Bacaterus / Makanan Jepang / Resep dan Cara Membuat Chicken Katsu yang Mudah

Resep dan Cara Membuat Chicken Katsu yang Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Maret 2019

Chicken katsu, mendengar namanya saja mungkin kita sudah tahu dari mana makanan satu ini berasal. Ya, makanan satu ini asli berasal dari Jepang. Namun makanan ini kini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia chichken katsu sudah sangat populer sekali. Menu makanan satu ini banyak disajikan di restoran-restoran ternama, terutama restoran khusus makanan Jepang atau Asia. Tentunya dengan beragam varian rasa dan harga yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin mencicipi chicken katsu tanpa membeli di restoran mahal, kami sarankan untuk membuat makanan satu ini di rumah sendiri. Tenang, resep chicken katsu tidaklah sulit kok, tanpa keahlian khusus pun sebenarnya Anda bisa membuat makanan satu ini.

Nah, maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat chicken katsu yang mudah dan murah meriah. Resep yang diulas kali ini merupakan versi sederhananya sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari bahan-bahannya.

Asal Usul Chicken Katsu

resep chicken katsu sederhana

Katsu merupakan salah satu makanan asli dari Jepang. Konon katanya katsu ini sudah ada sejak abad ke- 19.  Pada awalnya katsu hanya dibuat dari daging sapi saja, tetapi seiring dengan perkembangannya katsu juga dapat dibuat dengan menggunakan beragam jenis daging lainnya seperti daging babi dan daging ayam.

Secara umum, katsu biasanya dibuat dari irisan daging yang diberi bumbu lalu dicelupkan ke dalam telur dan diolesi dengan tepung panir. Adonan tersebut kemudian di goreng dalam minyak yang banyak hingga matang.

Katsu tersebut kemudian disajikan bersama dengan sepiring nasi putih dan pelengkap lainnya seperti kubis, parutan lobak, kari, kecap, saus teriyaki, dan masih banyak lagi. Terkadang, katsu juga sering dijadikan sebagai isian dari roti.

Saat ini katsu sudah memiliki banyak sekali variasi, tergantung dari selera masyarakat di masing-masing wilayah. Berikut adalah jenis-jenis katsu yang banyak dijual saat ini:

  • Chicken katsu, yaitu katsu yang menggunakan daging ayam dan cukup populer di Hawaii serta Indonesia.
  • Menchi katsu, sejenis patty daging cincang yang dicampur dengan tepung roti lalu
  • Gyū katsu atau bīfu katsu, merupakan katsu yang dibuat menggunakan daging sapi dan cukup populer di Osaka dan Kobe.
  • Saengseonkkaseu, yaitu katsu yang dibuat dari daging ikan dan sangat populer bagi masyarakat Korea.
  • Tonkatsu, merupakan katsu yang menggunakan daging babi dan biasanya disajikan dengan kari Jepang.
  • Miso katsu, yaitu tonkatsu yang dihidangkan bersama saus miso dan banyak dijual di kawasan Nagoya.
  • Hamu katsu, merupakan katsu yang dibuat dari ham dan sering dijadikan sebagai alternatif dari tonkatsu.

Selain berbagai katsu di atas, terdapat juga katsu yang dibuat dari makanan laut. Namun, makanan tersebut tidak disebut sebagai katsu, melainkan furai. Beberapa furai yang cukup terkenal di antaranya adalah aji-furai yang dibuat dari ikan makarel dan ebi-furai yang dibuat dari udang.

Bahan-Bahan Chicken Katsu

cara membuat chicken katsu yang mudah

Seperti disinggung di atas, resep chicken katsu yang akan diulas kali ini merupakan versi sederhana yang mudah ditemukan bahan-bahannya di sekitar kita. Nah, berikut adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuatnya:

  • Daging dada ayam cukup 1 potong
  • Bubuk merica sekiranya 1/4 sendok teh
  • Garam sekitar 1 sendok teh
  • Penyedap rasa kira-kira 1/4 sendok
  • Air jeruk lemon sebanyak 1 sendok makan
  • Tepung roti kasar sebanyak 100 gram
  • Telur ayam cukup dengan 1 butir
  • Susu cair 2 sendok makan
  • Tepung terigu sebanyak 5 sendok makan

Cara Membuat Chicken Katsu

Apabila semua bahannya sudah siap, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama siapkan terlebih dahulu sebuah kayu bersih atau hiegenis dan pukul daging dada ayam dengan menggunakan kayu tersebut. Hal ini berguna agar daging menjadi pipih dan mirip seperti steak.

Setelah daging agak pipih, lumuri daging ayam tersebut dengan menggunakan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan seperti bubuk merica, garam, penyedap rasa, dan air jeruk lemon. Agar bumbu semakin meresap ke dalam lapisan daging ayam, silahkan diamkan selama kurang lebih 30 menitan.

Sementara menunggu bumbu tersebut meresap. Campurkan antara telur ayam dengan susu cair. Aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur, sisihkan terlebih dahulu.

Ambil daging ayam yang telah kita diamkan tadi. Kemudian lumuri daging ayam yang telah diberi bumbu tadi dengen tepung terigu, lanjutkan dengan mencelupkan daging tersebut ke dalam campuran telur dan susu cair. Biarkan terlebih dahulu.

Setelah mencelupkan ke telur dan susu cair, ambil daging ayam tersebut dan guling-gulingkan di atas tepung roti kasar alias tepung panir yang telah kita persiapkan tadi. Agar tepung roti tersebut lebih renyah dan menempel secara sempurna, simpan daging ayam tersebut di lemari pendingin selama kurang lebih 30 menitan.

Sekarang kita sudah masuk ke proses penggorengan. Siapkan wajan yang sudah diisi dengan minyak goreng secukupnya kemudian goreng daging ayam tersebut hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Pastikan daging ayam tersebut sudah benar-benar matang.

Angkat chicken katsu tersebut lalu sajikan bersama dengan nasi putih hangat. Agar lebih nikmat, silahkan tambahkan irisan kol, wortel, dan juga bawang. Jangan lupa untuk menambahkan saus atau mayonaise untuk celupan katsu tersebut.

Itulah resep dan cara membuat chicken katsu yang sangat mudah dan praktis. Anda bisa menikmati chicken katsu tersebut sebagai menu lauk-pauk makan, baik ketika sarapan, makan siang, maupun makan malam. Selain itu, Anda juga bisa memberikan chicken katsu tersebut sebagai bekal si kecil berangkat ke sekolah. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar