Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / Inilah Cara Membersihkan Spring Bed yang Kena Ompol

Inilah Cara Membersihkan Spring Bed yang Kena Ompol

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Spring bed di rumah terkena ompol si kecil atau hewan peliharaan? Sejatinya Anda tidak perlu buru-buru ganti spring bed baru. Spring bed yang terkena ompol dan berbau pesing masih bisa diselamatkan kok! Dengan beberapa cara pembersihan sederhana, noda air seni dan bau pesing yang melekat pada spring bed bisa dihilangkan dengan mudah.

Masih belum tahu cara membersihkan spring bed yang kena ompol? Bacaterus akan berbagi tips untuk membersihkan noda air seni  dan bau ompol di spring bed Anda. Cara ini berlaku untuk membersihkan kencing manusia maupun kencing kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya.

Cara membersihkan spring bed yang kena ompol

Cara membersihkan spring bed yang kena ompol

Apakah Anda harus memanggil jasa pembersihan khusus sebagai cara membersihkan spring bed yang kena ompol? Tidak perlu karena Anda bisa melakukan pembersihan sendiri. Yang paling penting segera bersihkan ketika Anda mengetahui bahwa spring bed terkena ompol. Jangan biarkan air seni terlalu lama melekat pada spring bed agar baunya lebih mudah hilang.

Berikut adalah cara membersihkan spring bed yang kena ompol secara sederhana:

  1. Lepas sprei yang membungkus kasur. Cuci sprei di dalam mesin cuci atau secara manual menggunakan tangan dengan deterjen. Tambahkan pewangi pakaian untuk menghilangkan bau pesing pada sprei
  2. Taburkan bubuk soda kue di atas noda air seni di spring bed. Tujuan dari cara ini untuk menyerap sisa air seni di dalam spring bed karena soda kue memiliki kemampuan menyerap cairan. Diamkan bubuk soda kue di atas kasur selama 5-10 menit
  3. Buatlah larutan air dengan deterjen yang mengandung enzim (bisa deterjen bubuk atau deterjen cair) dengan takaran 1 liter air dan 1 sendok makan deterjen. Masukkan larutan deterjen ini ke dalam botol semprot (spray)
  4. Semprotkan larutan deterjen ke bagian spring bed yang terkena ompol dan diamkan selama 5 menit. Larutan ini tidak hanya membersihkan noda air seni di permukaan spring bed saja, tetapi cairan ini akan meresap ke dalam kasur dan membersihkan air seni yang sudah meresap di dalam spring bed
  5. Gunakan handuk yang sudah tak terpakai. Letakkan handuk di bagian yang disemprot larutan deterjen tadi. Tekan-tekan handuk ke bagian tersebut untuk menyerap cairan deterjen yang meresap ke dalam spring bed. Hindari menggosok spring bed dengan handuk karena hal tersebut dapat menyebabkan noda menyebar ke bagian lain
  6. Untuk menyerap larutan deterjen secara lebih sempurna, taburkan lagi soda kue secukupnya dan biarkan selama 5 menit agar semua cairan terserap secara optmal
  7. Jemur spring bed di bawah sinar matahari selama beberapa jam sampai cairannya benar-benar kering. Sinar matahari juga memiliki kemampuan mengangkat bau pesing di spring bed Anda
  8. Setelah kasur diangkat, gunakan alat penyedot debu untuk membersihkan sisa soda kue atau debu yang berada di spring bed
  9. Sebelum dibungkus dengan sprei, pastikan kedua sisi spring bed sudah benar-benar kering untuk menghindari bau apek.

Cara membersihkan spring bed yang kena ompol ternyata cukup mudah, bukan? Hanya dengan beberapa langkah dan bahan-bahan sederhana, Anda bisa menghilangkan bau pesing di kasur spring bed kesayangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengganti spring bed lama dengan yang baru.

Cara menghilangkan bau pesing di spring bed

Selain menggunakan deterjen dan soda kue, ternyata ada bahan-bahan lain yang dapat mendukung cara membersihkan spring bed yang kena ompol:

1. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah cairan yang lebih kental dibanding air dan merupakan oksidator yang sangat kuat. Anda dapat memanfaatkan bahan yang satu ini untuk mengatasi noda air seni dan bau pesingnya yang melekat pada kasur.

Pertama-tama, Anda harus meletakkan handuk di atas noda air seni agar cairannya terserap oleh handuk. Setelah itu, angkat handuk dan tuangkan cairan hidrogen peroksida ke atas noda. Biarkan selama beberapa menit, lalu taburkan bubuk soda kue untuk menyerap cairan hidrogen peroksida. Tekan-tekan bagian spring bed yang dituang dengan hidrogen peroksida tersebut dengan handuk.

2. Cuka

Cuka

Cuka adalah bahan yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain untuk memasak, cuka juga dapat dipakai untuk menghilangkan noda di pakaian putih. Satu lagi manfaat cuka yang perlu Anda ketahui, yaitu untuk mengatasi noda dan bau ompol pada spring bed.

Caranya adalah tuang sedikit larutan soda kue dan air di atas noda ompol. Kemudian, tuangkan cuka putih secukupnya ke atas noda tersebut. Tunggu selama beberapa saat, lalu tekan bagian yang ternoda dengan handuk.

Aroma cuka yang kuat akan menghilangkan bau pesing pada spring bed. Setelah itu, jemur spring bed di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Aroma cuka akan bertahan selama 2 hari. Setelah 2 hari aroma cuka yang kuat akan turut menghilang bersama bau pesing yang melekat pada spring bed Anda.

3. Obat kumur

Listerine

Tahukah Anda bahwa obat kumur yang biasa Anda pakai sehari-hari ternyata berguna untuk membersihkan spring bed yang terkena air seni? Obat kumur dapat menghilangkan aroma pesing pada spring bed seperti cuka. Bedanya, aroma obat kumur tidak terlalu mengganggu seperti aroma cuka.

Campurkan obat kumur ke dalam air. Lalu tuangkan cairan tersebut ke bagian spring bed yang ternoda air seni. Keringkan dengan handuk, lalu jemur sampai spring bed kering. Sama seperti cuka, aroma obat kumur bisa bertahan hingga berhari-hari dan akan hilang bersama bau ompolnya.

4. Tepung maizena

Tepung maizena

Berpikir bahwa tepung maizena hanya bisa dipakai untuk mengentalkan kuah makanan? Ternyata ada manfaat lain dari tepung ini, yaitu menyerap noda air seni di spring bed. Anda hanya perlu menaburkan sedikit tepung maizena di atas noda air seni yang masih basah. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, letakkan handuk di atas noda air seni untuk menyerap sisa air seni.

Untuk menghilangkan sisa tepung maizena, gunakan vacuum cleaner. Jika bau pesingnya masih melekat, cobalah menuangkan larutan air dan pewangi pakaian ke bekas noda air seni. Kemudian, jemur spring bed sampai benar-benar kering.

5. Alkohol

Alkohol

Bahan yang satu ini bisa menghilangkan noda air seni sekaligus bau pesingnya. Namun, Anda harus menggunakan alkohol 70% agar hasilnya lebih maksimal. Tuangkan cairan alkohol ke bagian yang ternoda kencing. Selanjutnya, letakkan tisu penyerap atau handuk untuk menyerap sisa alkohol. Jemur spring bed di tempat yang terpapar sinar matahari sampai kering.

Itulah serba-serbi cara membersihkan spring bed yang kena ompol. Semua cara-cara di atas sangat mudah, bukan? Bahkan, Anda bisa menemukan semua bahan-bahan tersebut secara mudah. Jika spring bed terkena urine manusia atau hewan peliharaan, sebaiknya segera bersihkan secepatnya agar baunya tidak terlalu melekat di spring bed.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment