau sausnya saja. Jika cimol basah menggunakan saus cair, maka cimol kering hanya ditaburi dengan bubuk cabe kering saja. Untuk cara memasak cimolnya sendiri tetaplah sama seperti di atas.

Itulah bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat cimol kering dan basah untuk makanan kecil ataupun bekal si kecil saat pergi ke sekolah, selain itu, cimol juga dapat dijadikan sebagai camilan sehari-hari bersama dengan makanan khas Bandung lainnya yakni cireng. Dengan membuat cimol sendiri tentunya kebersihan makanan si kecil menjadi lebih terjamin. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *