Bacaterus / Resep Masakan Ayam / Inilah Resep dan Cara Membuat Ceker Setan Super Pedas

Inilah Resep dan Cara Membuat Ceker Setan Super Pedas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai kuliner khas Indonesia, seakan tidak akan pernah ada habis-habisnya. Sebab Indonesia sendiri memiliki banyak sekali variasi kuliner dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing kuliner tersebut menawarkan sensasi rasa yang berbeda-beda. Begitu pun dengan ceker setan pedas yang menawarkan sensasi pedas super gila.

Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini terbuat dari bahan dasar ceker yang dipadukan dengan resep bumbu pedas. Disebut setan, karena kuliner satu ini memiliki rasa yang sangat pedas. Rasa pedas tersebut sangat cocok bagi Anda pecinta makanan-makanan pedas.

Tentang Ceker Setan

Ceker setan merupakan makanan khas Indonesia yang sudah populer sejak beberapa tahun terakhir ini. Entah dari mana makanan ini berasal, ada yang mengatakan dari Malang dan ada pula yang mengatakan dari Bandung.

Di mana pun kuliner satu ini berasal yang jelas ceker setan memiliki rasa yang sangat nikmat apabila kita konsumsi bersama dengan sepiring nasi hangat. Rasa pedasnya dari bumbunya benar-benar akan membuat Anda ketagihan hingga bercucur keringat.

Di Bandung, makanan ini banyak dijual di tepian-tepian jalan, seperti di Jalan Dipatiukur dan lainnya. Anda pun bisa mencicipi kuliner satu ini dengan harga yang cukup bersahabat. Variasi bumbu ceker setan yang disajikan juga beraneka ragam dengan tingkat kepedasan yang bisanya dapat kita sesuaikan.

resep ceker setan empuk

Salah satu warung ceker setan populer di Bandung adalah Rumah Makan Pak Uchi. Namun jangan datang ke warung tersebut selepas pukul 15.00, sebab biasanya ceker setan yang dijual sudah habis karena banyaknya penggemar ceker setan ini.

Sedangkan bagi Anda yang rumahnya jauh dari Bandung, tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep ceker setan khas Bandung buat Anda. Resep ini kami ambil dari Rumah Makan Pak Uchi yang cukup terkenal dengan menu ceker ayamnya tersebut. Sehingga rasa nikmat dan pedasnya, jangan diragukan lagi.

Bahan-Bahan Ceker Setan

CEKER SETAN SUPER PEDAS

Sebenarnya cara membuat ceker setan itu sangatlah mudah, cuman yang harus Anda perhatikan adalah bahan dan bumbu dari makanan satu ini. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan ceker setan berikut melalui pasar tradisional terdekat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Ceker ayam sebanyak 500 gr, bersihkan
  • Jeruk nipis cukup dengan 1 buah
  • Garam sekiranya ½ sdt
  • Minyak untuk menumis secukupnya saja

Bumbu halusan:

  • Bawang merah sebanyak 5 butir
  • Bawang putih cukup 3 siung
  • Jahe sekitar 1 ruas
  • Kunyit cukup dengan 1 ruas
  • Bumbu sambal, haluskan
  • Cabai merah keriting sebanyak 10 buah
  • Cabai rawit merah sekitar 5 buah
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Bawang merah sekitar 4 siung
  • Serai sebanyak 1 batang, memarkan
  • Minyak untuk menumis seperlunya saja

Cara Membuat Ceker Setan

Sekarang mari kita mulai mengolahnya. Langkah pertama lumuri ceker yang telah kita persiapkan dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan garam terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar ceker tidak bau amis dan rasanya nanti bisa gurih. Biarkan sampai air perasan jeruk dan garam meresap secara sempurna ke dalam ceker.

Sekarang haluskan bahan bumbu yang telah kita persiapkan tadi. Bahan halusan tersebut silahkan gunakan untuk melumuri ceker ayam sampai merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap sempurna.

Apabila sudah 10 menit, panaskan minyak goreng secukupnya terlebih dahulu. Kemudian masukan ceker ayam yang telah dibumbui tadi ke dalamnya dan goreng sampai matang dan empuk. Pastikan ketika Anda menggoreng, gunakan api kecil sampai sedang saja. Ini berguna agar ceker matang sempurna dan tidak mudah gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu.

Setelah itu, panaskan minyak lagi untuk menumis. Lalu tumislah bumbu-bumbu halusan sambal hingga matang. Masukan ceker yang telah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu tersebut, lalu masak sampai semua ceker terbalut dengan bumbu sambal secara merata.

Jika bumbu sambal sudah meresap secara sempurna kedalam ceker, tuang olahan tersebut di dalam sebuah mangkuk dan sajikan bersama nasi putih hangat. Sekarang, ceker setan super pedas sudah siap untuk menggoyang lidah Anda.

Tips Penyajian Ceker Setan Agar Lebih Nikmat

Memang cara membuat ceker setan di atas sangatlah mudah, namun agar masakan tersebut semakin nikmat, lebih baik Anda perhatikan beberapa tips penyajian ceker setan berikut ini:

  • Sajikan bersama dengan lalapan

Ceker setan akan semakin nikmat dan segar apabila kita konsumsi bersama dengan lalapan. Adapun bahan lalapan yang bisa Anda gunakan antara lain seperti mentimun, kemangi, tomat, dan masih banyak lagi. Selain dapat menambah kenikmatan ceker setan, konsumsi lalapan juga sangat baik untuk mencegah rasa pedas yang berlebihan dari sambal ceker setan tersebut.

  • Tambahkan lebih banyak cabe rawit

Sebenarnya takaran cabe rawit yang digunakan dalam resep ceker setan di atas sudah termasuk pedas, tetapi apabila Anda pecinta pedas dan menginginkan sensasi rasa yang lebih pedas, silahkan tambahkan takaran cabe rawit menjadi 10-15 biji. Ceker setan juga akan semakin nikmat apabila Anda tambahkan bubuk merica pedas sebagai bahan taburannya.

  • Konsumsi di atas daun pisang

Daun pisang akan membuat nafsu makan siapa saja menjadi meningkat, tuang nasi hangat di atas daun pisang dan konsumsi bersama dengan ceker setan. Aroma khas dari daun pisang tersebut akan membuat masakan ceker setan Anda semakin menggugah selera makan. Namun pastikan terlebih dahulu daun pisang yang Anda gunakan bersih dan terbebas dari obat pestisida berbahaya.

Itulah informasi seputar resep dan cara membuat ceker setan super pedas yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Jika Anda ingin mencoba olahan dari ceker ayam yang lainnya, silahkan coba resep sop ceker yang pernah kami ulas di artikel ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *