Bacaterus / Kesehatan / Cara Membersihkan Softlens yang Perih Agar Nyaman Dipakai

Cara Membersihkan Softlens yang Perih Agar Nyaman Dipakai

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2018

Masalah yang kerap dialami oleh pengguna softlens adalah mata menjadi perih setelah memakainya. Selain merasa tidak nyaman, pengguna softlens yang merasa bahwa matanya perih berpotensi mengalami iritasi mata. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih softlens. Pastikan softlens yang Anda pakai minusnya sudah sesuai dengan minus mata Anda dan kebersihan softlensnya terjaga.

Softlens yang terasa perih bisa disebabkan karena softlens tersebut kotor. Bacaterus akan berbagi cara membersihkan softlens yang perih agar jadi lebih steril dan nyaman dipakai. Sebelumnya, kami juga akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan softlens terasa perih ketika dipakai.

Penyebab Softlens Terasa Perih

Penyebab Softlens Terasa Perih

Seringkali pengguna softlens mengeluhkan matanya menjadi perih setelah memakai softlens. Apakah hal tersebut benar-benar disebabkan oleh softlens yang kotor? Nah, ternyata penyebab mata perih setelah memakai softlens ada bermacam-macam, lho. Yuk, simak sejumlah faktor yang menyebabkan softlens perih ketika dipakai.

  • Softlens Kotor

Softlens baru kok bisa kotor? Tentu saja bisa. Ketika dipakai, softlens akan terpapar debu atau kotoran di lingkungan Anda. Alhasil, softlens menjadi kotor dan harus dilepas terlebih dahulu dan dibersihkan dengan cairan softlens. Cara membersihkan softlens yang perih akan kami bahas di bawah, ya!

  • Softlens Rusak

Salah satu penyebab mengapa softlens terasa perih di mata adalah kerusakan yang terjadi pada softlens tersebut. Softlens yang cacat saat diproduksi dapat membuat penggunanya merasa tidak nyaman dan lama kelamaan mata akan terasa perih.

  • Tidak Cocok dengan Mata Anda

Apakah Anda berpikir bahwa semua jenis softlens pasti cocok dengan kondisi mata Anda? Sayangnya, tidak semua jenis softlens bisa cocok pada mata masing-masing orang. Kelembaban mata setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, kadar air di setiap softlens pun berbeda-beda.

Jika Anda memiliki mata yang mudah kering atau melakukan aktivitas yang meningkatkan risiko mata kering (seperti bekerja di depan komputer berjam-jam), maka kami menyarankan Anda untuk memilih softlens dengan kadar air yang tinggi.

  • Alergi Bahan Softlens

Kasus alergi terhadap bahan softlens ini sangat jarang terjadi. Namun, ada beberapa orang yang merasa matanya perih setelah memakai berbagai jenis softlens. Bila Anda mengalami hal serupa, kemungkinan besar mata Anda alergi terhadap bahan-bahan di dalam softlens.

  • Mata Sensitif

Penyebab softlens perih di mata tidak selalu karena softlensnya, lho. Bisa jadi mata Anda lah yang terlalu sensitif sehingga tidak cocok memakai softlens. Mata yang terlalu sensitif akan menganggap softlens sebagai benda asing dan berusaha “menolaknya” dengan menimbulkan rasa gatal dan perih. Ketika softlens dilepas, mata Anda terasa normal seperti biasanya.

Berbagai penyebab softlens terasa perih di mata ini bukan halangan untuk memakai softlens. Anda tetap boleh memakai softlens asalkan Anda memilih softlens yang cocok dengan kondisi mata Anda dan rutin membersihkan softlens setelah dipakai.

Cara Membersihkan Softlens yang Perih

Cara Membersihkan Softlens yang Perih

Softlens yang bersih dan steril tentu akan membuat penggunanya merasa nyaman. Sebaliknya, jika softlens kotor dan tidak pernah dibersihkan setelah dipakai, Anda akan mengalami rasa perih di mata yang bisa berujung pada iritasi.

Bagi Anda yang memiliki softlens yang kotor dan menimbulkan rasa nyeri ketika dipakai, jangan keburu membuang softlens itu. Coba lakukan cara membersihkan softlens yang perih ini untuk memastikan apakah softlens benar-benar kotor atau ada masalah lain yang membuat mata terasa perih.

  • Cuci tangan sebersih mungkin dengan menggunakan air. Sebisa mungkin hindari penggunaan sabun. Namun, jika tangan terlalu kotor dan Anda ingin mencucinya dengan sabun, bilas tangan sebersih mungkin agar tangan Anda bebas sabun ketika memegang softlens.
  • Letakkan kontak lensa di telapak tangan yang sudah bersih. Selanjutnya, teteskan cairan softlens secukupnya ke telapak tangan Anda.
  • Bersihkan softlens di telapak tangan dengan ujung jari Anda. Sangat penting untuk mencegah kuku-kuku tangan terlalu panjang karena kuku Anda bisa merobek softlens.
  • Sebelum disimpan atau dipakai, bilas softlens dengan cairan khusus softlens, lalu letakkan softlens di dalam wadah penyimpanannya.
  • Di dalam wadah penyimpanan tambahkan cairan softlens sampai kontak lensa Anda terendam.
  • Untuk mencegah mata terasa perih ketika memakai softlens, buang cairan untuk merendam softlens 3-4 jam sejak pertama kali softlens direndam di dalam wadahnya. Tuangkan kembali cairan softlens secukupnya pada wadah penyimpanan itu.

Cara membersihkan softlens yang perih ini bisa Anda coba untuk membuat softlens kembali steril dan nyaman dipakai. Paparan debu, asap rokok, dan asap kendaraan berpotensi membuat softlens kotor dan menyebabkan perih di mata. Kami menyarankan Anda untuk selalu membersihkan softlens setelah habis dipakai. Meskipun Anda tidak pernah memakai sofrlens itu, bersihkan saja setiap beberapa bulan sekali untuk memastikan bahwa softlensnya bersih dan masih layak dipakai.

Tips Mencegah Softlens Perih di Mata

Setelah mengetahui cara membersihkan softlens yang perih, Anda juga harus mengetahui beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah softlens terasa perih. Tips ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mata Anda ketika memakai softlens.

  • Cek Kelayakan Softlens Sebelum Dipakai
Catat Tanggal Kadaluarsa

* sumber: www.opsm.com.au

Sebelum memakai softlens, cek terlebih dahulu apakah softlens tersebut masih layak dipakai atau tidak. Pengecekan bisa dimulai dari masa kadaluarsa softlens. Kemudian, cermati bentuk softlensnya sendiri. Jika bentuknya masih bagus dan tidak ada cacat, silakan gunakan softlens tersebut.

  • Pastikan Tangan dalam Kondisi Bersih

Pastikan Tangan dalam Kondisi Bersih

Perlu Anda ingat bahwa sebelum Anda menyentuh dan memasang softlens, pastikan tangan Anda benar-benar bersih. Cuci tangan Anda sebersih mungkin. Apabila Anda memakai sabun, bilas tangan sampai tidak ada busa sabun yang tertinggal.

  • Hindari Mengucek Mata

Hindari Mengucek Mata

Kadang-kadang, mata terasa gatal dan membuat kita reflek mengucek mata. Anda tidak sadar bahwa mengucek mata ketika memakai softlens sangat berbahaya. Mata bisa menjadi iritasi dan terasa perih. Dalam kasus seperti ini sudah jelas bukan softlensnya yang bermasalah.

  • Hindari Memakai Softlens di Tempat Berdebu

Hindari Memakai Softlens di Tempat Berdebu

Bagi pengendara sepeda motor yang rentan terpapar debu dan asap kendaraan, Bacaterus tidak menyarankan Anda untuk memakai softlens saat berkendara. Paparan debu dan polusi dapat membuat softlens kotor dan terasa perih di mata. Sebaiknya pakai softlens ketika Anda tidak terpapar debu dan polusi, misalnya ketika Anda sudah tiba di tempat tujuan.

  • Selalu Bersihkan Softlens Secara Teratur

Selalu Bersihkan Softlens Secara Teratur

Ketika Anda memutuskan untuk memakai softlens, itu artinya Anda harus siap untuk selalu membersihkan softlens secara teratur. Pembersihan yang rutin akan mencegah softlens terasa perih ketika dipakai.

Serba-serbi cara membersihkan softlens yang perih ini akan membuat kontak lensa jadi lebih nyaman, steril, dan aman untuk dipakai. Jika Anda tidak mengetahui cara merawat softlens secara sederhana, kunjungi artikel cara merawat soflens berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment