Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep & Cara Membuat Bakwan Jagung yang Renyah

Resep & Cara Membuat Bakwan Jagung yang Renyah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan bakwan? Hampir semua orang pasti sudah akrab dengan makanan satu ini. Termasuk ke dalam gorengan, biasanya bakwan banyak dijual bersama dengan tahu goreng, tempe goreng, dan berbagai macam gorengan lain.

Penggemar bakwan sendiri cukup bervariasi, mulai dari kalangan kelas elite sampai kalangan kelas bawah pun menyukai camilan satu ini. Bakwan sangat cocok manakala kita jadikan sebagai kudapan bersantai bersama keluarga tercinta.

Apa itu Bakwan?

Bakwan merupakan jajanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim kita temukan di Indonesia. Mendengar nama “bakwan” sendiri biasanya merujuk pada kudapan gorengan sayur-sayuran yang dijual oleh para pedagang di tepian-tepian keramaian jalan.

Bahan-bahan pembuatannya sendiri terdiri dari taoge, kol (kubis), wortel, dicampur dengan adonan tepung terigu dan digoreng dengan menggunakan minyak cukup banyak. Bakwan biasanya digoreng hingga kering sehingga sangat renyah di mulut.

Sekilas bakwan ini mirip dengan makanan Jepang bernama yasai tenpura (tempura sayur). Akan tetapi sebenarnya bakwan merupakan makanan khas yang berasal dari China. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak asal makanan ini, di mana bahas China-nya “bak” dalam Indonesia berarti daging.

resep bakwan jagung renyah

Penyebutan ini sama halnya dengan makanan asal Tiongkok lainnya yang populer di Indonesia seperti Bakpao (roti isi daging), Bakso (bola daging), Bakpia (kue daging kacang ijo), Bakmi (mie dari bahan daging), dan masih banyak lagi.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, bakwan masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Saat itu para pedagang China melakukan pelayaran dagang ke Nusantara, di daerah pesisir pantai mereka memperkenalkan makanan dari campuran tepung beras, sayur, dan daging (bak).

Ternyata makanan tersebut disambut hangat oleh penduduk pribumi. Sejak saat itulah bakwan mulai dikenal luas oleh masyarakat. Meskipun masih menggunakan kata “bak” tetapi faktanya sekarang ini bakwan tidak terbuat dari daging, melainkan hanya sayuran saja.

Variasi Olahan Bakwan di Indonesia

cara membuat bakwan jagung sederhana

Bakwan di Indonesia sendiri secara umum terdiri dari bahan sayur-sayuran yang dibalut dengan tepung. Namun saat ini sudah banyak variasi bakwan yang beraneka ragam, mulai dari bakwan udang, bakwan kentang, hingga bakwan jagung.

Bakwan di Indonesia mirip dengan perkedel, sehingga banyak orang yang menyebut bakwan itu sama dengan perkedel. Misalnya saja sering kita temui, perkedel jagung yang sebenarnya merupakan bakwan jagung.

Menariknya lagi, setiap daerah menyebut bakwan dengan nama yang berbeda-beda. Di daerah Jawa Timur, orang-orang menyebut bakwan dengan pangsit yang digoreng bersama tepung, daging, dan ikan gilingan.

Hidangan ini disajikan bersama dengan tahu, bakso, dan mie dalam kuah sapi. Orang Jatim menganggap bakwan identik dengan “Bakwan Malang” dan “Bakwan Surabaya” yang mana camilan tersebut dipotong-potong dalam kuah bakso segar.

Sedangkan di Jawa Barat, bakwan ini disebut dengan bala-bala. Penamaan tersebut mungkin merujuk pada tampilan bakwan yang bala dengan berbagai sayuran. Bala sendiri dalam bahasa Sunda artinya berserakan atau dipenuhi oleh berbagai macam hal.

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan dari gorengan tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas salah satu varian bakwan yang populer di tanah air yakni bakwan jagung. Yuk langsung saja kita simak resep dan cara membuat bakwan jagung tersebut berikut ini.

Bahan-Bahan Bakwan Jagung

Sesuai dengan namanya, bakwan satu ini terbuat dari bahan dasar jagung yang kemudian dilapisi dengan adonan tepung terigu. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat bakwan ini antara lain seperti:

  • Jagung manis/biasa cukup dengan 5 buah
  • Telur ayam sebanyak 1 butir saja
  • Tepung terigu segitiga (atau merk apa saja) cukup 4 sendok makan
  • Seledri seperlunya saja, dicincang (sesuai selera)
  • Daun bawang cukup dengan 1 batang, diiris agak tipis
  • Udang cukup dengan 100 gram, bersihkan, kupas

Bumbu- bumbu yang dihaluskan:

  • Garam secukupnya
  • Bawang putih cukup dengan 4 siung
  • Bawang merah cukup 1 siung
  • Kemiri sebanyak 1 butir saja
  • Ketumbar sekiranya 1/4 sendok teh
  • Cabe merah cukup 4 buah segar, dan tumbuk kasar

Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah

Sekarang mari kita langsung membuatnya. Pertama kalinya serut jagung terlebih dahulu tetapi sebagian saja. Bagian lain Anda tumbuk kasar dan biarkan berbentuk bulatan-bulatan kecil. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Sisihkan.

Selanjutnya campurkan bahan jagung tadi bersama dengan bumbu halusan. Aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata. Agar bumbu meresap ke dalam bahan jagung, diamkan sejenak sekiranya 30 menitan.

Sambil mendiamkan jagung tadi, Anda dapat membuat adonan tepung. Caranya kocok telur sampai mengeluarkan buih kemudian campurkan dengan tepung terigu, udang, seledri, dan daun bawang. Aduk-aduk sampai semua bahan tersebut dapat tercampur secara merata.

Apabila sudah 30 menit, masukan jagung-jagung yang telah dibumbui tadi ke dalam adonan tepung. Lalu aduk-aduk sampai jagung tercampur merata dengan tepung. Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan tangan bersih.

Sekarang, panaskan minyak goreng dalam jumlah yang agak banyak. Gunakan api sedang saja untuk menggoreng. Ambilah 1 sendok makan adonan yang telah kita buat tadi, kemudian goreng dalam wajan sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Matang, angkat dan tiriskan.

Nah sajikan bakwan yang renyah dan crispy ini selagi masih hangat untuk camilan keluarga. Menikmati bakwan sangat cocok apabila didampingi dengan cabe rawit pedas ataupun saus tomat. Bakwan jagung juga dapat dijadikan lauk bersama dengan sepiring nasi putih.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Selain resep bakwan jagung, Anda pun bisa berkreasi sendiri dengan membuat bakwan bahan lain, seperti bakwan sayuran wortel, udang, daging, taoge, kol, dan lain sebagainya. Sekian cara membuat bakwan jagung enak yang dapat kami sajikan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *