Bacaterus / Handycraft / Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kardus merupakan salah satu limbah rumah tangga yang seringkali terbengkalai. Jika sudah tidak digunakan, kardus bekas biasanya dibuang atau dijual secara kiloan ke pengepak barang bekas yang sering berkeliling di sekitar rumah kita.

Jikapun dimanfaatkan, kita biasanya hanya menjadikan kardus sebagai tempat penyimpanan barang agar terlihat lebih rapi. Padahal sebenarnya kardus bekas dapat dimanfaatkan menjadi berbagai barang yang unik, salah satunya adalah bingkai foto.

Ya, bingkai foto yang biasanya dibuat dari kayu kini bisa juga dibuat dari kardus bekas yang ada di rumah kita. Bingkai foto dari kardus ini tidak kalah unik karena cukup kuat dan bisa kita bentuk dan hias sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, membuat bingkai foto sendiri juga tentunya akan menghemat banyak uang. Pasalnya kita hanya membutuhkan kardus bekas dan beberapa peralatan tulis yang sederhana. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak langkah-langkah cara membuat bingkai foto dari kardus bekas versi bacaterus.com berikut ini.

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahannya

Pertama-tama silahkan siapkan kardus bekas yang ingin dijadikan bingkai foto. Jika ingin membuat bingkai yang besar, pilihlah kardus berukuran besar seperti kardus bekas mie instan atau peralatan elektronik. Namun jika ingin yang kecil, maka pilihlah kardus bekas susu, sereal, kue, dan kardus berukuran kecil lainnya.

Selanjutnya siapkan juga alat-alat untuk memotongnya seperti gunting, cutter, dan juga penggaris. Jika Anda ingin menghiasnya, maka siapkan juga lem, manik-manik, spidol, cat warna, dan bahan-bahan hiasan lainnya sesuai dengan keinginan.

Langkah 2: Potong Kardusnya

Setelah semua bahannya tersedia, sekarang silahkan gunting kardus tersebut. Pertama-tama guntinglah bagian yang ingin digunakan sebagai bingkai foto agar terpisah dari kardusnya. Buatlah dua potongan yakni untuk bagian depan dan bagian belakang bingkai foto.

Pastikan Anda menggunting dengan ukuran yang jauh lebih besar dari foto yang ingin dipasang di dalamnya. Pada langkah ini Anda tidak perlu mengguntingnya secara rapi karena kita hanya ingin memisahkannya dari bagian kardus yang lain.

cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Selanjutnya silahkan rapikan potongan kardus tersebut serta tentukan ukurannya. Jika Anda ingin meletakan foto berukuran 4×6, maka potonglah kardus tersebut menjadi berukuran 4×8. Dengan begitu, kita akan memiliki bingkai sebesar 1 inci di sekeliling fotonya.

Jika ukuran 1 inci dirasa terlalu besar atau kecil, maka Anda dapat menyesuaikan sendiri ukurannya sesuai dengan keinginan. Jika tidak suka dengan bentuk persegi, maka silahkan potong kardusnya menjadi bulat, segitiga, atau bentuk lainnya.

Langkah 3: Lubangi Bagian Tengahnya

cara membuat bingkai foto dari karton

Selanjutnya silahkan lubangi bagian tengah dari kardus tersebut untuk menampilkan foto yang Anda taruh nantinya. Jika ukuran fotonya 4×6 inci, maka potonglah dengan ukuran tersebut. Namun disarankan untuk memotong kurang dari ukuran tersebut agar tidak ada gap antara foto dengan bingkainya.

Langkah 4: Hiasi Bingkainya

Sekarang kita masuk ke dalam tahap dekorasi. Pertama-tama silahkan cat atau beri warna bingkai tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat menghiasnya dengan warna-warna tertentu atau membuat pola yang unik seperti pola batang kayu dan sejenisnya.

Setelah itu silahkan tambahkan juga berbagai hiasan lain di atasnya, seperti pita atau manik-manik. Stiker, kertas hias, kancing, atau berbagai macam hiasan yang bisa digunakan dalam scrapbook juga bisa Anda tempelkan di sini.

Jika Anda memiliki sesuatu yang berkaitan dengan foto yang ingin dipajang, maka tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menempelkannya. Agar lebih menarik, berikan juga coretan atau keterangan mengenai foto tersebut di bingkainya.

cara membuat bingkai foto dari barang bekas

Tempelkanlah berbagai hiasan tersebut dengan menggunakan lem atau double tape. Jika ingin menempelkannya secara permanen, maka disarankan untuk menggunakan lem yang direkatkan dengan kuat agar tidak mudah terlepas.

Namun jika Anda ingin menggantinya di kemudian hari, maka gunakanlah double tape. Pasalnya doubletape lebih mudah untuk dilepaskan dibandingkan dengan lem dan juga tidak akan mudah merusak bahan yang ditempelinya.

Langkah 5: Tutup Dengan Cover Belakang

cara membuat bingkai foto dari kardus susu

Setelah bingkai bagian depan selesai dihias, kini kita dapat menggabungkan semua elemen bingkainya. Sebelumnya, silahkan potong terlebih dahulu bingkai yang akan dijadikan penutup bagian belakang agar sama ukurannya dengan bingkai bagian depan.

Selanjutnya letakan bingkai penutup tersebut di bawah, lalu pasang foto di atasnya, dan tutup dengan bingkai depan. Rekatkan ketiga elemen tersebut dengan menggunakan lem hingga menempel dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Anda juga dapat melapisinya dengan plastik bening agar mirip seperti kaca pada bingkai kayu. Namun nantinya Anda harus sering-sering mengganti plastiknya karena biasanya akan menjadi buram dalam beberapa bulan.

Langkah 6: Buat Dudukannya

cara membuat dudukan foto

Langkah terakhir dalam cara membuat bingkai foto dari kardus bekas ini adalah membuat dudukannya. Pertama-tama silahkan cari kardus yang tebal dan juga kuta untuk menopang bingkai foto yang telah Anda buat di atas.

Setelah itu, potonglah kardus tersebut dengan bentuk seperti pada gambar di atas. Bentuknya ini sekilas mirip dengan dasi. Sesuaikan panjangnya dengan tinggi bingkai foto yang Anda buat. Terakhir, silahkan tempelkan dudukannya tersebut ke cover penutup dari bingkai foto.

Nah sekarang bingkai foto yang Anda buat dapat diletakkan di atas meja belajar, di atas lemari, atau di dekat tempat tidur Anda. Namun jika Anda ingin menjadikannya sebagai hiasan dinding, maka Anda tidak perlu membuat dudukannya.

Nah seperti itulah langkah-langkah cara membuat bingkai foto dari kardus bekas yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Silahkan kembangkan kreativitas Anda agar dapat menghasilkan bingkai foto yang unik dan juga menarik. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *