Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Siapa yang suka makan lobster? Pasti banyak banget yang doyan dengan si udang raksasa ini. Memang enak banget kalau lobsternya tinggal makan, tapi bisa jadi malapetaka buat orang di balik dapur yang memasaknya. Pasalnya, membersihkan lobster butuh kesabaran.

Prosedur menyiapkan makanan lezat lobster melibatkan sejumlah hal, mulai dari membersihkan hingga merebus, menggoreng, atau memanggang. Nah, pekerjaan yang paling membuat frustrasi adalah membersihkannya, makanya sebagian besar orang menghindarinya.

Bagian lobster yang paling sulit dibersihkan adalah kepala dan ekornya. Berbeda dengan udang kecil yang sangat mudah dibersihkan, lobster memiliki cukup banyak bagian yang perlu dibuang.

Yang paling penting adalah saluran ususnya. Jika Anda tidak mengambil bagian ini dengan benar, maka daging lobster bisa rusak karena terkena bakteri. Jika dimakan oleh kita, maka dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau membagikan proses cara membersihkan lobster dengan benar. Yuk, disimak!

10 Cara Membersihkan Lobster dengan Benar

1. Pakai Sarung Tangan

Pakai Sarung Tangan

* sumber: www.saltstrong.com

Jika Anda berencana diving sambil mencari lobster sendiri, lalu membersihkannya di tempat saat itu juga, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan khusus. Sarung tangan ini bisa Anda temukan di toko alat-alat scuba diving.

Tapi, kalaupun Anda mau memakai sarung tangan ini saat mencuci lobster di rumah juga tidak masalah. Soalnya lobster punya bagian-bagian yang keras dan tajam yang bisa melukai tangan Anda dalam proses pembersihan.

2. Matikan Lobster

Matikan Lobster cara membersihkan lobster

* sumber: www.saltstrong.com

Untuk membersihkan lobster, Anda harus membunuh lobsternya terlebih dahulu. Semua ini dilakukan agar lobsternya tidak merasakan sakit dan memudahkan Anda untuk membersihkannya juga.

Cara paling efektif untuk membunuh lobster tanpa membuatnya merasakan sakit adalah dengan memberikan pukulan tajam menggunakan ujung pisau di antara mata lobster. Langkah ini akan membuat lobster mati secara instan. Tapi, Anda mungkin masih bisa melihat lobster bergerak atau kejang-kejang karena otot refleksnya masih “hidup”.

3. Cuci

Cuci cara membersihkan lobster

* sumber: thejuniorchef.wordpress.com

Jika Anda mendapatkan lobster yang fresh, sama sekali belum diberi es dan sebagainya, Anda perlu mencucinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membersihkan lobster dari pasir, kotoran, dan lain-lainnya yang mungkin menempel di tubuh lobster.

Jika Anda membeli lobster dari supermarket atau pasar dengan kondisi sudah mati dan sudah diberi es, Anda bisa mencucinya menggunakan air panas. Jadi Anda bisa melewati langkah ke-3.

4. Rebus Sebentar

Rebus Sebentar

* sumber: animals.howstuffworks.com

Cara membersihkan lobster yang selanjutnya adalah dengan merebus lobster selama sekitar 30 detik. Jangan lebih dari itu, ya, karena tujuan perebusan ini hanya untuk membersihkan saja bukan mematangkan. Setelah 30 detik tadi, angkat lobster dan bilas dengan air dingin.

5. Potong Kepala Lobster

Potong Kepala Lobster

* sumber: www.seriouseats.com

Langkah ini bisa Anda skip atau pun tidak, tapi alangkah lebih baik Anda lakukan step ini untuk memudahkan proses memasak nantinya. Bagian kepala dan ekor lobster sebaiknya dipisahkan. Jadi, potonglah kepala lobster setengah memanjang, lalu potong semuanya dan sisihkan. Di dalam kepala lobster ada semacam cairannya, jadi siap-siap untuk terjangan “air” yang terciprat, ya.

6. Potong Kaki dan Capit Lobster

Potong Kaki dan Capit Lobster

* sumber: nickomargolies.com

Setelah memotong kepalanya, cara membersihkan lobster yang dianjurkan adalah dengan memotong kaki-kaki kecil serta capit lobster. Selain memudahkan proses pembersihan, dengan memotong kaki dan capit lobster, proses memasak pun akan jadi lebih mudah. Dan, lobster terlihat lebih cantik kalau bentuknya masih utuh, jadi pastikan capit dan ekor lobster tidak rusak walaupun Anda pisahkan, ya.

7. Cuci Darah Lobster

Cuci Darah Lobster

* sumber: www.seriouseats.com

Namanya juga makhluk hidup, pasti ada darahnya dong, begitu pula dengan lobster. Darah lobster berwarna hijau, dan begitu ekornya dipisahkan dari kepalanya, darah lobster dapat mengeras menjadi zat seperti gelatin.

Maka dari itu, segera setelah Anda memisahkan ekornya, buang dan cuci bersih lobster dari darah. Tidak sulit mencari darah lobster, teksturnya lengket, jadi cuci saja lobster Anda sampai tidak terasa lengket lagi.

8. Bersihkan Jeroan Lobster

Bersihkan Jeroan Lobster

* sumber: www.dveincompany.com

Ada bagian yang lebih penting lagi dari darah yang harus dibuang, yaitu jeroan. Lobster tidak punya organ-organ seperti hati, lambung, dan lain-lain yang terlihat dan bisa Anda buang. Satu-satunya jeroan lobster adalah usus.

Anus lobster ada di tengah-tengah ujung ekornya. Cara mengeluarkan ususnya adalah dengan membalikkan lobster hingga posisi perutnya menghadap Anda. Lalu, masukkan lobster intestinal remover tool atau benda tajam dan panjang lainnya.

Akan muncul sedikit benda mirip jelly berwarna abu-abu, itu adalah usus lobster. Tarik perlahan-lahan, jangan sampai ususnya pecah karena di dalamnya terdapat kotoran lobster. Jika kotorannya mengenai daging lobster, maka lobster tersebut sudah tidak steril lagi dan sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat mengakibatkan penyakit untuk yang memakannya.

Tomalley atau hati lobster juga bisa Anda buang karena dapat merusak cita rasa daging lobster. Kalau hati lobster ikut dimasak, warnanya akan berubah jadi hijau, tapi dalam keadaan mentah dia hijau-keabuan. Anda dapat membuang tomalley dengan sendok. Begitu pula dengan koral yang masuk ke dalam lobster.

Jika ada telur lobster pun bisa Anda sisihkan menggunakan sendok. Anda bisa membuatnya jadi saus atau memasaknya bersama lobster nanti.

9. Buang Insang

Buang Insang

* sumber: thewoksoflife.com

Sebagai makhluk air, tentu lobster memiliki insang. Jika Anda berencana untuk memasak kepalanya, bersihkanlah insangnya terlebih dahulu. Insang lobster berwarna krem pucat dan terasa berbulu. Letaknya ada di sepanjang sisi kepala hingga leher lobster.

10. Gunting Ekor

cara membersihkan lobster

* sumber: ktwb.com

Langkah terakhir dalam cara membersihkan lobster adalah dengan membelah ekor lobster jadi dua dengan menggunting atau memotongnya. Jika Anda belum lihai, sebaiknya gunakan gunting, sehingga daging lobster tetap aman. Kecuali jika Anda sudah jago menggunakan pisau dan yakin tidak akan menggores daging lobsternya, maka silakan saja. Setelah dibelah dua, lebarkan cangkang lobster dengan tangan Anda.

Ya, itulah cara membersihkan lobster dengan benar. Semoga informasi dari Bacaterus ini berguna buat Anda. Memang membersihkan lobster itu susah-susah-gampang, tapi kalau Anda sudah tahu cara yang benar tidak akan ada masalah, bukan? Selamat mencoba!