Bacaterus / Menambah Berat Badan / 16 Cara Membuat Badan Berisi dan Gemuk Secara Alami

16 Cara Membuat Badan Berisi dan Gemuk Secara Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tubuh  idaman adalah impian semua orang, maka dari itu tidak jarang orang yang memiliki badan gemuk rela berkorban untuk mengurangi berat badannya. Begitupun sebaliknya, orang yang memiliki tubuh kurus pasti mencari cara membuat badan jadi lebih gemuk dan berisi agar tubuhnya menjadi ideal.

Orang yang memiliki tubuh kurus dianggap lebih mudah untuk mencapai tubuh ideal karena yang dibutuhkan adalah menambah asupan gizi. Padahal sebenarnya tidak jarang juga orang yang susah payah berusaha menaikkan berat badannya tetapi badannya tetap kurus.

Bagi yang  memiliki masalah tersebut, Anda jangan menyerah karena terdapat berbagai macam cara yang dapat Anda tempuh. Berikut bacaterus.com akan mengulas berbagai macam cara membuat badan berisi secara sehat dan alami. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk menambah berat badan, Anda perlu menambah asupan makanan. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan pilihan makanan yang harus dikonsumsi supaya lemak yang dapat dihasilkan oleh tubuh adalah lemak yang sehat. Jenis makanan yang harus Anda konsumsi adalah:

  • Makanan sumber karbohidrat

sayuran penambah darah kentang

Kandungan karbohidrat pada makanan berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Jadi apabila Anda memiliki aktivitas yang padat Anda tetap memiliki energi yang cukup tanpa harus menghancurkan lemak tubuh.

Maka dari itu dengan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dapat menambah berat badan Anda secara bertahap. Sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan pada beras, gandum, kentang, roti, ubi, dan jagung. Makanan sumber karbohidrat ini biasanya dijadikan sebagai makanan pokok di Indonesia.

  • Makanan sumber protein

Makanan sumber protein

Kandungan protein berfungsi untuk memperbaiki serat otot pada tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara berkala akan membuat tubuh menjadi lebih berisi. Makanan yang mengandung sumber  protein terdapat pada daging merah , dada ayam, salmon, tuna, dan kacang-kacangan.

Selain jenis makanan di atas, cari tahu juga jenis makanan lain yang baik untuk meningkatkan berat badan dalam artikel makanan untuk menambah berat badan.

2. Tambah Porsi Makan

Cara membuat badan berisi

Selain pemilihan makanan untuk dikonsumsi, ada juga kebiasaan-kebiasaan yang perlu Anda lakukan salah satunya adalah menambah porsi makan. Untuk menambah tubuh berisi Anda dapat menambah porsi makanan secara bertahap dan rutin setiap hari.

Kandungan yang terdapat dalam makanan juga harus seimbang satu dengan yang lain. Artinya, Anda harus menyeimbangkan konsumsi karbohidrat, protein, dan yang lainnya. Selain proses pembentukan badan lebih cepat, Anda juga tidak akan mengalami kekurangan gizi.

3. Minum Susu

Susu Asam

* sumber: www.sheknows.com

Tubuh membutuhkan kandungan protein, mineral, dan zat lainnya yang terdapat pada susu. Maka dari itu minumlah susu dua kali setiap hari. Susu juga dapat menambah massa pada otot. Apabila Anda tidak suka dengan susu maka Anda dapat menggantinya dengan yogurt, keju, dan produk olahan susu lainnya.

Jenis susu yang biasa dikonsumsi oleh para atlet atau olahragawan yang ingin badannya tampak berisi adalah whey protein. Jenis susu ini sudah bisa diperoleh dengan mudah di situs belanja online atau supermarket terdekat. Namun, konsumsi whey protein ini biasanya harus diimbangi dengan latihan yang tepat untuk membantu pembentukan massa otot.

Bukan hanya susu saja, konsumsi juga sejumlah minuman dalam artikel minuman penggemuk badan ini jika Anda ingin memiliki badan yang berisi secara cepat.

4. Jangan Lupa Sarapan

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan di pagi hari merupakan salah satu pola makan yang baik. Dengan sarapan maka tubuh kita akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pilihlah menu sarapan yang sehat seperti telur, susu, roti, jus, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, sarapan juga bisa membuat tubuh Anda jadi lebih berenergi. Ketika tubuh lebih berenergi, maka Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sarapan memang penting dilakukan saat sedang diet menurunkan berat badan atau meningkatkan berat badan. Namun agar waktu makan Anda lebih teratur, cek artikel jadwal makan untuk menambah berat badan ini.

5. Rajin Minum Air Putih

Rajin Minum Air Putih

Konsumsi air putih minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas setiap harinya. Pasalnya air putih akan membantu proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh. Dengan begitu, makanan yang telah Anda konsumsi dapat dicerna dan diserap dengan baik kandungan gizinya oleh tubuh.

6. Ngemil Makanan Ringan

Ngemil Makanan Ringan

Banyak orang menghindari cemilan karena dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Nah, bagi Anda yang memiliki badan kurus, hal ini justru menjadi keharusan. Cobalah untuk memakan makanan ringan di waktu kosong atau di saat menonton televisi.

Namun ingat, usahakan makanan ringan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi. Beberapa makanan ringan yang direkomendasikan di antaranya adalah keju, sereal, biskuit gandum, roti, dan jus alpukat. Sebisa mungkin hindarilah gorengan atau makanan yang digoreng lainnya.

7. Jangan Minum Sebelum Makan

Perbanyak Minum Air Putih

* sumber: www.mirror.co.uk

Usahakan untuk tidak minum sebelum atau di pertengahan makan. Pasalnya, minum di kedua waktu tersebut akan membuat perut terasa kenyang sehingga nafsu makan akan berkurang. Jika sudah begitu maka secara otomatis porsi makanan yang kita konsumsi juga akan berkurang.

Kebiasaan minum sebelum makan ini umumnya dilakukan oleh orang-orang yang hendak melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih berisi.

8. Kunyah Makanan Sampai Halus

Kunyah Makanan Sampai Halus

Kunyahlah makanan hingga benar-benar halus sebelum Anda menelannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah tubuh dalam mencernanya. Jika proses pencernaan berjalan lancar, maka proses penyerapan gizi dari makanan tersebut juga akan berjalan dengan baik.

Kalau menu makanan Anda tidak sesuai selera sehingga Anda kesulitan mengunyah dan menelan makanan tersebut, cari tahu tips menambah nafsu makan dalam artikel cara agar nafsu makan bertambah.

9. Coba Makanan Penutup

cara membuat puding busa

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan penutup seperti es krim, pudding, dan lainnya ketika selesai mengkonsumsi makanan utama. Berbagai makanan tersebut dapat mempercepat naiknya berat badan. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena makanan yang mengandung banyak gula kurang baik untuk tubuh.

10. Rajin Olahraga

olahraga capek

Dengan berolahraga tubuh dapat lebih berisi karena dapat menambah massa otot. Untuk waktu olahraga batasi paling lama 1 jam agar energi yang Anda miliki tidak semuanya terbuang untuk olahraga. Sementara itu, tubuh Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.

Lakukanlah olahraga tersebut secara rutin minimal 4 kali dalam satu minggu. Latihan yang paling bagus untuk membuat tubuh jadi semakin berisi adalah angkat beban. Bila Anda sedang menjalankan program untuk membuat badan jadi lebih berisi, maka Anda harus mengurangi latihan kardio.

11. Istirahat yang Cukup

cara menghilangkan ngorok saat tidur

Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup yaitu minimal 8 jam setiap hari. Disarankan untuk membiasakan tidur siang dan hindari kebiasaan bergadang supaya tubuh dapat tumbuh dengan baik. Hindari juga kebiasaan keluar malam karena angin malam dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika Anda kesulitan untuk tidur di malam hari, silahkan baca tips dan trik di artikel ini.

12. Hindari rokok

Berhenti Merokok

* sumber: awesomeaj.com

Rokok memiliki efek yang tidak jauh berbeda dengan kafein yakni mengurangi nafsu makan. Maka dari itu tidak mengherankan jika banyak orang yang lebih memilih untuk merokok daripada makan. Dengan menghindari rokok, tubuh akan menjadi lebih berisi dan juga menjadi sehat.

Tak hanya itu saja, merokok juga berbahaya bagi kesehatan. Sementara untuk memiliki tubuh yang lebih berisi Anda harus pandai-pandai menjaga kesehatan diri sendiri. Nah, tidak ada salahnya jika saat ini Anda mulai mengurangi kebiasaan merokok sehari-hari.

13. Hindari minuman berkafein

kopi

Cara membuat badan berisi selanjutnya adalah dengan menghindari kafein. Kafein yang terdapat dalam minuman seperti kopi dan teh dapat membuat perut terasa kenyang sehingga Anda malas untuk makan. Kafein juga dapat mengusir rasa kantuk sehingga akan membuat kita kesulitan tidur di malam hari.

Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan asam lambung sehingga merangsang timbulnya penyakit maag. Jika terkena sakit maag, maka proses pencernaan pastinya akan terganggu karena kita akan merasa sakit setiap kali memakan sesuatu.

14. Konsumsi makanan manis

Konsumsi makanan manis

Apakah Anda salah satu penggemar makanan manis? Jika ya, maka Anda dapat mengonsumsi makanan manis tersebut sebagai cara membuat badan berisi.

Makanan yang manis tidak akan berbahaya jika Anda mengonsumsinya dengan porsi yang tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan manis yang sehat, seperti buah-buahan atau sesekali mengonsumsi cokelat yang baik untuk kesehatan jantung.

15. Konsumsi multivitamin

Konsumsi multivitamin

Multivitamin tidak hanya diformulasikan untuk menjaga daya tahan tubuh saja. Akan tetapi, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin secara teratur agar makanan dapat dicerna dengan baik sehingga nutrisinya dapat diserap oleh tubuh.

Salah satu jenis multivitamin yang sangat dianjurkan untuk membuat badan berisi adalah yang mengandung Vitamin B. Pasalnya, Vitamin B dapat memaksimalkan proses pencernaan di dalam tubuh sehingga nutrisi dapat diserap dengan baik.

Namun, Anda harus hati-hati dalam memilih multivitamin karena tidak semua jenis produk multivitamin bagus untuk kesehatan tubuh. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda untuk mendapatkan merk multivitamin yang bagus.

16. Dapatkan nutrisi yang tepat

Dapatkan nutrisi yang tepat

Mungkin Anda berpikir bahwa untuk membuat badan jadi berisi itu artinya Anda bebas mengonsumsi makanan apa pun yang Anda inginkan. Nah, apakah Anda yakin tubuh jadi lebih berisi jika mengonsumsi makanan semau Anda? Alih-alih mendapatkan badan yang berisi, badan Anda bisa saja mengalami obesitas.

Jika ingin membuat badan jadi berisi, dapatkan nutrisi yang tepat setiap hari. Tingkatkan asupan kalori hingga 500 per hari dan konsumsi makanan yang berpotein tinggi. Kebutuhan protein sehari-hari adalah 1,2 – 1,6 g / kg berat badan per hari. Sumber protein tidak hanya berasal dari makanan hewani saja, lho, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan nabati atau produk whey protein.

Untuk mendapatkan badan yang ideal memang membutuhkan waktu yang lama karena proses penambahan berat badan harus dilakukan secara rutin dan bertahap. Untuk tetap menjaga kesehatan gunakanlah selalu cara alami yang tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh yang lain.

Manakah yang lebih berat, membuat tubuh berisi atau menurunkan berat badan? Jawabannya adalah membuat tubuh berisi. Pasalnya, membuat tubuh berisi tidak sama dengan menggemukkan badan. Anda harus melakukan serangkaian latihan untuk membentuk massa otot dan bukan menumpuk lemak di dalam tubuh. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sama seperti orang yang ingin melakukan diet menurunkan berat badan.

Semoga informasi cara membuat badan berisi untuk wanita maupun pria di atas dapat membantu Anda dalam proses penambahan berat badan agar menghasilkan tubuh ideal. Yang terpenting tetap semangat untuk mencapai tujuan Anda, karena semuanya butuh proses dan Anda tidak menjadi gemuk dalam waktu singkat. Jangan pernah menyerah sebelum Anda mendapatkan tubuh idaman yang menarik.

Artikel Terkait

Baca Juga

84 Responses

  1. saya sudah mencoba semua tapi tetep kurus nih, ada yang bisa Bantu hehehe..

    1. kalau gak berhasil di entupin aja badannya sama tawon bro hhhhh

  2. Saya sudah mencoba trik dari Google, tapi hasilnya nihil bro…. Mungkin udah dari sananya harus begini mungkin?

  3. coba aja barang kali kesampean????

  4. Baik saya akan coba dengan cara ini

  5. Banyakin makan dan istirahat yg cukup..
    jangn berfikir terlalu banyak.
    dan jangan begadang..

  6. saya akan istiqomah untuk mencoba ini,,

  7. Coba dulu dehh…thanks info nya

  8. wkkk mlah perut yg melar whahah,,

  9. Saya mau coba kurus bnget udah tinggi sih pngen tbuh ideal

    1. kalau mimin sih udah mekar dari sananya 😀

  10. Coba ah.. Siapa tau berhasil naikin berat badan

  11. Semoga berhasil.. Dicoba dulu lah. Tapi kebiasaan begadang ini yg sulit di hilang kan hahaha..

    1. Semoga berhasil ya, Anisssaa! 🙂

  12. Thanks sugest nya,.
    I ll try. Fighting 😀

  13. Oke sya akn coba smoga brhasil

    1. Semoga berhasil. Terima kasih sudah berkunjung ke laman Bacaterus 🙂

  14. Akhirnya gemuk juga dulu bb ku 50 skrang 51… Hebat

    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat. Terima kasih. 🙂

  15. Dan jng lupa punya uang yg banyak buat beli makanan sama nutrisi nya. Jng lupa juga buat fitnes. Sama minum suplemen fitnes. Dan satu lagi jng banyak pikiran. Bahagia bikin hidup sehat dan gemuk. Atau ideal

    1. Semoga berhasil ya! Terima kasih. 🙂

  16. Alhamdulillah udah coba. Dan ada peningkatan. Yang biasanya makan 2 kali sehari . Di coba jadi makan 4-5 kali sehari. Ditambah susu Dan olahraga ringan, Dan dalam waktu seminggu Alhamdulillah aku naik 4kilo. Seminggu 4kilo sebulan berapa kilo tuh. Lumayan dong. .

  17. Temen saya betol betol bisa berisi badannya semenjak dia rutin minum susu,dan olahraga seperti push up dan lain2 dan sering minum jamu dan telor ayam kampung dimakan mentah2
    Padalan dulu kami kurus yah sama bg

  18. Saya 6bulan yg lalu kurus…
    Trus konsultasi kedokter, ktanya kurangin begadang/rokok.. Makan harus teratur&olahraga.
    Dan skrg msh kurus juga trmksh 🙂

      1. Berguna banger semoga mendapat pahala yang banyan di mudah kan rezekinya Dan insyaallah masuk surga

  19. Kalo di barengin ngopi bisa gak??

    1. Sebaiknya tidak. Terima kasih.

  20. Saya ga berhasil , tiap mau gemuk trs patah hati … Jd kurus lagi ???oya sy menerima sumbangan daging dan lemak max 30kg ya …. Supaya bb saya pas lagi kayak sblm ketemu mantan sy yg pelita hati.wkwkkwkw

    1. Sumbangan lemaknya bisa kirim ke mana ya?! ?

  21. Bismillah Semoga Dengan Petunjuk Ini Saya Berhasil Gemukin Badan.
    Amiinnn..

  22. Bismillah Semoga Dengan Petunjuk Ini Saya Berhasil Gemukin Badan, Saya Udah Berusaha Dengan Percobaan Yang Lain, Insyaallah Semoga Percobaan Dari Bacaterus Ini Berhasil
    Amiinnn..

  23. Bismillah Semoga Dengan Petunjuk Ini Saya Berhasil Gemukin Badan, Saya Udah Berusaha Dengan Percobaan Yang Lain, Insyaallah Semoga Percobaan Dari Bacaterus Ini Berhasil
    Amiinnn..
    Saya Dari Radiv Pranata.

  24. Inti nya yg penting sehat , gk gampang sakit itu udah Alhamdulillah

  25. Bismillah moga cepat berisi…….?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *