Bacaterus / Logam / 10 Cara Membersihkan Perak dengan Mudah dan Praktis

10 Cara Membersihkan Perak dengan Mudah dan Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Januari 2019

Apakah kalian memiliki benda perak di rumah? Sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa perak dibentuk menjadi berbagai macam jenis perhiasan seperti gelang, kalung, cicin dan anting. Namun, perlu Anda ketahui ada benda selain perhiasan yang terbuat juga dari perak. Misalnya, seperti peralatan makan, vas, serta koin.

Nah, perak sendiri punya kilap yang cukup menarik, makanya beberapa orang juga ada yang mengoleksi atau lebih tertarik dengan benda berbahan perak. Namun, jika benda perak terlalu lama disimpan maka akan berpengaruh pada kilapan perak yang ada di benda tersebut. Lalu bagaimana cara membersihkan benda perak yang kusam?

Mungkin, saat dulu kamu lebih memilih untuk menyewa jasa pembersih perak. Namun sekarang kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membersihkan perak. Pasalnya, kamu dapat dengan mudah membersihkan perhiasan serta benda perak milik mu di rumah dengan alat sederhana yang hampir setiap rumah memilikinya. Penasaran? Mari kita simak lebih lanjut apa saja alat sederhana tersebut.

10 Cara Membersihkan Perak

1. Sikat Gigi

alat membersihkan perak

Sebelum mulai membersihkan perak, sebaiknya siapkan alat yang harus kamu gunakan untuk memoles perak agar menjadi lebih mengilap. Salah satu alat yang bisa kamu manfaatkan adalah sikat gigi bekas. Sikat gigi bekas ini digunakan untuk menggosok dan membersihkan perak. Ukuran sikat gigi yang kecil lebih bagus untuk membersihkan bagian perak yang kecil agar lebih bersih secara menyeluruh.

Namun, sebelum menggunakan sikat gigi, kamu sebaiknya perhatikan bulu sikat pada sikat gigi tersebut. Jika sikat giginya punya sikat berbahan lembut, maka kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan benda perak. Namun, jika sikat tersebut memiliki bahan yang kasar maka jangan gunakan untuk membersihkan perak. Mengapa? Karena sikat yang bertesktur kasar dapat menggores permukaan perak.

2. Spons

* sumber: www.hopak.com

Barang yang sering kamu manfaatkan untuk mencuci piring ini ternyata bisa kamu gunakan untuk membersihkan perak juga, lho. Kalau sikat gigi bisa digunakan untuk membersihkan bahan perak berukuran kecil, maka spons ini bisa membersihkan benda perak berukuran besar. Dengan spons, maka benda perak berukuran besar akan lebih mudah dan lebih cepat bersih dari pada sikat gigi.

Sama halnya dengan sikat gigi, disarankan untuk menggunakan spons dengan permukaan lembut agar tidak menggores perak. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan menggunakan spons. Gosoklah benda perak dengan satu arah agar tidak menggores dan merusak permukaan perak.

3. Kain Lembut

Kain Lembut

* sumber: www.microfibertech.com

Nah, kalau dua alat di atas tadi untuk membersihkan, maka alat yang satu ini untuk sentuhan akhir. Maksudnya, setelah kamu membersihkan benda perak, maka langkah selanjutnya adalah mengelap benda perak yang sudah digosok dan dibersihkan mengguankana sikat gigi atau spons. Dengan begitu, benda peraknya akan lebih kinclong dan bersih.

4. Mangkuk Kaca

Mangkuk Kaca

* sumber: www.beautymarts.com

Selanjutnya, Kamu bisa merendam benda-benda perak di dalam mangkuk kaca. Mengapa harus mangkuk kaca? Mangkuk kaca ini digunakan untuk menghindari terjadinya goresan saat adanya gesekan pada benda perak. Mangkuk kaca ini sangat kecil kemungkinannya akan menggores benda perak saat direndam.

Maka dari itu, supaya lebih aman sebaiknya hindari merendam perak di dalam mangkuk berbahan stainless steel. Sebab, ketika merendam menggunakan mangkuk bahan stainless steel kemungkinan besar akan terjadinya gesekan saat perendaman yang dapat menggores perak. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan?

Nah, sama halnya dengan mangkuk, jika kamu membersihkan perak di wastafel, maka hindari wastafel yang berbahan stainless. Namun, jika wastafel tersebut berbahan keramik, maka kamu dapat membersihkan peralatan perak yang kamu miliki.

5. Pasta Gigi

* sumber: www.tipsrumah.com

Pasta gigi adalah salah satu alat yang pasti dimiliki oleh hampir semua orang. Umumnya, pasta gigi digunakan untuk membersihkan gigi. Namun ternyata, ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari pasta gigi, lho. Dengan pasta gigi, kita dapat membersihkan peralatan perak secara mudah dan murah meriah.

Caranya, cukup dengan menggosok permukaan perak dengan menggunakan pasta gigi lalu bilas dengan air hangat. Jangan biarkan terlalu lama menggosoknya karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan perak.

6. Deterjen

* sumber: www.amazine.co

Jika kamu kehabisan pasta gigi, benda lain yang bisa kamu gunakan adalah deterjen. Deterjen memang ampuh untuk membersihkan pakaian. Tetapi, apakah kamu tahu jika deterjen juga ternyata bisa digunakan untuk membersihkan benda perak, lho.

Untuk membersihkanya bisa melarutkan deterjen pada air, lalu rendam peralatan perak di dalam baskom atau wadah berisi air larutan deterjen. Namun, tidak semua deterjen dapat digunakan untuk membersihkan perak. Nah, kamu harus hindari deterjen dengan berbahan fosfat tinggi.

Selain itu, hal yang harus kamu perhatikan adalah, jika kamu membersihkan perhiasan perak yang memiliki bandul atau batu hiasan maka sebaiknya hindari terkena cairan deterjen. Pasalnya, bandul pada perhiasan perak yang terkena deterjen justru akan membuatnya menjadi kusam. Solusinya, cukup sikat dan bersihkan bagian peraknya saja agar perhiasan perak tetap mengilap dan indah.

7. Saus Tomat

Saus Tomat

* sumber: www.vemale.com

Apa yang terlintas di benak kalian saat melihat kata “saus tomat”? Bumbu masak atau penyedap makanan? Ya, saus tomat memang sering kali digunakan sebagai bahan masakan, seperti bahan utama saus spaghetti. Selain bahan utama masakan, biasanya kita juga menggunakan saus tomat sebagai cocolan makanan, seperti kentang goreng atau sosis.

Lalu apa hubunganya dengan benda perak? Ternyata, benda yang biasa kita jadikan teman santapan ini juga bisa bermanfaat untuk membersihkan perak. Kok bisa? Pasalnya, kandungan bahan asam yang dimiliki saus tomat ternyata dapat membantu menghilangkan noda kusam yang terdapat pada benda perak.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan melumuri perak yang sudah kusam dengan saus tomat. Lalu, diamkan sekitar 15-30 menit. Setelah itu, gosoklah benda perak dengan menggunakan spons atau sikat gigi. Jika kamu sudah menggosok seluruh bagian benda perak tersebut, maka selanjutnya bilas menggunakan air dan lap hingga kering.

8. Lemon dan Garam

Lemon dan Garam

* sumber: sukansentral.com

Buah yang terkenal dengan rasa asam serta kandungan vitamin C yang tinggi ini bisa membantu kamu untuk membersihkan benda perak. Dibantu dengan garam, benda perak milik kamu dapat kembali mengilap.

Caranya, larutkan air perasan lemon dengan garam. Kemudian, lanjutkan dengan merendam peralatan perak di dalam larutan lemon dan garam tadi selama 5 menit. Lalu, lap menggunakan kain berbahan lembut untuk menghasilkan peralatan perak yang mengiklap.

9. Baking Soda

* sumber: www.healthline.com

Baking soda memang diketahui memiliki banyak manfaat, baik untuk mengembangkan kue, memutihkan gigi, mengeringkan jerawat, hingga memudahkan untuk mengupas kulit telur rebus.

Namun nyatanya tidak hanya sampai di situ saja, karena baking soda masih memiliki manfaat lainnya, yaitu membersihkan dan mengembalikan kilap benda perak yang kusam. Wah, sepertinya kamu harus menyetok benda satu ini, ya?

Cara penggunaanya cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pada benda perak, lalu bersihkan dengan menggunakan spons atau sikat gigi agar benda perak tersebut mengilap seperti barang baru. Setelah itu, bilas menggunakan air dan lap hingga kering.

10. Krim Tartar

* sumber: www.justtryandtaste.com

Krim tartar adalah bahan yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan pembuat kue. Mengandung garam potassium, tidak hanya berguna untuk pembuatan kue, ternyata garam potassium yang ada di krim tartar bisa juga membantu untuk membersihkan peralatan perak, lho. Selain mengandung potassium, krim tartar juga mengandung asam yang dapat membuat perak kembali berkilau.

Cara menggunakan krim tartar hampir mirip dengan baking soda. Pertama, bisa larutkan krim tartar pada air, lalu oleskan krim tartar pada bagian perak yang kusam. Setelah itu, usap lembut menggunakan spons atau kain. Setelah mengering, maka kamu akan mendapatkan peralatan perak yang kembali berkilap.

Nah, itulah alat- alat yang dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan peralatan serta perhiasan berbahan perak. Sebagai tips tambahan, sebaiknya seringlah gunakan peralatan atau perhiasan perak yang kamu miliki. Pasalnya, benda perak yang terlalu lama disimpan akan cepat kusam.

Untuk cara menyimpannya, kamu bisa melapisi benda perak atau perhiasan perak dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu benda perak agar tidak mudah pudar selama disimpan. Belum punya minyak zaitun? Silakan beli secara online di Lazada melalui link ini. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar