Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 4 Cara Membuat Badan Tinggi Secara Mudah dan Alami

4 Cara Membuat Badan Tinggi Secara Mudah dan Alami

Semua orang tentu mendambakan tubuh yang ideal. Tinggi semampai serta tubuh yang ramping bagi wanita dan badan yang atletis bagi pria. Namun untuk beberapa orang hal itu tak mereka dapatkan, terutama untuk kategori tinggi semampai. Tetapi banyak pula cara membuat badan tinggi yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Banyak orang yang mencoba cara agar tubuh menjadi tinggi semampai, mulai dari minum susu, hingga mengkonsumsi obat-obatan penambah tinggi badan. Padahal cara tersebut belum tentu cukup untuk membantu dalam penambahan tinggi badan. Ada dua faktor yang mempengaruhi tinggi badan, yaitu faktor genetik dan faktor kualitas hidup.

Faktor genetik adalah faktor keturunan. Artinya, jika ayah dan ibu Anda mempunyai tubuh yang tinggi kemungkinan besar Anda pun akan memiliki tubuh yang tinggi begitu pula sebaliknya. Sedangkan jika faktor kualitas hidup yang mempengaruhi tinggi atau tidaknya tubuh Anda itu dapat datang dari pola hidup Anda sendiri.

Dari fakta tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tubuh yang tinggi juga bisa didapatkan dengan pola hidup sehat meskipun kita tidak memiliki faktor genetik tinggi. Lantas apa sajakah langkah-langkahnya tersebut? Simak rahasia peninggi badan tercepat berikut ini.

Cara Menambah Tinggi Badan

1. Makan Yang Teratur

cara membuat badan tinggi

Hal yang biasa namun sering dianggap sepele. Kebanyakan orang sering melupakan hal kecil namun penting ini. Selain baik bagi kesehatan tubuh hal ‘kecil’ ini dapat membantu menambah tinggi badan. Kenapa? dikarenakan tubuh yang sudah ‘terjadwal’ mendapatkan asupan yang sehat, fungsi tubuh pun teroptimalkan kerjanya.

Makanan yang masuk kedalam tubuh pun tak boleh sembarangan, harus kaya dengan protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, dan serat yang cukup. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menambah tinggi badan :

  • Minyak Ikan

Selain baik untuk kesehatan tubuh Anda, minyak ikan pun membantu menambah tinggi badan karena minyak ikan kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan tulang. Jika Anda cukup rutin mengkonsumsi minyak ikan, ini akan membuat Anda menjadi tinggi serta sehat dalam jangka waktu yang relatif singkat.

  • Kacang-kacangan

Kenapa kacang-kacangan? Karena kacang kaya akan protein, karbohidrat, vitamin, folat, kalsium dan juga serat. Pilihlah kacang yang banyak mengandung protein, kalsium, dan serat. Salah satu contoh kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk menambah tinggi badan adalah kacang merah.

  • Susu

Dengan mengkonsumsi susu secara rutin maka tubuh akan mendapatkan kalsium yang cukup dan membantu penambahan tinggi badan Anda. Susu yang diperlukan adalah susu sapi, karena susu sapi memiliki banyak kandungan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang.

  • Buah-buahan

Konsumsilah buah-buah yang mengandung kalsium yang tinggi. Salah satunya adalah pisang karena buah ini tinggi kalium serta kalsium sehingga baik untuk menambah tinggi badan dan memperkuat tulang.

Selain makanan di atas, Anda juga dapat mencari referensi makanan terbaik untuk meninggikan badan dalam artikel makanan peninggi badan.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

cara memerahkan bibir secara alami

Kegiatan yang biasa kita lakukan ini pun juga dapat membantu penambahan tinggi badan. Air putih dapat membantu tubuh mencerna nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi tubuh tidak akan dapat mencerna nutrisi dengan optimal. Oleh karena itu minum cukup air putih sangat diperlukan.

Tak hanya air putih saja, Anda juga diperkenankan untuk mengkonsumsi minuman lain yang dapat menambah tinggi badan seperti yang ada dalam artikel minuman peninggi badan.

3. Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup setiap hari

Tubuh minimal harus mendapatkan 5 jam waktu tidur, dan akan lebih optimal lagi jika Anda tidur tepat waktu dan hingga 7 atau 8 jam. Karena pada saat tidur tubuh akan memproduksi asam amino glutamin yang memicu hormon pertumbuhan pada tubuh sehingga menjadi cara membuat badan tinggi yang efektif.

4. Olahraga

cara membuat badan tinggi lompat tali

Tubuh yang tinggi tidak hanya didapatkan dengan kecukupan nutrisi namun harus juga disertai dengan rutinnya berolahraga. Olahraga tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi juga dapat menjadi cara menambah tinggi badan yang efektif. Bacaterus sempat mengulas olahraga yang cocok untuk meninggikan badan dalam artikel olahraga peninggi badan. Nah, apa sajakah olah raga yang dapat membantu menambah tinggi badan tersebut?

  • Renang

Pada saat berenang  kalori yang terbakar selama satu jam adalah sebanyak 300 pada kecepatan 400 meter per jam, atau 500 kalori pada kecepatan 3,2 km per jam.

Olah raga renang melibatkan seluruh otot utama dari tubuh, itulah kenapa renang memberikan hasil keseluruhan yang lebih baik daripada olah raga lain. Pada saat berenang seluruh tubuh yang bergerak akan menarik otot dan tulang, terutama tulang kaki dan punggung sehingga tubuh dapat menjadi lebih tinggi.

  • Bermain basket

Olah raga ini dapat membatu penambahan tinggi karena basket merupakan olah raga yang banyak melakukan gerakan melompat yang melibatkan otot dan tulang kaki. Aktifitas tersebut membuat otot meregang dan memanjang sehingga badan menjadi lebih tinggi.

  • Bermain lompat tali

Olah raga ini hampir sama dengan basket. Lompat tali yang melibatkan otot dan tulang kaki memungkinkan otot meregang dan memanjang.

  • Bermain bola volley

Cara membuat badan tinggi selanjutnya adalah dengan bermain bola volley. Sama dengan basket dan lompat tali, olah raga ini pun sering melakukan gerakan melompat yang memungkinkan tumbuh untuk bertambah tinggi.

  • Bersepeda

Bersepeda yang dilakukan pada pagi dan sore hari secara rutin akan membantu menambah tinggi badan. Aktifitas yang dilakukan kaki (mengayuh) dapat memanjangkan tulang kaki, olah raga ini pun dapat menguatkan otot kaki.

  • Vertical Hanging

Vertical hanging yaitu olah raga di mana Anda menahan seluruh berat tubuh Anda di bagian atas. Cara melakukannya, temukan besi yang kuat untuk melakukan vertical hanging namun jika susah menemukannya Anda dapat pergi ke tempat gym untuk melakukannya.

Dengan bantuan besi tersebut, cobalah untuk menggantung selama yang Anda bisa, dengan menekuk lutut agar tidak menyentuh lantai. Lakukan selama 10 seri (1 seri = 1 kali menggantung selama yang Anda bisa).

  • Cobra Stretch

Olah raga ini cukup mudah untuk dilakukan karena tidak melibatkan aktifitas fisik yang terlalu berat. Cara melakukan cobra stretch, pertama-tama, berbaringlah di lantai yang sudah diberi alas. Kemudian, mulailah dengan melengkungkan tulang belakang Anda ke atas diikuti dengan dagu Anda. Lakukan sekuat mungkin, semelengkung mungkin. Lakukan selama 3-4 sesi setiap kali latihan fisik.

  • Pilates Roll Over

Cukup sulit melakukan gerakan yang satu ini, tetapi dengan latihan rutin Anda pasti dapat melakukannya. Cara untuk melakukan pilates rool over yang pertama Anda harus Berbaring dengan punggung lurus di lantai  atau menggunakan matras yoga. Angkat kaki ke atas, lalu angkat bokong sehingga kaki dapat melampaui kepala. Lakukan 10 kali sehari.

  • Spine Stretch Forward

Untuk melakukan spine stretch forward, pertama-tama duduk di lantai dengan matras, tulang punggung tegak, kemudian condongkan  punggung anda sejauh mungkin ke depan, coba lihat apakah anda dapat menyentuh ujung jari kaki dengan kedua tangan. Jangan dipaksakan jika Anda belum bisa menyentuh ujung jari kaki Anda, yang terpenting selama melakukan gerakan ini punggung  tetap lurus.

  • Ankle weight

Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat tubuh bagian bawah. Cara melakukannya, pertama Anda harus duduk di tempat/kursi yang agak tinggi (sampai kaki tidak menyentuh lantai), gunakan pemberat kaki (dapat dibeli di toko olah raga). Kemudian gerakan kaki ke depan dan belakang 20x kali (lambat) lalu gerakkan kaki ke depan dan belakang lagi dengan cepat (20 kali juga). Lakukan hal ini bergiliran kaki kiri dan kanan.

Itulah berbagai cara membuat badan tinggi dengan metode alami yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Jangan lupa lakukan segalanya dengan rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat dan baca terus berbagai tips dan trik kesehatan yang kami berikan.

Jika ingin menggunakan bantuan lainnya agar proses meninggikan badan jadi lebih cepat, konsumsi vitamin khusus seperti yang ada di artikel vitamin peninggi badan dan gunakan beberapa alat bantu dalam artikel alat peninggi badan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Annisa Harli Tanjung
Seorang Penikmat Kesenian, Pecinta Kucing dan Musik. Music in my Blood

One Comment

  1. Panji maulana at - Reply

    Tolong kasih tau cara meninggikan badan sama susu buat nyembuhin tulang yang rapuh

Leave A Comment