Bacaterus / Resep Minuman / Inilah Cara Membuat Air Embun Sendiri yang Kaya Manfaat

Inilah Cara Membuat Air Embun Sendiri yang Kaya Manfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Air es memang dapat menyegarkan tenggorokan saat sedang haus. Namun, ternyata ada air yang jauh lebih segar dibanding air es, yakni air embun. Ya, air embun merupakan uap air yang mengalami pengembunan, proses perubahan gas menjadi cairan.

Embun merupakan air tanah yang menguap ke langit dan mengendap. Jika Anda bangun saat subuh, Anda bisa melihat kelopak daun tumbuhan dan kaca berair. Nah, air tersebut adalah embun.

Menariknya, air embun tidak hanya sekedar melegakan dahaga saja. Namun, air embun juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Bacaterus akan memberikan panduan cara membuat air embun sendiri agar Anda bisa turut menikmati manfaat dari air murni yang berkhasiat ini.

Cara Membuat Air Embun Sendiri

Cara Membuat Air Embun Sendiri

* sumber: www.plukme.com

Air embun tidak dijual di pasaran. Kalaupun ada yang menjual, Anda harus waspada bahwa air tersebut palsu. Bisa saja itu air mineral yang dikemas dalam wadah berlabel air embun. Jadi, cara menampung air embun sendiri bisa Anda lakukan di rumah. Dijamin, air embunnya asli dan lebih berkhasiat.

Berbeda dengan air hujan yang jatuh dengan melimpah, air embun tidak terlalu melimpah dan hanya terlihat beberapa tetes saja di atas permukaan daun. Jika Anda ingin meminum air embun lebih banyak, cobalah cara membuat air embun sendiri:

  1. Siapkan wadah untuk menampung air, Anda bisa menggunakan gelas ukur yang diameternya cukup lebar.
  2. Isi ¾ gelas ukur tadi dengan air mineral atau air matang.
  3. Perhatikan cuaca saat malam hari, jika cuaca sedang mendung dan banyak petir sebaiknya urungkan niat untuk membuat air embun. Anda juga bisa melihat ramalan cuaca dulu sebelum meletakkan gelas ukur di luar rumah.
  4. Jika sudah yakin tidak hujan, letakkan gelas ukur di ruang terbuka, jauhkan dari jangkauan hewan dan polusi. Anda bisa meletakkan gelas ukur di atap rumah atau di halaman belakang yang tidak banyak dilewati oleh kendaraan bermotor.
  5. Waktu terbaik untuk meletakkan gelas ukur berisi air matang ini adalah pukul 23:00 waktu setempat.
  6. Pada pukul 06:00 pagi, ambil gelas ukur yang sudah diletakkan di luar rumah.
  7. Saring dulu air di dalam gelas ukur tersebut untuk menghilangkan kotoran yang mencemari air di dalamnya.
  8. Langsung minum air embun tersebut sebelum sarapan pagi agar Anda bisa mendapat khasiatnya.
  9. Jangan menyimpan air embun semalaman dan harus langsung diminum setelah diambil dari luar rumah.

Jika keesokan harinya Anda ingin meminum air embun lagi, letakkan kembali wadah berisi air matang di luar rumah saat malam hari. Namun, jika hujan atau gerimis, jangan mengkonsumsi air tersebut karena yang ada di dalamnya adalah air hujan, bukan air embun murni.

Kriteria Tempat untuk Membuat Air Embun

Kriteria Tempat untuk Membuat Air Embun

Tempat terbaik untuk mempraktikkan cara membuat air embun sendiri adalah pedesaan atau pegunungan yang belum banyak tercemar oleh polusi asap kendaraan bermotor. Namun, meskipun Anda tinggal di perkotaan yang padat, Anda tetap bisa membuat air embun sendiri kok. Berikut adalah kriteria tempat yang paling cocok untuk membuat air embun yang murni dan berkhasiat:

  • Jauh dari Jalan Utama yang Dilalui Kendaraan Bermotor

Jika Anda memiliki rumah di perumahan, Anda bisa segera membuat air embun sendiri karena jalanan perumahan tidak banyak dilalui kendaraan bermotor.

Akan tetapi, jika tempat tinggal Anda berada di tepi jalan utama, siasati dengan meletakkan gelas untuk membuat air embun di halaman belakang rumah atau di atap rumah. Letakkan gelas saat tengah malam ketika jalanan sudah jarang dilalui oleh kendaraan bermotor dan segera ambil airnya pada pukul 05:30.

  • Pedesaan atau Pegunungan

Daerah pedesaan dan pegunungan adalah tempat terbaik untuk membuat air embun. Pasalnya, daerah seperti ini memiliki udara yang masih sangat asri sehingga air embun yang dihasilkan juga lebih bersih dan higienis. Anda bisa membuat air embun setiap hari jika memiliki tempat tinggal di pedesaan atau pegunungan.

  • Tidak Berada dekat Kompleks Industri

Kompleks industri yang diisi oleh pabrik-pabrik yang kerap kali membuang limbah di sungai atau udara, bukan tempat yang cocok untuk membuat air embun. Setiap hari, udara dan air di sekitar tempat tersebut sudah tercemar oleh limbah pabrik. Jadi, air embunnya pun tidak higienis dan tidak layak untuk diminum.

Manfaat Minum Air Embun

Di balik kesegaran yang ditawarkan ternyata ada sejumlah manfaat air embun untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, apabila Anda sudah melakukan cara membuat air embun sendiri, maka tindakan tersebut sudah tepat karena Anda bisa mendapatkan manfaat air embun sebagai berikut:

1. Melancarkan Buang Air Besar

Melancarkan sistem pencernaan

Masalah pencernaan yang paling sering dialami oleh sebagian orang adalah sembelit. Jarang mengkonsumsi makanan berserat tinggi adalah salah satu penyebab sembelit. Kemurnian air embun dapat membersihkan usus sehingga kotoran di dalamnya dapat dikeluarkan dengan lancar.

2. Menghilangkan Jerawat

jerawat

* sumber: www.balancemebeautiful.com

Manfaat air embun bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan, lho. Kadar oksigen yang tinggi di dalam air embun dapat membersihkan kulit dan darah kotor yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa langsung meminum air embun atau menyemprotkan ke wajah.

3. Memulihkan Suara yang Serak

Suara Hilang

Tenggorokan terasa kering sehingga menyebabkan suara jadi terdengar serak? Atasi permasalahan tersebut dengan langsung meminum air embun yang murni. Kesegaran air embun dapat melegakan tenggorokan yang kering dan perlahan-lahan mengembalikan suara Anda yang serak.

4. Menyegarkan Tubuh

Menyegarkan Tubuh

Pernahkah Anda merasa lesu karena sehari sebelumnya Anda kurang tidur dan terlalu banyak melakukan aktivitas? Minum segelas air embun ternyata dapat mengembalikan kesegaran tubuh Anda, lho. Oleh karena itu, air embun memang sangat disarankan untuk para pekerja yang membutuhkan hidrasi lebih baik dari air mineral biasa.

5. Membuang Racun dalam Tubuh

Membuang Racun dalam Tubuh

Yang satu ini adalah manfaat yang pasti tidak membuat Anda menyesal sudah mempraktikkan cara membuat air embun sendiri. Tanpa Anda sadari, tubuh menimbun racun dari segala jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Air kelapa hijau memang dapat mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Namun, mengapa harus beli kelapa hijau jika air embun yang bisa diperoleh secara gratis juga dapat mendetoks racun-racun dalam tubuh? Rasakan kemurnian dan kesegaran air embun untuk membuat tubuh Anda jadi lebih segar dan bugar.

Nah, sudah mengetahui manfaat minum air embun, bukan? Kini, Anda bisa langsung mempraktikkan cara membuat air embun sendiri mulai dari sekarang. Pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan ramalan cuaca untuk menjaga air embun agar tidak terkontaminasi dengan air hujan. Pasalnya, jika sedang gerimis maka wadah air embun yang Anda letakkan di luar rumah akan berisi air hujan, bukan air embun murni.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *