Bacaterus / Masakan Cina / Resep dan Cara Membuat Cakwe Sederhana yang Enak

Resep dan Cara Membuat Cakwe Sederhana yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu jajanan yang cukup banyak dijajakan di pinggir jalan adalah cakwe. Camilan berbentuk bulat lonjong ini memang sangat nikmat dimakan dalam berbagai suasana. Cakwe juga dapat dicampurkan dengan aneka bumbu seperti saus, kecap, dan lainnya.

Nah, dalam artikel kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat cakwe sederhana yang nikmat dan juga lezat. Langkah-langkah cara pembuatannya sangat mudah untuk dipraktekan sendiri di rumah. Namun sebelumnya mari kita kenali lebih dalam mengenai cakwe ini.

Asal Usul Cakwe

cara membuat cakwe sederhana

Cakwe, cakue, atau cahkwe merupakan makanan yang berasal dari negeri Tiongkok. Di negara asalnya sendiri makanan ini sering disebut juga sebagai You Tiao yang memiliki arti sebagai hantu yang digoreng. Penamaan tersebut sangat erat kaitannya dengan sejarah Tiongkok di masa lalu.

Konon pada jaman dahulu kala ada seorang perdana menteri Tiongkok yang sangat kejam bernama Qin Hui. Untuk mengekspresikan kebenciannya terhadap perdana menteri tersebut, masyarakat Tiongkok kemudian membuat dua batang makanan kecil yang dibuat dari tepung beras untuk melambangkan Qin Hui dan istrinya.

Makanan tersebut kemudian digoreng dan dimakan bersama-sama sebagai simbol kebencian mereka. Makanan tersebut akhirnya diberi nama cahkwe atau cakwe. Ada juga sebagian masyarakat yang menyebutnya sebagai you tiao, zha guo, dan you gouzi.

Selain dikonsumsi secara langsung, masyarakat Tiongkok biasanya mengkonsumsi cakwe ini dengan cara mencelupkannya ke bubur panas. Selain itu, ada juga yang memakannya bersama dengan susu kedelai, baik itu yang rasanya manis ataupun asin.

Kehadiran cakwe di Indonesia sendiri tidak lain karena kehadiran para pedagang Tiongkok. Beberapa jenis cakwe bahkan memiliki ciri khas sendiri seperti cakwe Medan. Kebanyakan cakwe disajikan dengan saus atau sambal cair.

Di bandung cakwe biasanya dijual bersamaan dengan odading atau dijadikan bahan pelengkap dari bubur ayam. Sedangkan di Solo, cakwe disajikan dengan susu kedelai seperti di negara asalnya. Sedangkan di Pontianak dan Ketapang, cakwe biasanya dibuat dengan rasa manis dan disajikan bersama makanan Tiongkok lainnya yaitu Lek Taw Zuan.

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini cakwe sudah dibuat dengan berbagai variasi seperti cakwe mini, cakwe isi udang, dan lainnya. Selain itu, bumbu yang menemaninya juga sudah beragam seperti keju, mayonese, coklat, dan sebagainya.

Bahan-Bahan

adonan cakwe

Sebelum mengulas cara membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Karena yang akan kita buat adalah cakwe sederhana, maka bahan-bahan yang dipersiapkan juga tidak terlalu rumit yaitu:

  • 250 gram tepung terigu berkualitas tinggi.
  • ½ sendok teh Baking soda.
  • ¾ sendok teh garam dapur halus.
  • ½ sendok makan baking powder.
  • 200 ml air bersih.
  • Minyak goreng secukupnya.

Untuk membuat sausnya, silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sendok makan saus tomat.
  • 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • ½ sendok makan tepung maizena.
  • ½ sendok teh garam dapur.
  • ½ sendok makan sambal instan.
  • 175 ml air bersih

Cara Membuat Cakwe Sederhana

Setelah semua bahan di atas terkumpul, mari kita mulai cara membuat cakwe sederhana ini. Pertama-tama ambil sebuah wadah yang besar kemudian masukkan garam dapur, baking soda, dan baking powder. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Selanjutnya masukan tepung terigu dan aduk kembali hingga benar-benar merata tanpa menyisakan gumpalan. Setelah itu masukkan air bersih dan aduk kembali sampai rata. Jika sudah merata dan kalis diamkan adonan tersebut sekitar 15 hingga 20 menit.

Setelah 20 menit aduk kembali adonan tersebut agar bagian pinggir dan tengahnya tercampur secara merata lalu diamkan kembali selama 20 menit. Ulangi terus proses ini hingga adonan cakwe menjadi elastis dan mudah untuk dibentuk.

Setelah dirasa cukup elastis, pipihkan adonan tersebut lalu olesi minyak di kedua sisinya agar tetap lembab. Setelah itu masukan ke dalam plastik atau ke dalam mangkok yang dibungkus plastik. Simpan di dalam lemari es selama 8 jam atau sekitar satu malam.

Setelah 8 jam, keluarkan adonan tersebut lalu pipihkan kembali adonan tersebut dengan menggunakan gilingan sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan. Biasanya ketebalan yang digunakan adalah sekitar setengah hingga 1 cm.

Potong-potong adonan tersebut hingga menjadi beberapa potongan kecil. Selanjutnya gabungkan masing-masing dua potongan dan jangan lupa untuk menekan bagian tengahnya dengan menggunakan sumpit namun jangan sampai putus. Setelah itu tarik adonan tersebut hingga 2 kali lipat dari panjang sebelumnya.

Selanjutnya siapkan penggorengan dengan minyak secukupnya. Panaskan dengan api kecil hingga minyak benar-benar panas. Setelah itu masukan adonan satu persatu ke dalam penggorengan. Bolak-balik adonan tersebut hingga semuanya matang secara merata.

Tanda cakwe yang sudah matang adalah berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah matang silahkan angkat dan tiriskan agar kadar minyaknya berkurang. Kini, cakwe goreng sudah siap dinikmati namun kita harus membuat sausnya terlebih dahulu.

Cara Membuat Saus Cakwe

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuas saus cakwe. Ya, cakwe tanpa saus bagaikan sayur tanpa garam. Untuk membuat sausnya Anda hanya tinggal mencampurkan gula, garam, saus sambal, saus tomat, bawang putih, dan air dalam satu wadah.

Aduk hingga merata semua bahan tersebut kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Jika sudah merata, maka saus ini sudah siap disajikan bersama dengan cakwe.

Nah itulah langkah-langkah cara membuat cakwe sederhana beserta dengan sausnya. Jika Anda kurang suka dengan saus sambal ini, maka Anda bisa menggantinya dengan bumbu lain yang Anda suka. Anda juga dapat menjadikan cakwe ini sebagai pelengkap sarapan dengan bubur ayam.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *