Bacaterus / Panci / Cara Membersihkan Panci yang Gosong dan Berkerak

Cara Membersihkan Panci yang Gosong dan Berkerak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Panci merupakan jenis alat masak yang pasti dimiliki oleh semua orang. Dengan panci, kita bisa sekedar merebus air atau memasak makanan. Sayangnya, terkadang kita sering lalai saat memasak sehingga mengakibatkan bagian dalam panci jadi berkerak atau bagian luarnya menjadi gosong.

Apabila panci sudah terlanjur gosong atau berkerak, Anda bisa melakukan beberapa cara membersihkan panci yang gosong agar kembali kinclong seperti baru. Penasaran dengan caranya? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan dari Bacaterus ini.

Cara Menghilangkan Kerak dengan Dipanaskan

Cara menghilangkan kerak panci dengan dipanaskan

Setelah memasak, mungkin Anda akan meninggalkan kerak panci yang sulit dibersihkan dengan sabun dair biasa. Kerak ini akan meredam suhu panas dari kompor sehingga makanan atau bahan-bahan lain yang dipanaskan di dalam panci lebih lambat mendidih. Selain itu, kerak pada panci juga dapat merusak estetika.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kerak di panci, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Setelah panci kosong, isi kembali panci Anda dengan air bersih secukupnya
  2. Panaskan panci dengan api kecil di atas kompor
  3. Sementara panci masih dipanaskan di atas kompor, Anda dapat mengambil sendok kayu untuk mengelupas kerak di permukaan panci. Lakukan hal ini sampai kerak benar-benar terlepas dari dasar panci
  4. Buang air yang ada di dalam panci dan lanjutkan dengan mencuci panci seperti pada umumnya.

Cara Menghilangkan Kerak dengan Cuka dan Baking Soda

Cara menghilangkan kerak panci dengan cuka dan baking soda

Kerak di dalam panci membandel dan tidak mau hilang meskipun Anda sudah mencoba metode yang dipanaskan? Kerak gosong yang tertinggal di dalam panci ternyata bisa dibersihkan dengan baking soda dan cuka. Tidak hanya bisa membersihkan lantai granit saja, baking soda ternyata juga bisa diandalkan untuk mengangkat kerak gosong di dalam panci.

Untuk menghilangkan kerak gosong pada panci dengan baking soda, Anda juga membutuhkan cuka putih yang biasa dipakai untuk memasak. Setelah semua bahan-bahan lengkap, lakukan instruksi berikut ini sebagao cara membersihkan panci yang berkerak:

  1. Kosongkan panci dan isi dengan air bersih secukupnya
  2. Tuangkan beberapa tetes cuka ke dalam panci
  3. Panaskan panci berisi air dan cuka tersebut sampai mendidih
  4. Setelah mendidih, tidak perlu mematikan kompor dan langsung tambahkan 2 sendok makan baking soda. Ketika gelembung-gelembung muncul dari dalam panci, diamkan saja selama 10 menit tanpa perlu mematikan kompor
  5. Apabila sudah 10 menit, matikan api dan tuang larutan cuka dan baking soda sampai habis. Bilas dengan air bersih sembari menggosok dasar panci dengan spons pencuci piring

Cara yang satu ini aman untuk panci teflon karena tidak akan merusak lapisan teflon. Pada umumnya, kerak lengket maupun gosong di dasar panci akan hilang setelah Anda melakukan treatment ini. Setelah kerak berhasil dihilangkan, silakan cuci panci Anda seperti biasa.

Cara Menghilangkan Noda Gosong di Belakang Panci

Cara menghilangkan noda gosong di belakang panci cara membersihkan panci

Penyebab noda gosong di luar panci adalah jelaga. Kebiasaan memasak terlalu lama dengan api yang sangat besar juga membuat bagian belakang panci jadi gosong. Cara membersihkan panci yang gosong di bagian belakangnya adalah:

  1. Sediakan baskom dengan ukuran yang lebih besar dari panci Anda, lalu isi baskom tersebut dengan air panas
  2. Tambahkan secangkir cuka dan secangkir baking soda ke dalam baskom yang berisi air panas
  3. Masukkan panci ke dalam baskom. Agar panci terendam di dalam baskom, letakkan batu atau benda berat lainnya ke dalam panci
  4. Diamkan panci di dalam air cuka dan baking soda tersebut selama semalaman agar jelaga di belakang panci terlepas
  5. Cuci panci Anda dengan sabun cuci piring seperti biasa

Jika yang ternoda adalah panci stainless, maka Anda bisa menggosok belakang panci dengan bagian belakang spons yang kasar. Namun, hindari menggunakan spons aluminium karena teksturnya lebih kasar dibanding spons biasa sehingga dapat merusak body panci.

Cara Mencuci Panci yang Benar

Cara mencuci panci yang benar

Selain mengenal cara membersihkan panci, Anda juga harus mempelajari cara mencuci panci yang benar. Sudahkah Anda mencuci panci Anda dengan benar? Jika Anda masih ragu-ragu, silakan ikuti langkah-langkah mencuci panci yang benar berikut ini:

  1. Bilas panci kotor dengan air bersih. Apabila panci baru dipakai untuk memasak makanan yang sangat berminyak, rendam panci di dalam air panas yang sudah dicampur dengan sabun cair pencuci piring selama beberapa menit agar seluruh minyak terangkat
  2. Tuangkan sabun cair pencuci piring ke bagian spons yang halus
  3. Gosokkan spons ke dalam dan luar panci
  4. Setelah itu, bilas panci dengan air bersih untuk menghilangkan sisa kotoran dan residu sabun
  5. Apabila panci masih terasa lengket, ulangi kembali cara di atas sampai panci bersih dan kesat

Tips Merawat Panci agar Bebas Kerak dan Gosong

Memiliki panci yang dipakai untuk memasak itu artinya Anda harus bersiap jika sewaktu-waktu panci Anda gosong atau berkerak. Jika saat itu tiba, Anda bisa memakai berbagai cara membersihkan panci yang sudah kami bagikan di atas. Namun, untuk menghindari panci menjadi gosong atau berkerak, Anda dapat melakukan tips-tips berikut ini:

  • Masak dengan api sedang

Masak dengan api sedang

Penyebab panci menjadi gosong adalah Anda menyalakan api terlalu besar. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya nyalakan api sedang saja. Lebih baik Anda memerlukan waktu yang sedikit lama saat memasak dari pada Anda harus susah payah membersihkan bagian belakang panci yang gosong.

  • Selalu periksa masakan Anda

Selalu periksa masakan Anda

Sebagian wanita tentu pernah melakukan aktivitas multitasking, yakni memasak sambil mencuci pakaian, menyetrika baju, dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Akibatnya, makanan yang sedang dimasak di dalam panci akan ditinggalkan begitu saja. Bahkan, tak jarang kita lupa mengecek masakan tersebut.

Nah, masakan yang ditinggal terlalu lama dapat menimbulkan kerak di dasar panci. Oleh karena itu, usahakan untuk sebentar-sebentar memeriksa masakan Anda.

  • Segera cuci panci setelah dipakai

Segera cuci panci setelah dipakai

Kebiasaan menumpuk alat masak yang kotor ternyata bisa membuat kerak di dalam panci jadi semakin sulit dihilangkan. Solusinya adalah segera cuci panci yang baru saja dipakai. Jika panci masih panas, isi panci dengan air bersih dan tuangkan sedikit sabun cair pencuci piring. Larutan air dan sabun ini akan membantu mengangkat sisa-sisa lemak di panci sehingga Anda tidak kesulitan saat mencucinya.

Nah, itulah cara membersihkan panci yang gosok atau berkerak agar kembali kinclong. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun cair pencuci piring yang ampuh mengangkat lemak di peralatan masak Anda.

Pastikan semua peralatan memasak Anda selalu dalam keadaan bersih setelah dipakai untuk menghasilkan makanan yang higienis setiap harinya. Yuk, jangan malas mencuci panci-panci yang sudah dipakai!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *