Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Cara Membuat Cheese Stick Goreng Yang Renyah

Cara Membuat Cheese Stick Goreng Yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda sering mengantuk ketika kerja di kantor? jika benar demikian, maka silahkan buat cheese stick pedas untuk bekal ngantor nanti. Camilan satu ini akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dan tidak ngantuk, terutama ketika ngantuk pagi hari.

Sebenarnya cheese strick masih tergolong sebagai stik keju, cuman camilan yang akan kita buat pada kesempatan kali ini memiliki rasa yang lebih menggigit pedasnya. Jadikan bekal ketika beraktivitas sehari-hari. Selain itu, jangan lupa sesuaikan level pedasnya dengan selera masing-masing.

Sejarah Munculnya Cheese Stick di Indonesia

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat cheese stick pedas tersebut, marilah kita ketahui sejarah munculnya camilan fenomenal ini. Kemunculan camilan ini bermula dari tangan seorang ibu rumah tangga lulusan memasak pada tahun 1974.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, cheese stick bermula ketika krisis ekonomi menerpa Indonesia pada tahun 1998. Saat itu ada seorang ibu bernama Sri Murwanti (SM) yang mengisi waktu luangnya dengan membuat camilan lezat untuk suami yang sedang bekerja di Surabaya.

Camilan tersebut dibuat dengan menggunakan bahan baku keju, namun siapa sangka dari iseng-iseng saja camilan tersebut disukai banyak tetangga dan kerabat dekat. Sedikit demi sedikit camilan tersebut dipesan oleh warga sekitar kompleks, akhirnya banyak yang memesan camilan ini untuk keperluan hajatan kecil-kecilan.

cara membuat cheese stick goreng

Melihat dari banyaknya minat masyarakat tersebut, kemudian Sri Murwanti berencana mengembangkan usahanya dengan memproduksi camilan ini dalam jumlah besar. Awal mulanya ibu rumah tangga tersebut menjual camilan ini dengan cara menitipkan ke warung-warung kecil, bahkan tidak perlu waktu yang lama camilan tersebut sudah masuk ke supermarket terbesar di Yogyakarta.

Seiring dengan berjalannya waktu, cheese stick mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Agar semakin eksis di kalangan masyarakat, ibu rumah tangga tersebut membuat varian rasa dari cheese stick. Salah satu varian rasa tersebut adalah cheese stick rasa pedas spesial yang akan kita bahas cara pembuatannya pada kesempatan kali ini.

Bahan-Bahan Cheese Stick

resep cheese stick renyah

Hampir mirip dengan membuat camilan kering lainnya, untuk membuat cheese stick Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang berasal dari tepung terigu dan tepung sagu. Adapun bahan-bahan yang Anda perlukan nantinya antara lain seperti:

  • Terigu berprotein sedang sebanyak 500 gram
  • Tepung sagu cukup dengan 200 gram
  • Cabai bubuk sebanyak 100 gram, atau sesuaikan dengan selera
  • Maizena sekiranya 1 sendok makan
  • Keju parmesan sebanyak 250 gram, parut
  • Mentega cukup dengan 100 gram
  • Telur ayam atau bebek sebanyak 3 butir, kocok lepas
  • Baking powder sekiranya 1 sdt
  • Air es sebanyak 200 ml
  • Garam sekitar 1 sdt
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Cheese Stick

Setelah bahannya terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Pertama siapkan sebuah wadah untuk membuat adonan nantinya, lalu campurkan semua bahan yang kering ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk bahan tadi sampai semuanya tercampur secara merata.

Setelah tercampur merata, tambahkan keju parut dan bubuk cabe ke dalam campuran tepung tadi. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur secara merata. Sisihkan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut.

Dalam wadah yang berbeda, kocok telur bersama dengan sebagian air lalu masukan ke dalam bahan tepung yang pertama tadi. Uleni dengan menggunakan tangan sambil diaduk sedikit demi sedikit sampai menggumpal secara lebih sempurna.

Cairkan mentega yang telah kita persiapkan tadi, Anda bisa mencairkan bahan tersebut dengan memanaskannya sebentar. Setelah cair, masukan dan campur mentega tersebut bersama dengan adonan tadi sampai kalis. Usahakan jangan terlalu encer, lebih baik agak sedikit pekat.

Sekarang kita akan menggiling adonan tersebut dengan menggunakan gilingan pasta. Giling adonan tersebut dengan gilingan pasta bermata rata. Giling adonan tadi sampai tipis, lalu gunakan mata gilingan untuk pemotong mie. Masukan lembaran tipis ke dalamnya, kemudian giling.

Apabila semua adonan telah digiling, potong-potong adonan tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Anda dapat membuat diameternya berukuran kecil agar jumlah stick-nya lebih banyak, atau diameter besar agar lebih puas memakannya.

Selanjutnya taburi loyang dengan tepung terigu, lalu letakan potongan-potongan adonan tadi di atasnya secara rapi. Silahkan luruskan potongan adonan tersebut agar hasilnya bisa menjadi lurus dna teratur. Namun jika ingin cheese stick berbentuk keritik, maka Anda tidak perlu merapikannya.

Selanjutnya panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini berguna agar cheese stick matang secara sempurna. Panaskan minyak tadi dengan menggunakan api sedang, lalu masukan potongan adonan yang telah Anda bentuk tadi.

Gorenglah potongan-potongan tersebut sampai matang. Tanda bahwa adonan sudah matang adalah berwarna kekuning-kuningan. Jika sudah, angkat cheese stick tersebut dari wajan penggorengan. Tiriskan sebentar lalu sajikan cheese stick tersebut.

Bagaimana, mudah bukan? takaran resep di atas hanya untuk cheese stick dalam porsi standar. Apabila Anda ingin menyajikan camilan ini dalam porsi besar seperti untuk hajatan, pengajian, ataupun yang lainnya silahkan tambah takaran bahan-bahan di atas, baik itu bahan tepung, keju, air, mentega, ataupun yang lainnya.

Cheese stick pedas tidak hanya cocok sebagai bekal ke kantor saja, tetapi camilan lezat ini sangat cocok disajikan saat bersantai bersama keluarga tercinta. Jangan lupa siapkan secangkir teh manis hangat agar semakin nikmat.

Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, silahkan simpan di dalam wadah atau toples yang kedap udara. Hal tersebut bertujuan agar cheese stick yang kita buat dapat tetap renyah dan nikmat untuk dikonsumsi.

Itulah informasi seputar cara membuat cheese stick pedas yang sangat nikmat untuk cemilan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *