Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Inilah Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak

Inilah Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi bubur sumsum? Makanan satu ini sudah cukup populer sekali di Indonesia. Hampir disetiap daerah kita bisa dengan mudah menemukan bubur sumsum, terutama apabila sudah memasuki bulan suci Ramadhan.

Teksturnya yang lembut dengan perpaduan juroh (air gula merah), membuat makanan satu ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan lansia menyukai menu bubur sumsum ini.

Sebenarnya sejak dulu, bubur sumsum ini telah ada. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini bubur sumsum sudah dibuat dengan berbagai macam variasi, ada bubur sumsum berwarna hijau rasa pandan, rasa vanilla, dan lainnya.

Meskipun begitu, bubur sumsum dengan rasa original seperti jaman dahulu juga masih tetap eksis sampai sekarang. Warna bubur sumsum awalnya sendiri adalah putih dengan siraman air gula merah di atasnya sebagai pemanis. Bubur sumsum juga biasa dicampur dengan kolak pisang, candil, biji salak, dan lainnya.

Sekilas Tentang Bubur Sumsum

Menurut catatan sejarahnya sendiri, sampai sekarang belum diketahui secara pasti asal kuliner satu ini. Tetapi yang jelas para ahli dan masyarakat percaya, bubur sumsum merupakan warisan nenek moyang jaman dahulu. Menariknya lagi, bubur sumsum tidak hanya di Indonesia saja namun juga ada banyak di Malaysia.

cara membuat bubur sumsum sederhana

Di Indonesia sendiri, bubur sumsum sering disajikan dalam acara-acara penting seperti acara syukuran, arisan, khitanan, pernikahan, dan masih banyak lagi. Bahkan bubur sumsum dianggap sebagai pembawa berkah oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia, khususnya di Sunda dan Jawa.

Pengambilan nama bubur sumsum sendiri terjadi karena kuliner satu ini mirip dengan sumsum pada tulang, khususnya tulang sapi. Warna putih serta teksturnya yang empuk memang benar-benar mengingatkan kita pada sumsum sapi tersebut

Bubur satu ini biasanya disajikan dalam bentuk adonan yang mirip pasta kemudian disiram air kuah gula merah yang manis. Terkadang, teksturnya yang lembut dimanfaatkan oleh para ibu untuk memberikan sarapan kepada bayi.

resep bubur sumsum enak dan lezat

Di daerah Jawa, bubur sumsum banyak dijual oleh para pedagang kaki lima di tepian-tepian jalan yang ramai mulai dari pagi hingga malam hari. Biasanya pedagang tersebut menyajikan bubur satu ini dengan wadah daun pisang.

Uniknya lagi, kita juga akan menggunakan sendok dari lipatan daun pisang untuk mencicipi kuliner tersebut. Konon, aroma daun pisang yang sangat khas akan membuat siapa saja merasa lapar dan nafsu makan meningkat.

Lantas bagaimana jika di sekitar rumah Anda tidak ada yang menjual bubur sumsum tersebut? Tenang saja, karena kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat bubur sumsum hijau untuk Anda coba sendiri di rumah.

Membuat bubur sumsum sendiri di rumah merupakan cara terbaik untuk menyajikan kepada keluarga tercinta, terlebih apabila Anda punya si kecil. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kebersihan bahan-bahan yang digunakannya.

Bahan-Bahan Bubur Sumsum

Resep Bubur Sumsum

Sebenarnya cara membuat bubur sumsum tidak terlalu sulit, hanya saja Anda harus bisa mengombinasikan adonan agar teksturnya lebih lembut. Sebelum membuatnya, siapkanlah bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Tepung beras sebanyak 100 gram
  • Garam sekiranya 1/2 sendok teh
  • Daun pandan cukup dengan 3 lembar, buat jadi simpul
  • Santan kental sebanyak 650ml, atau santan dari satu butir kelapa tua

Bahan kuah:

  • Daun pandan sekitar 2 lbr, bersihkan dan buat simpul
  • Air putih matang dan bersih cukup 100 ml
  • Gula merah sekitar 200 gram, sisir halus

Cara Membuat Bubur Sumsum

Pertama-tama siapkan 2 wadah terlebih dahulu. Kemudian bagi santan ke dalam setiap wadah yang berbeda tadi. Untuk wadah berisi santan yang pertama, rebuslah bersama simpul daun pandan. Gunakan api kecil saja dan jangan lupa aduk-aduk santan tersebut agar teksturnya tidak mudah pecah.

Sedangkan untuk santan pada wadah kedua, campurkan dengan tepung beras dan garam. Caranya cukup masukan tepung dan garam sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan agar dapat tercampur merata.

Masih merebus santan yang pertama, masukan adonan santan kedua yang telah kita buat tadi. Masukan sedikit demi sedikit saja sambil diaduk. Dalam pemasakan ini gunakan api sedang dan tunggu sampai adonan mengental.

Tanda bahwa bubur sumsum telah matang adalah adonan yang mengental. Sebenarnya kekentalan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, tetapi agar lebih nikmat cobalah jangan terlalu kental. Sisihkan terlebih dahulu.

Setelah membuat adonan sumsum, sekarang kita akan membuat kuah gula merahnya. Caranya campur halusan gula merah bersama dengan air dan daun pandan. Setelah gula larut, rebuslah dengan menggunakan api sedang sampai mengental sempurna.

Untuk penyajian, silahkan tuang adonan putih tadi ke dalam mangkuk, lalu siram dengan menggunakan kuah gula merah secara merata. Agar lebih nikmat, Anda bisa menikmati bubur sumsum di atas daun pisang.

Tips Membuat Bubur Sumsum Lebih Enak

Sebenarnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas, bubur sumsum buatan Anda menjadi lebih enak dan mantap. Namun agar rasanya semakin maksimal dan bertekstur lembut, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan santan segar dan agak sedikit kental

Santan secara tidak langsung berpengaruh besar terhadap bubur sumsum yang telah Anda buat. Pilihlah santan yang masih segar dan agak kental. Hal ini bertujuan agar bubur rasanya gurih, tekstur lembut, dan mengkilap.

  • Usahakan menggunakan tepung beras giling

Di Jogja, kebanyakan bubur sumsum dibuat dengan tepung beras giling (bukan kemasan). Tepung tersebut biasanya akan menghasilkan bubur yang lebih lembut. Nah lebih baik jika Anda ingin teksturnya lembut gunakan tepung giling saja.

  • Masak hingga meletup sambil diaduk

Tekstur akan semakin lembut dan matang, manakala ketika memasaknya Anda beri adukan lembut. Selain itu tunggulah hingga bubur sumsum tersebut meletup-letup kecil. Sebab jika belum, maka tekstur adonan sumsum masih kurang matang secara sempurna.

  • Beri pewarna makanan

Agar si kecil semakin suka dengan bubur sumsum yang Anda buat, cobalah untuk memberikan warna pada bubur tersebut dengan menggunakan pewarna makanan. Pasalnya, anak-anak biasanya suka dengan makanan yang berwarna-warni.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Nah seperti itulah resep dan cara membuat bubur sumsum enak dan lembut yang dapat kami sampaikan. Kini Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencicipi bubur asli Indonesia yang satu ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *