Bacaterus / Handycraft / Cara Membuat Bros dari Manik-Manik dan Kain Satin

Cara Membuat Bros dari Manik-Manik dan Kain Satin

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bros adalah aksesori untuk menunjang penampilan. Bros dikenakan pada pakaian dan umumnya dipasang pada bagian kerah atau dada. Dewasa ini, bros tidak hanya dikenakan oleh kaum hawa, tetapi juga oleh kaum pria.

Ada berbagai macam bros, mulai dari bros yang dibalut dengan berlian, bros yang bermatakan batu ruby atau safir, sampai bros dari boneka yang biasanya dikenakan oleh anak-anak. Semua bros tersebut memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing.

Kali ini Bacaterus akan mengajak Anda untuk berkreasi membuat bros sendiri. Nah, cara membuat bros dari manik-manik ini bisa Anda praktekan sendiri di rumah. Anda juga bisa mengajak si kecil untuk turut serta membuat bros bersama.

Bros yang akan kita buat ini hanya akan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, seperti manik-manik, kain satin, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda juga akan menghemat banyak uang dibandingkan dengan membelinya di toko aksesoris.

Bros Bunga dari Manik-Manik

Bros pertama yang akan kita buat menggunakan bahan utama kain satin dan manik-manik. Bros ini akan berbentuk bunga dengan warna yang beraneka ragam. Sebelum membuatnya, mari siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu yakni:

  • Kain satin aneka warna
  • Gunting
  • Korek api gas
  • Benang
  • Jarum
  • Manik-manik
  • Lem tembak
  • Pin bros kosong

Apabila semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, Anda bisa mulai mengikuti cara membuat bros dari manik-manik berikut ini:

  1. Potong kain satin aneka warna dengan bentuk yang Anda inginkan, pada cara ini kami memotong dengan bentuk segitiga. Kain berbentuk segitiga ini nantinya akan digunakan sebagai kelopak bunga. Oleh karena itu, semua kain yang dipotong dengan bentuk segitiga ini harus memiliki ukuran yang sama. Pastikan Anda menggunakan kain satin dengan 6 warna berbeda.
  2. Bakar setiap ujung segitiga dengan korek api gas. Anda harus hati-hati saat melakukan langkah ini, karena kain satin dapat dengan mudah terbakar. Proses pembakaran ini dilakukan untuk memberikan efek gelap di ujung segitiga.
  3. Ambil kelopak pertama, kemudian jahit bagian bawah kelopak satu sama lain hingga membentuk lingkaran.

Cara Membuat bros dari manik manik

  1. Setelah semua kelopak sudah disatukan, tarik benang sehingga kelopak menutup seperti kelopak bunga pada umumnya. Kelopak tersebut akan memiliki lipatan yang sangat sempurna.
  2. Jahit manik-manik di pusat kelopak bunga. Anda bisa menggunakan berapapun manik-manik yang Anda inginkan.

Cara Membuat bros dari kain

  1. Beri lem tembak pada bagian depan pin bros, kemudian tempelkan bunga dari kain satin yang sudah Anda buat.
  2. Tunggu sampai lemnya kering dan handmade bros dari manik-manik siap digunakan!

Jika Anda tidak suka dengan warna-warni kelopak bunganya, maka Anda juga dapat membuatnya dengan menggunakan satu atau dua macam warna saja. Silahkan sesuaikan warnanya dengan pakaian yang akan Anda gunakan.

Bros dari manik-manik ini bisa Anda kenakan sebagai aksesoris untuk mempercantik penampilan. Bahkan, Anda juga bisa memberikan bros manik-manik yang cantik ini pada orang-orang terkasih atau sebagai hadiah ulang tahun sahabat Anda.

Bros dari Barang yang Tidak Terpakai

Cara Membuat bros dari barang bekas

Cara membuat bros kali ini berbeda dengan cara sebelumnya. Pasalnya, cara yang satu ini akan mengajak Anda untuk mengumpulkan semua barang-barang kecil yang tidak terpakai, mulai dari hiasan magnet, perhiasan tua, manik-manik yang tidak terpakai, hingga foto. Sebelum masuk ke cara pembuatannya, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu:

  • Benda tidak terpakai apapun, pada cara ini kami menggunakan hiasan magnet, hiasan natal, miniatur boneka, dan gantungan kunci bekas
  • Lem yang kuat
  • Jarum
  • Kawat perhiasan
  • Gunting
  • Pin bros kosong

Apabila semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, Anda bisa mulai mengikuti cara membuat bros dari bahan-bahan tidak terpakai berikut ini:

  1. Ambil pin bros kosong dan lapisi permukaannya dengan lem yang kuat
  2. Tempelkan miniatur boneka di tengah-tengah pin bros kosong
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan menempel hiasan magnet dan hiasan natal
  4. Benda-benda yang ditempel di pin bros kosong tersebut bisa diikat menggunakan kawat perhiasan agar tidak mudah jatuh
  5. Gunting ujung kawat perhiasan dan beri lem pada ujungnya agar bisa menempel dengan kuat di bagian belakang pin bros. Akan tetapi, Anda juga bisa membuat simpul untuk mengikat ujung kawat tersebut
  6. Ikatkan pula gantungan kunci bekas di bros tersebut dengan menggunakan kawat yang sama
  7. Setelah lemnya kering, bros unik ini sudah bisa digunakan

Perlu Anda ketahui bahwa Anda bisa menggunakan barang apapun untuk membuat bros yang unik ini. Anda bisa memanfaatkan segala jenis barang yang tidak terpakai, asalkan dimensinya tidak terlalu besar dan match dengan ukuran pin bros yang digunakan.

Anda tidak harus menggunakan bahan-bahan yang kami gunakan, karena cara membuat bros ini tidak membatasi kreativitas dan barang apapun untuk digunakan. Silahkan kumpulkan barang-barang kecil di rumah Anda yang sudah tidak terpakai lagi.

Nah, sebagai ide untuk mengisi waktu luang, Anda bisa mengajak si kecil untuk bersama-sama membuat bros dari barang-barang tidak terpakai ini untuk melatih kreativitasnya. Mintalah si kecil untuk memilih barang-barang bekas yang ia suka, kemudian ia akan berkreasi dalam menyusun bros buatannya sendiri.

Bila Anda memiliki kerang-kerangan laut, maka benda tersebut dapat membuat bros buatan Anda menjadi semakin menarik. Pasalnya, kerang-kerangan tersebut memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

bros dari barang bekas

Kerang-kerangan laut tersebut juga bisa digunakan pada bros bunga di atas, lho! Jika bosan dengan manik-manik, Anda bisa menggunakan kerang laut pada pusat kelopak bunga pada bros. Namun, kerang tidak bisa dijahit seperti manik-manik. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan lem tembak untuk merekatkan kerang di tengah-tengah kelopak bunga.

Bagaimana dengan cara membuat bros dari manik-manik yang dibagikan dari Bacaterus ini? Apakah Anda tertarik untuk mempraktekannya di rumah? Silahkan asah kreativitas Anda untuk membuat bros secantik dan seunik mungkin.

Jika Anda tidak ingin membuat bros, Anda bisa membuat vas bunga atau tempat pensil dari botol bekas dengan cara yang pernah kami bagikan di sini. Anda juga bisa membuat aksesoris dengan bunga mawar yang terbuat dari kain flanel seperti yang diulas di sini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Saya juga suka sekali menulis… Baik bahagi atau pun sedih slalu saya tumpahkan diatas kertas.. Rasany legah jika sudah menumpahkan segala sesuatu lewat tulisan

  2. Infonya menarik ,, Terima kasih sudah sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *