Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura Sederhana

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2019

Bubur kacang ijo merupakan salah satu panganan khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Rasanya yang gurih juga akan semakin lengkap jika dipadukan dengan ketam hitam dan roti tawar. Bubur kacang ijo biasanya bisa didapat dengan mudah di warung kopi (warkop). Namun Anda juga dapat mengolahnya sendiri dengan mengikuti cara membuat bubur kacang ijo yang akan kami bahas berikut ini.

Sekilas Mengenai Kacang Hijau

Kacang hijau atau istilah latinnya dikenal dengan sebutan Vigna Radiata merupakan bahan makanan sejenis palawija yang tumbuh subur di daerah tropis seperti di negara Indonesia tercinta ini. Kacang ijo memang sangat populer untuk diolah menjadi bubur.

Bubur kacang ijo ini sudah tersebar di hampir seluruh daerah yang ada di nusantara sehingga Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukannya. Setiap daerah biasanya memiliki ciri khas sendiri, namun salah satu jenis yang paling terkenal adalah bubur kacang ijo dari Madura.

Satu hal yang paling digemari dari bubur kacang ijo ini adalah rasanya yang enak dan lezat sehingga semua orang hampir suka untuk mencicipinya. Di samping itu, kacang ijo juga memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi sehingga sangat efektif sekali dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bahan-Bahan Untuk Bubur Kacang Ijo

Ketika Anda ingin membuat bubur kacang ijo; maka yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan untuk membuat bubur dan santan sebagai pelengkap kuahnya. Pertama-tama, belilah kacang hijau sekitar 150 gram, jangan lupa untuk memilih kacang ijo terbaik, kemudian rendam selama dua jam supaya proses perebusan dapat berjalan dengan lebih cepat.

Setelah itu, sediakan juga air bersih sekitar 1600 ml, daun pandan sebanyak 3 lembar, garam 1 sendok teh penuh, gula pasir sebanyak 200 gram, dan tepung sagu sebanyak 2 sendok makan. Setelah selesai mempersiapkan bahan-bahan di atas, anda juga harus mempersiapkan bahan-bahan untuk kuah santan.

Untuk membuat santan, anda akan membutuhkan 1 butir kelapa yang diprediksi akan menghasilkan 500 ml santan. Lengkapi kuah santan tersebut dengan daun pandan sebanyak 2 lembar dan garam sebanyak ½ sendok teh. Supaya lebih spesial, anda dapat menambahkan nangka 4 buah dan 100 gram kelapa muda yang diiris dan dikeruk panjang-panjang.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo

cara membuat bubur kacang ijo

Setelah semua bahan di atas tersedia, kini kita saatnya melanjutkan ke cara membuat bubur kacang ijo. Pertama-tama setelah kacang hijau direndam selama 2 jam, rebuslah kacang hijau tersebut dengan air yang telah disediakan, lalu tambahkan daun pandan.

Setelah beberapa saat direbus, kemudian tambahkan pula gula pasir dan garam sesuai takaran tadi. Sampai menjelang matang, masukan tepung sagu yang berfungsi untuk mengentalkan bubur tadi, tunggulah hingga siap diangkat.

Sementara itu, untuk membuat santannya, rebuslah santan kelapa bersama dengan daun pandan serta garam, tunggu sampai mendidih lalu angkat. Sajikan bubur kacang ke dalam mangkuk, lalu berilah santan dan ketan hitam jika diperlukan.

Makanlah selagi panas, atau anda bisa memberi sedikit es jika cuaca sedang terik sehingga sajian bubur kacang dapat menjadi menu yang menyegarkan. Anda juga dapat menambahkan durian dan roti tawar agar rasanya semakin gurih dan juga mengenyangkan.

Manfaat dan Kandungan Gizi Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita sehari-hari; maka dari itu sebaiknya anda mengkonsumsi bubur kacang ijo ini secara rutin. Pertama, bubur kacang hijau ini berkhasiat untuk memperkuat dan menjaga pertumbuhan tulang. Hal itu disebabkan karena kacang ijo mempunyai kalsium dan fosfor.

Kedua, bubur kacang ijo sangat berkhasiat untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Kandungan asam lemak tak jenuh sekitar 73% mampu membuat kesehatan jantung anda akan semakin terkontrol dengan baik.

Ketiga, bubur kacang ijo juga bermanfaat dalam meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak sehingga dapat tergantikan dengan sel-sel yang baru. Khasiat itu diperoleh dari kandungan multi protein yang dimiliki oleh kacang ijo tersebut sehingga tidaklah heran jika wanita yang baru melahirkan dan anak-anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makan lezat nan istimewa yang satu ini.

Terakhir, bubur kacang ijo juga mengandung Vitamin B1 yang terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan vitalitas hubungan intim suami-istri. Jika anda ingin lebih bergairah lagi dalam hubungan biologis cobalah untuk memakan bubur kacang ijo.

Nah itulah cara membuat bubur kacang ijo beserta berbagai macam manfaat yang dimilikinya. Selain mudah dibuat, bubur kacang ijo juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika tidak sempat membuatnya, Anda juga dapat membelinya di warung-warung terdekat karena harganya yang sangat terjangkau. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar