Bacaterus / Makanan Korea / Resep dan Cara Membuat Bibimbap Mudah Khas Korea

Resep dan Cara Membuat Bibimbap Mudah Khas Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Februari 2019

Jika Anda termasuk salah satu pecinta kuliner khas Korea, maka nama Bibimbap tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Yup, Bibimbap merupakan makanan khas negeri gingseng yang cukup digemari di Indonesia belakangan ini.

Bisa dikatakan Bibimbap berupa semangkuk nasi yang diberi berbagai macam toping pada bagian atasnya. Toping yang digunakan sangat bervariasi, mulai dari sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang.

Di Korea, kuliner satu ini sudah cukup populer sekali di kalangan masyarakatnya sendiri. Biasanya warga dan masyarakat Korea mengonsumsi makanan satu ini ketika sarapan dan makan malam karena makanan ini memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Sebenarnya di Indonesia juga ada banyak sekali restoran yang menjual Bibimbap, tetapi biasanya makanan ini dipatok dengan harga yang cukup mahal untuk setiap porsinya, terutama apabila Anda makan di restoran ternama.

Namun tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba bagikan resep dan cara membuat bibimbap ala Korea yang sangat nikmat sebagai sarapan ataupun makan malam. Sebelum membahas mengenai cara membuatnya, simak terlebih dahulu informasi sekilas mengenai Bibimbap ini.

Tentang Kuliner Bibimbap

resep bibimbap

Bibimbap merupakan kuliner khas Korea yang berasal dari semangkuk nasi dengan tambahan toping sayur, daging, saus, dan masih banyak lagi. Menurut arti katanya sendiri, “Bibim” dalam bahasa Indonesia berarti campur, sedangkan “Bap” berarti nasi. Sehingga makanan ini juga bisa dikatakan sebagai nasi yang dicampur dengan berbagai macam toping di atasnya.

Terpadat beberapa teori yang mengatakan mengenai asal usul Bibimbap di Korea. Salah satu teori yang populer mengatakan bahwa makanan satu ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, dimana makanan tersebut digunakan sebagai sesaji persembahan ruh atau arwah.

Sehabis melaksanakan ritual jesa, masyarakat mengonsumsi makanan satu ini dengan cara mencampurnya dalam sebuah mangkuk. Mereka biasanya saling berbagai makanan tersebut dengan dengan orang lain dan mencampurkannya dalam satu mangkuk.

Seiring dengan perkembangannya, Bibimbap sekarang ini ada banyak sekali variannya. Kota Jeonju di Jeolla Utara merupakan kota asal variasi Bibimbap yang cukup terkenal sekali, variasi makanan tersebut dinamakan “Jeonju Bibimbap”.

Selain itu ada banyak pula makanan sejenis yang memiliki rasa dan tampilan hampir sama, yakni hoetjesabap atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti makanan sehabis jesa. Jesa sendiri merupakan sebuah upacara tradisional untuk memperingati hari kematian.

Makanan satu ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat, akan tetapi juga menawarkan keunikan pada saat memasaknya. Di Korea, Anda akan mengonsumsi Bibimbap yang diletakan di atas sebuah mangkuk batu panas.

Saking panasnya, mangkuk tersebut mampu membuat telur menjadi matang dengan cepat. Sebelum meletakan nasi ke dalamnya, mangkuk batu tersebut biasanya diolesi terlebih dahulu dengan minyak wijen agar terbentuk kerak yang lezat.

Bahan-Bahan Bibimbap

cara membuat bibimbap halal

Untuk membuat makanan satu ini bisa dikatakan agak sedikit rumit, terutama bagi Anda yang belum jago memasak. Namun tidak perlu khawatir, karena kami akan memandu Anda sedikit demi sedikit sampai jadi. Sebelum itu, persiapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Nasi matang sesuai selera
  • Beberapa genggam tauge sesuai kebutuhan dan selera
  • Beberapa genggam bayam sesuai selera masing-masing
  • Mentimun atau labu siam cukup 1 buah
  • Wortel 2 buah, lalu dipotong serupa korek api
  • Jamur shitake sebanyak 6 buah
  • Daging giling sekitar 200 gram
  • Telur ayam cukup 2 buah

Bahan Bumbu:

  • Saus gochujang sebanyak 2 sendok makan
  • Kecap asin secukupnya
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Minyak wijen secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis secukupnya saja
  • Biji wijen sangrai

Cara Membuat Bibimbap

Sekarang mari kita mengolah resep bibimbap ini, Langkah pertama kita bisa merebus semua bahan sayuran yang telah dipersiapkan. Rebus dahulu tauge dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas sampai layu, lalu buang air rebusan tauge tersebut. Setelah itu campur tauge rebus tadi dengan 1 sendok makan minyak wijen dan garam. Sisihkan.

Selanjutnya rebuslah bayam selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu campur dengan kecap asin sebanyak 1 sendok teh, garam secukupnya, halusan bawang putih, dan 1 sendok makan minyak wijen. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kita akan memasak mentimun. Pertama-tama potong terlebih dahulu mentimun tersebur menjadi bentuk mirip korek api. Kemudian tumis dengan menggunakan minyak sayur. Setelah agak matang, sisihkan terlebih dahulu.

Kemudian masaklah jamur shitake, caranya potong terlebih dahulu bahan tersebut menyerupai seperti korek api. Setelah itu tumislah dengan 1 sendok makan minyak sayur, 2 sendok teh kecap manis, dan 2 sendok teh gula pasir. Aduk-aduk sampai matang lalu sisihkan.

Untuk memasak daging, tumislah daging bersama dengan wortel dan minyak sayur. Tumis daging tersebut sampai setengah matang, lalu masukan gula pasir dan 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian masukan merica secukupnya saja.

Sedangkan untuk telurnya, Anda bisa memasak sesuai selera masing-masing. Bisa direbus, goreng mata sapi, goreng setengah matang, ataupun lainnya. Namun disarankan untuk membuatnya menjadi bentuk mata sapi untuk mempercantik tampilannya.

Sekarang kita dapat menyajikan kuliner ini. Caranya, ambil nasi hangat secukupnya dan letakan di dalam mangkuk. Kemudian susun bahan-bahan yang telah kita olah tadi di atasnya, mulai dari tauge sampai daging dan telur secantik mungkin.

Anda dapat menambah sayuran ataupun bahan lainnya untuk resep bibimbap di atas, seperti sawi dan kol. Untuk dagingnya sendiri, Anda dapat menggantinya dengan daging ayam yang sudah disuwir-suwir menjadi potongan kecil.

Bagaimana, mudah sekali bukan? seperti itulah langkah cara membuat Bibimbap khas Korea yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar agar hasil masakan Anda memiliki rasa menggoda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

5 pemikiran pada “Resep dan Cara Membuat Bibimbap Mudah Khas Korea”

  1. Terima kasih buat tipsnya

  2. Makasih banget ya kak,buat semua tips nya dari kakak aku terimakasih banget??

Tinggalkan komentar