Bacaterus / Pembersih Udara / 10 Cara Membersihkan Udara yang Kotor di Dalam Rumah

10 Cara Membersihkan Udara yang Kotor di Dalam Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah Anda bahwa udara yang kita hirup sehari-hari belum tentu 100% bersih. Pasalnya, ada debu, bakteri, bahkan zat-zat berbahaya yang tak kasat mata di udara sekitar kita. Jika udara di sekitar kita tidak bersih, maka kita pun turut menghirup udara tersebut. Nah, menghirup udara yang kotor setiap hari dapat memengaruhi kondisi kesehatan sistem pernafasan dan kekebalan tubuh kita.

Adakah cara membersihkan udara di rumah yang paling mudah? Bacaterus akan berbagi beberapa tips agar Anda bisa membuat kualitas udara di rumah jadi lebih baik. Jadi, Anda tak perlu tinggal di pedesaan atau pegunungan untuk menghirup udara yang bersih dan segar, di rumah pun juga bisa kok!

1. Bersihkan Ventilasi dan Jendela

Bersihkan Ventilasi dan Jendela Cara Membersihkan Udara di Rumah

Salah satu cara membersihkan udara di rumah yang paling sederhana adalah dimulai dengan membersihkan ventilasi dan jendela. Sebagai jalan masuk udara, ventilasi dan jendela di rumah Anda harus benar-benar bersih. Pastikan tidak ada debu yang menempel di ventilasi dan jendela agar udara yang masuk dari luar juga benar-benar bersih.

Jika tak sempat membersihkan ventilasi dan jendela secara teratur, pasang saja filter atau kawat kasa sebagai penyaring debu. Meskipun tidak bisa menghalau debu 100%, setidaknya kawat kasa dapat meminimalisir debu yang masuk ke dalam rumah Anda.

2. Buka Jendela Setiap Hari

Buka Jendela Setiap Hari

Apakah rumah Anda menggunakan pendingin ruangan? Tak ada yang salah dengan penggunaan AC di dalam rumah, tetapi cara membersihkan udara di kamar adalah dengan membuka jendela setiap hari. Saat AC sudah dimatikan, bukalah jendela lebar-lebar agar ada pertukaran udara dari dalam rumah dengan udara dari luar.

Bukalah jendela setiap pagi hari, sekitar pukul 5 – 7 pagi. Udara di jam-jam tersebut masih segar dan belum membawa hawa panas. Di mana pun Anda tinggal, usahakan untuk membuka jendela setiap hari agar udara di rumah menjadi lebih segar karena terjadi pergantian udara.

3. Bersihkan Perabotan di Rumah

Bersihkan Perabotan di Rumah

Penyebab kamar berdebu tak selalu berasal dari luar rumah, tapi bisa jadi penyebabnya ada di dalam rumah. Perabotan yang sudah lama tidak dibersihkan akan ditutupi oleh debu tebal. Debu inilah yang membuat udara di rumah jadi tercemar.

Cara membersihkan udara di rumah bisa Anda lakukan dengan membersihkan perabotan setiap beberapa minggu sekali. Jangan tunggu perabotan Anda sampai berdebu agar udara di rumah tidak tercemar. Bersihkan seluruh perabotan setiap 1-2 minggu sekali.

4. Keluarkan Polutan dari Dalam Rumah

Keluarkan Polutan dari Dalam Rumah

Polutan yang membuat udara tercemar ternyata tidak hanya berasal dari luar rumah, lho. Ada juga polutan di dalam rumah yang membuat kualitas udara menjadi buruk. Misalnya, asap rokok, asap pembakaran sampah, sampai dengan asap dari masakan Anda.

Solusi yang terbaik adalah mengeluarkan polutan dari dalam rumah dengan bantuan exhaust fan. Kipas angin ini mampu menyedot udara dari dalam rumah untuk dikeluarkan dan diganti dengan udara baru dari luar. Oleh karena itu, jika rumah Anda memiliki banyak polutan sebaiknya pasanglah exhaust fan di rumah.

5. Bersihkan Lantai, Sofa, Karpet, dan Keset

Bersihkan Lantai, Sofa, Karpet, dan Keset

Bukan hanya perabotan yang menjadi penyebab kamar berdebu, tetapi lantai, sofa, karpet, dan keset juga dapat menjadi pemicunya. Cara membersihkan udara di kamar juga bisa dimulai dengan membersihkan lantai. Jangan lupa untuk mengepel lantai setiap 1-2 hari sekali dengan menggunakan cairan pembersih lantai.

Baik sofa, keset, hingga karpet yang bau juga tidak boleh luput dari perhatian. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dari ketiga barang-barang tersebut. Jika kondisi barang-barang itu sudah sangat kotor, cucilah sampai bersih dan keringkan sampai benar-benar kering agar tidak menyebabkan tumbuhnya jamur.

Lantai yang bersih akan memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan tersebut. Tentu saja karpet, sofa, dan keset yang bersih tidak akan mencemari udara di sekitarnya.

6. Hindari Penggunaan Barang yang Mengandung Zat Kimia

Hindari Penggunaan Barang yang Mengandung Zat Kimia

Tanpa kita sadari barang-barang yang biasa kita gunakan sehari-hari ternyata mengandung zat kimia berbahaya. Sebagai contoh, deterjen maupun pewangi yang dipakai untuk mencuci baju ternyata mengandung trichloroethylene dan perchloroethylene, zat kimia yang jika dihirup terus menerus dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sistem saraf.

Jika terpaksa menggunakan barang yang mengandung zat kimia, pastikan sirkulasi udara di rumah bagus sehingga terjadi pertukaran udara. Selain itu, baju yang baru saja dicuci sebaiknya dijemur di luar rumah agar kandungan bahan kimia di deterjen dan pewangi pakaian dapat menguap ketika baju dijemur di luar.

7. Tidak Menggunakan Produk Pengharum Ruangan

Tidak Menggunakan Produk Pengharum Ruangan

Untuk membuat udara di dalam ruangan jadi lebih segar, biasanya kita akan menggunakan pengharum ruangan, entah itu yang disemprot atau digantung. Sayangnya, jika Anda ingin menerapkan cara membersihkan udara di rumah, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan pengharum ruangan. Hal tersebut dikarenakan pengharum ruangan mengandung etanol, fenol, kampor, dan formaldehida yang dapat mencemari udara.

Cara menyegarkan udara ruangan dapat dilakukan dengan cara menggunakan aromatherapy yang lebih aman. Selain itu, menggantung bunga dengan aroma yang harum di dalam ruangan juga bisa membuat udara jadi lebih segar.

8. Hindari Merokok di Dalam Rumah

Hindari Merokok di Dalam Rumah

Asap rokok adalah salah satu polutan yang paling membahayakan. Udara yang tercemar oleh asap rokok dapat meningkatkan risiko sinusitis, bronkitis, pneumonia, dan asma. Untuk membersihkan udara dari asap rokok sebaiknya hindari kebiasaan merokok di dalam rumah, apalagi dalam ruangan yang ber-AC dan tertutup rapat.

Perlu Anda ketahui bahwa asap rokok tidak hanya membahayakan kesehatan Anda, tapi juga orang-orang di sekitar yang juga menjadi perokok pasif. Oleh karena itu, buat udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dengan tidak merokok saat berada di dalam rumah.

9. Pasang Air Purifier

Pasang Air Purifier

Salah satu teknologi yang dapat membersihkan udara secara cepat adalah air purifier. Alat ini dapat membersihkan udara dengan menyerap debu dan polutan yang ada di sekitarnya. Selain itu, air purifier juga bisa menghilangkan bakteri atau virus tak kasat mata yang berterbangan di udara.

Jika Anda berminat untuk membeli air purifier, sebaiknya cek dulu artikel merk air purifier terbaik ini.

10. Letakkan Tanaman Pembersih Udara

Letakkan Tanaman Pembersih Udara

Ketahuilah bahwa ada beberapa jenis tanaman yang ternyata dapat membersihkan udara. Anda dapat mengeceknya di artikel tanaman pembersih udara ini. Letakkan tanaman tersebut di dalam ruangan untuk membersihkan udara secara alami.

Selain tanaman pembersih udara, ternyata ada juga tanaman yang dapat menyerap bau busuk dan polutan yang terdapat di udara rumah Anda. Cek juga artikel tanaman penyerap bau busuk ini untuk menemukan jenis tanaman yang tepat untuk diletakkan di rumah.

Kumpulan cara membersihkan udara di rumah ini adalah langkah termudah untuk menjadikan udara di rumah lebih sehat dan layak untuk dihirup. Yuk, mulailah mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang sehat dengan 10 cara ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *