Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep dan Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Pedas

Resep dan Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Pedas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan abon, kebanyakan orang pasti sudah mengenal apa itu abon. Abon sendiri merupakan menu makanan yang berasal dari olahan daging di mana daging tersebut kita suwir-suwir dan olah dengan menggunakan bumbu-bumbu racikan khusus.

Cara pengolahannya tersebut menghasilkan rasa yang nikmat dan khas. Daging untuk membuat abon sendiri juga sangatlah bervariasi. Semua jenis daging pada dasarnya bisa kita jadikan sebagai resep abon enak, namun kebanyakan abon yang dibuat saat ini terbuat dari daging sapi.

Selain daging sapi, daging lainnya yang sering dijadikan abon adalah daging ayam, kambing, babi, ikan, dan bahkan cabe juga bisa dijadikan abon. Masing-masing daging tersebut menawarkan rasa yang unik dan berbeda-beda.

Pada awal kemunculannya abon disajikan sebagai ritual adat masyarakat setempat. Yang mana dalam upacara tersebut ada sebuah nasi kuning dengan taburan abon di atasnya. Namun seiring dengan perkembangannya, sekarang ini abon tidak hanya untuk ritual saja, melainkan sudah menjadi lauk umum yang dikonsumsi banyak masyarakat tanah air.

Kini abon banyak digunakan sebagai campuran nasi uduk, nasi kuning, ataupun bubur ayam. Beberapa makanan tradisional juga banyak yang menggunakan campuran abon, seperti contohnya lemper yang banyak ditemui saat hari raya tiba.

resep abon ikan tongkol

Sekarang ini untuk menemukan abon sangatlah mudah. Kita bisa berkunjung ke warung swalayan untuk mendapatkan abon dalam kemasan dengan berbagai varian rasa. Untuk masalah harga sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari Rp. 5 ribuan sampai 100 ribu lebih, semua itu tergantung dari kualitas serta kuantitas abon yang ingin Anda beli.

Akan tetapi tidaklah semua kalangan masyarakat menyukai abon dalam kemasan. Terlebih sekarang ini banyak beredar abon berbahan pengawet yang sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, sebelum membeli Anda harus lebih waspada dalam memilih abon yang tepat.

Nah bagi Anda yang takut dan ragu-ragu membeli abon, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep dan cara membuat abon ikan yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah sebagai menu pelengkap hidangan keluarga.

Bahan-Bahan Abon Ikan Tongkol

cara membuat abon ikan tongkol pedas

Sebenarnya terdapat banyak jenis ikan yang bisa dijadikan abon seperti ikan asin, lele, bandeng, tuna, gabus, patin, dan tenggiri. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan menjadikan ikan tongkol sebagai bahan utamanya. Sebelum membuatnya silahkan siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu antara lain:

  • Bawang merah goreng sebanyak 5 sendok makan
  • Air asam sekiranya 1 sendok makan, dari 1 sendok teh asam dilarutkan dalam 1 1/2 sendok makan air
  • Daun jeruk cukup dengan 5 lembar, dibuang tulangnya
  • Santan sebanyak 300 ml, bisa dari 1 butir kelapa
  • Serai cukup dengan 2 batang, diambil putihnya dan dimemarkan
  • Gula merah cukup 1 sendok makan, sisir
  • Lengkuas berukuran 3 cm, dimemarkan
  • Daun salam cukup dengan 2 lembar
  • Garam sekiranya 1 sendok teh
  • Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan
  • Garam cukup kiranya 2 sendok teh
  • Ikan tongkol sebanyak 1 kilogram

Bahan bumbu halus:

  • Kemiri cukup dengan 4 butir, disangrai
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Cabai merah keriting sekitar 7 buah
  • Ketumbar cukup dengan 1/2 sendok makan
  • Merica sekiranya 1 sendok teh
  • Cabai rawit merah sebanyak 3 buah, sesuaikan selera
  • Bawang merah sebanyak 10 butir

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol

Pertama kalinya lumuri terlebih dahulu daging ikan tongkol dengan air perasan jeruk nipis. Pastikan Anda melumuri ikan tersebut sampai ke bagian-bagian terdalamnya agar bau amis hilang. Supaya meresap secara optimal, diamkan ikan tersebut selama kurang lebih 25 menitan. Setelah itu cuci menggunakan air mengalir sampai bersih.

Selanjutnya lumuri daging ikan tersebut lagi dengan menggunakan garam. Diamkan sejenak sekitar 5 menit, kemudian kukus selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu, buang tulang atau duri pada bagian dalam ikan. Lalu suwir-suwir daging ikan tongkol tersebut secara halus. sisihkan terlebih dahulu.

Setelah itu, panaskan minyak secukupnya untuk menumis. Tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma harum atau wangi. Kemudian masukan daun salam, tambahkan lengkuas, daun serai, dan daun jeruk. Masak bahan-bahan tersebut sampai layu.

Ambil santan, lalu masukan sedikit demi sedikit ke dalam masakan tadi. Usahakan ketika memasak santan Anda beri adukan lembut agar teksturnya tidak menjadi pecah-pecah. Masukan lagi garam dan gula merah, aduk-aduk sampai tercampur secara merata.

Kemudian masukan daging ikan yang telah kita suwir-suwir tadi ke dalamnya. Masak ikan tersebut sampai mengering dan usahakan bumbu santan sudah meresap semua ke dalam daging ikan. Setelah meresap, masukan air asam dan aduk-aduk kembali.

Selanjutnya masukan bawang goreng, lalu aduk-aduk lagi hingga semua bahan dapat tercampur secara merata. Apabila semua sudah matang, silahkan sajikan selagi masih hangat bersama nasi kuning atau nasi putih hangat.

Jika Anda ingin menyimpan abon ini untuk jangka waktu yang lama, pastikan Anda menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat. Hal ini ditujukan agar abon tetap nikmat ketika dimakan dan tidak mudah menjadi basi.

Manfaat Abon Ikan

Abon tidak hanya mudah dibuat dan lezat dikonsumsi saja, tetapi menu satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat dan keunggulan untuk kita. Adapun manfaat dan keunggulan abon ikan antara lain seperti:

  • Praktis dan ekonomis

Abon tergolong sebagai makanan yang praktis dalam pembuatannya.  Selain praktis, kita pun juga bisa membuat abon sendiri dengan bahan-bahan yang cukup murah. Sehingga bisa dibilang selain praktis juga ekonomis.

  • Baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang

Menurut para ahli, daging ikan tongkol mengandung kalsium dan mineral alami cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini sangatlah baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan. Sedangkan untuk orang dewasa, kalsium berperan mencegah pengeroposan tulang dan mampu melumasi sendi yang mati.

Seperti itulah resep dan cara membuat abon ikan tongkol dengan mudah. Cukup ikuti langkah pembuatan diatas dengan baik dan benar, maka Anda akan mendapatkan abon yang memiliki rasa gurih dan nikmat. Jika Anda ingin membuat abon dari daging sapi, silahkan simak cara mengolahnya di artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *