Bacaterus / Logam / 5 Cara Membersihkan Uang Logam agar Mengkilap Seperti Baru

5 Cara Membersihkan Uang Logam agar Mengkilap Seperti Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Suka mengoleksi uang logam? Sejatinya, uang logam yang dikoleksi harus dirawat secara teratur agar tetap kinclong seperti baru. Apalagi jika Anda memiliki bisnis jual beli uang logam zaman baheula, tentu saja Anda harus selalu menyediakan uang logam yang mengilap agar laku dijual. Semakin kinclong uang logam, maka harga jualnya pun semakin tinggi.

Saat mengumpulkan uang logam, kita tidak selalu mendapatkan uang logam yang bersih dan mengilap. Kadang-kadang justru kita mendapat uang logam yang kotor atau berkarat.

Tenang saja, Bacaterus punya beberapa cara membersihkan uang logam yang ampuh dan tidak merusak uang logam tersebut. Bahan-bahan yang dipakai untuk proses membersihkan logam juga terbilang mudah diperoleh, lho. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya di sini.

5 Cara Membersihkan Uang Logam

1. Air Hangat dan Cairan Pencuci Piring

Air Hangat dan Cairan Pencuci Piring Cara Membersihkan Uang Logam

Cara membersihkan uang logam yang satu ini bisa dipakai untuk membersihkan uang logam yang tidak terlalu kotor. Hanya dengan bermodalkan air hangat dan sabun pencuci piring saja, Anda sudah bisa membuat uang logam nampak lebih bersih. Berikut adalah panduan membersihkan uang logam dengan air hangat:

  1. Campurkan sabun pencuci piring ke dalam air hangat. Jangan menuangkan sabun terlalu banyak hingga air berbusa, secukupnya saja.
  2. Basahi sikat gigi bekas dengan air sabun, lalu gunakan untuk menggosok uang logam secara perlahan-lahan.
  3. Bilas koin dengan air hangat yang tidak dicampur dengan sabun pencuci piring.
  4. Keringkan koin logam dengan handuk atau kain lembut lainnya.

Cara ini hanya berguna untuk membersihkan minyak yang menempel pada koin. Jika Anda seorang kolektor uang logam, cara membersihkan uang logam dengan air hangat dan sabun pencuci piring ini bisa dipakai untuk pembersihan rutin saja.

2. Cuka dan Garam

Cuka dan Garam

Punya uang logam kuningan yang tampak dekil, kotor, dan tertutup karat? Manfaatkan cuka dan garam untuk membuat uang logam jadi lebih bersih dan mengilap. Ikuti panduan berikut ini untuk membersihkan uang logam kuningan:

  1. Siapkan ½ cangkir cuka dan 1 sendok makan garam dapur. Campurkan kedua bahan ini di dalam satu wadah.
  2. Masukkan uang logam ke dalam wadah berisi cuka tersebut. Letakkan secara rapi dan tidak bertumpuk satu sama lain.
  3. Diamkan uang logam di dalam cuka selama 10 menit.
  4. Angkat uang logam dan gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas.
  5. Setelah digosok, bilas uang logam dengan air bersih.

Bagaimana bisa cuka membersihkan kotoran di uang logam dan membuatnya nampak kinclong seperti baru? Tembaga oksida (kotoran pada permukaan uang logam) mudah larut dalam cairan asam. Oleh sebab itu, jika tidak ada cuka Anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis atau lemon.

3. Saus Tomat

Saus Tomat

Punya saus tomat di rumah? Manfaatkan saus tomat yang biasa Anda konsumsi untuk makanan ini sebagai bahan untuk membersihkan uang logam. Saus tomat juga memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, sehingga noda kotoran dan minyak yang menutupi uang logam dapat dibersihkan.

Siapkan satu botol saus tomat terlebih dahulu, kemudian jangan lupa untuk menyediakan wadah. Selanjutnya, ikuti panduan langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan uang logam dengan saus tomat:

  1. Letakkan saus tomat botolan di dalam sebuah wadah.
  2. Masukkan uang logam sampai benar-benar terendam di dalam saus tomat.
  3. Setelah direndam di dalam saus tomat selama 3 menit, angkat uang logam dan gosok menggunakan sikat gigi bekas.
  4. Bilas uang logam dengan air bersih.
  5. Untuk membuat tampilan uang logam jadi lebih mengilap, buatlah adonan pasta dari campuran soda kue dan air. Kemudian gosokkan pasta ke seluruh permukaan uang logam.
  6. Bilas kembali uang logam dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain lap halus.

4. Minuman Bersoda (Coca-Cola)

Minuman Bersoda (Coca-Cola)

Anda pasti sudah mengetahui bahwa minuman bersoda yang cukup populer, yakni Coca-Cola, diyakini bisa membersihkan karat atau kerak. Jika tidak memiliki cairan pembersih logam, beli saja sebotol Coca-Cola untuk bereksperimen sendiri di rumah. Apabila Coca-Cola yang akan dipakai sudah tersedia, silakan ikuti cara membersihkan uang logam dengan minuman bersoda berikut ini:

  1. Letakkan uang logam dalam sebuah piring datar. Jajarkan uang logam satu persatu dan jangan biarkan ada uang logam yang bertumpuk satu sama lain.
  2. Tuang sebotol Coca-Cola di atas uang logam yang sudah ditata rapi di dalam piring.
  3. Rendam uang logam di dalam Coca-Cola selama 4-5 jam. Setiap 2 jam sekali balik-balik uang logam yang sudah direndam tadi.
  4. Keluarkan uang logam dari wadah perendaman, lalu bilas dengan air hangat.
  5. Keringkan uang logam dengan handuk dan lihatlah bahwa uang logam Anda sudah kembali bersih dan kinclong.

5. Penghapus Karet

Penghapus Karet

Uang logam yang kotor dan tampak dekil ternyata bisa dibuat mengilap dengan penghapus karet. Ya, penghapus karet yang biasa Anda gunakan untuk menghapus goresan pensil ternyata bisa dipakai untuk mengkilapkan uang logam, lho. Penasaran bagaimana cara membersihkan uang logam dengan penghapus karet? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Ambil uang logam tahun 1982 (jenis logam ini terbuat dari seng, logam yang lebih murah dibanding tembaga) dan sebuah penghapus karet.
  2. Gosok permukaan uang logam dengan penghapus seperti ketika Anda menghapus goresan pensil di atas kertas.
  3. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menggosok satu sisi uang logam minimal 20 detik.

Cara ini hanya berlaku untuk uang logam yang tidak terlalu kotor. Kelemahan dari cara ini adalah tangan menjadi lelah karena harus memegang uang logam yang ukurannya kecil dan satunya lagi harus menggosok dengan penghapus.

Tips Merawat Uang Logam

Tips Merawat Uang Logam

Perawatan bagi uang logam memang perlu, terutama untuk meningkatkan nilai jualnya. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga harus berhati-hati dengan tidak menggunakan sembarang cara membersihkan uang logam. Pasalnya, ada beberapa jenis logam yang tidak bisa dibersihkan dengan bahan-bahan tertentu. Agar uang logam Anda tampak mengilap dan terawat, perhatikan tips merawat uang logam berikut ini:

  • Jangan menyentuh uang logam bila tidak perlu. Minyak tubuh yang berasal dari jari-jari Anda bisa membuat uang logam tampak keruh.
  • Teori membersihkan logam dengan air liur adalah suatu kesalahan. Air liur justru bisa menyebabkan perubahan warna pada uang logam Anda. Di samping itu, jika Anda memasukkan uang logam ke dalam mulut bisa berpotensi mengalami keracunan.
  • Simpan koin di tempat yang tepat. Hindari penyimpanan di plastik PVC karena kertas yang mengandung asam dan kimia dapat merusak uang logam.

Itulah panduan cara membersihkan uang logam yang benar. Agar lebih aman, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih logam yang bisa ditemukan di supermarket bahan bangunan. Cairan pembersih logam dijamin aman dan tidak merusak uang logam Anda.

Jika Anda ingin mengetahui cara membersihkan karat pada besi, silakan klik di sini. Dijamin, karat yang sudah tahunan pun dapat dibersihkan dengan cara tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

8 Responses

  1. Bang tu coca cola mendingan gua minum

  2. terima kasih sangat bermanfaat sekali untuk kami yang berkreasi dengan uang logam untuk kreasi mahar.

    1. Sama-sama. Semoga lancar pernikahannya.

  3. Terima kasih atas informasinya , semoga sukses dan sehat selalu

  4. Terima kasih atas informasinya , semoga sukses dan sehat selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *