Bacaterus / Lantai / 10 Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Tetap Mengkilap

10 Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Tetap Mengkilap

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keindahan motif dari lantai granit membuat banyak orang tertarik untuk memasang lantai ini di rumah. Harga lantai granit juga cenderung mahal dibanding lantai keramik biasa.

Selain itu, lantai jenis ini juga membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, jika tidak dibersihkan dengan baik, warna lantai granit Anda bisa menjadi kusam. Alhasil, Anda harus mencari cara mengkilapkan lantai granit yang kusam untuk mengembalikan warna cerah lantai Anda.

Ingin tahu cara membersihkan lantai granit yang benar agar selalu mengkilap setiap hari? Tenang saja, Bacaterus akan memberikan informasi seputar tips dan cara membersihkan lantai granit dengan mudah.

Cara Membersihkan Lantai Granit

1. Bersihkan secara tiap hari

Bersihkan secara tiap hari

Untuk mencegah warna lantai granit menjadi kusam dan tampak kotor, Anda harus membersihkan lantai granit setiap hari. Cara membersihkan lantai granit secara harian bisa Anda lakukan seperti layaknya mengepel lantai setiap hari. Bila perlu gunakan alat pembersih lantai granit dan cairan khusus untuk mengepel lantai granit.

Namun, apabila Anda tidak memiliki alat dan cairan khusus membersihkan lantai granit, tidak masalah jika Anda menggunakan tongkat pel dan air saja. Pembersihan harian hanya digunakan untuk menjaga lantai tetap bersih dan higienis.

2. Lakukan pembersihan untuk mengkilapkan lantai

Lakukan pembersihan untuk mengkilapkan lantai

Keindahan lantai granit dapat terlihat jelas ketika lantai tersebut tampak mengkilap. Lantas, bagaimana cara mengkilapkan lantai granit yang kusam? Lakukan pembersihan khusus secara mingguan dengan menggunakan air sumur, hindari menggunakan air kran yang mengandung mineral dan klorin.

Gunakan juga cairan pengkilap lantai granit untuk membuat lantai Anda jadi lebih mengkilap. Pembersihan secara khusus ini bisa Anda lakukan seminggu sekali untuk menjaga kilau lantai Anda agar selalu terlihat jelas.

3. Gunakan alat yang tidak dapat menggores lantai

Gunakan alat yang tidak dapat menggores lantai

Jika biasanya Anda membersihkan noda di lantai keramik dengan segala jenis peralatan yang tersedia, Anda tidak bisa sembarangan lagi menggunakan segala jenis alat untuk membersihkan lantai granit.

Hindari alat-alat yang dapat menyebabkan abrasi pada lantai, seperti spons abrasif atau handuk kasar. Gunakan tisu atau kain halus untuk membersihkan lantai granit.

4. Bersihkan noda dengan bahan yang aman

Ada beberapa cara membersihkan lantai granit dari noda yang sudah melekat di permukaan lantai tersebut. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan berikut ini untuk membersihkan noda di lantai granit tanpa memudarkan warna lantai itu sendiri:

  • Sabun cair pencuci piring

Cairan pencuci piring

Ketika ada noda yang melekat pada lantai granit, Anda dapat segera mengambil ember, air hangat, dan sabun cair pencuci piring untuk membersihkan noda tersebut. Pastikan Anda menggunakan kain pel yang lembut untuk menghilangkan noda di lantai granit.

Setelah mengelap lantai dengan kain pel yang direndam dalam larutan air hangat dan sabun cair pencuci piring, bilas kain pel dengan air bersih dan usapkan pada lantai untuk menghilangkan residu sabun. Poles lantai dengan kain mikrofiber yang bersih untuk menghilangkan bercak air yang dapat memudarkan warna lantai.

  • Baking soda

cara menghilangkan tikus baking soda

Baking soda dikenal ampuh untuk menghilangkan noda di baju putih, tapi bahan kue yang satu ini ternyata juga dapat diandalkan untuk membersihkan noda di lantai granit. Buat pasta kental dari baking soda dan air. Kemudian, tutupi noda di lantai dengan pasta ini dan diamkan semalaman.

Keesokan harinya usapkan kain lap basah untuk membersihkan pasta. Jika noda masih membandel seperti noda cat atau spidol, gunakan aseton atau alkohol untuk membersihkannya.

5. Poles granit setiap beberapa saat

Poles granit setiap beberapa saat cara membersihkan lantai granit

Satu-satunya cara menghilangkan goresan pada lantai granit adalah dengan memoles lantai tersebut. Anda bisa menemukan jasa memoles granit yang banyak tersebar di kota-kota besar. Poles granit apabila ada goresan atau noda yang sudah tidak bisa dihilangkan sendiri.

Selain menggunakan jasa poles granit, Anda juga dapat membuat bahan poles granit alami, lho. Caranya hampir sama dengan cara menghilangkan noda di lantai granit, yakni dengan memakai pasta baking soda. Namun, Anda harus melumuri seluruh lantai dengan pasta ini dengan kuas halus atau kanebo.

Tips Merawat Lantai Granit

Tak hanya memperhatikan cara membersihkan lantai granit saja, Anda juga harus melakukan perawatan sederhana untuk menjaga keindahan lantai mewah ini. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk menjaga keindahan lantai granit, yakni:

1. Hindari penggunaan cairan pembersih lantai biasa

Hindari penggunaan cairan pembersih lantai biasa

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, lantai granit membutuhkan perawatan ekstra yang lain dari yang lain. Anda tidak bisa menggunakan cairan pembersih lantai biasa untuk membersihkan granit. Bila tidak ada cairan pengkilap lantai granit, Anda dapat menggunakan media air saja. Akan tetapi, tetap disarankan agar Anda memakai cairan khusus untuk membersihkan lantai granit.

2. Sediakan keset di pintu masuk

Sediakan keset di pintu masuk

Apa hubungannya menyediakan keset dengan merawat lantai granit agar selalu bersih dan mengkilap? Keset berguna untuk membersihkan kaki orang yang akan masuk ke tempat tinggal Anda. Debu dan pasir adalah salah satu penyebab lantai granit cepat kusam dan kotor.

Oleh karena itu, selalu sediakan keset yang bersih di depan pintu masuk. Di samping itu, biasakan para tamu yang datang untuk melepas alas kaki karena pasir dan tanah yang menempel pada alas kaki mereka bisa membuat lantai cepat kusam.

3. Jangan meletakkan perabotan yang tajam dan kasar

Jangan meletakkan perabotan yang tajam dan kasar

Untuk melindungi lantai granit dari goresan, pastikan Anda tidak meletakkan perabotan yang tajam dan kasar di atas lantai. Pasalnya, lantai granit yang tergores hanya bisa dipoles dengan bahan-bahan khusus untuk menghilangkan goresan tersebut. Selain itu, hindari penggunaan vacuum cleaner di atas lantai granit karena roda mesin penyedot debu ini dapat menggores permukaan lantai.

4. Pilih cairan pembersih lantai yang berkualitas

Pilih cairan pembersih lantai yang berkualitas

Tidak hanya sekedar menghindari cairan pembersih lantai biasa, Anda pun harus memilih cairan pembersih lantai granit yang berkualitas. Hindari pembersih lantai yang mengandung asam dan bahan kimia yang terlalu keras karena dapat merusak permukaan lantai.

Selalu gunakan cairan pembersih granit dengan pH yang seimbang. Apabila Anda tidak menemukan cairan khusus untuk membersihkan lantai granit, gunakan air hangat dan sabun cair pencuci piring saja.

5. Segera bersihkan lantai granit setelah dipasang

Segera bersihkan lantai granit setelah dipasang

Mengapa Anda harus segera membersihkan lantai granit yang baru dipasang? Pasalnya, lantai yang baru dipasang pasti akan sangat kotor karena debu. Belum lagi jika ada sisa semen yang menempel di permukaan lantai.

Cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, minta tukang yang memasang lantai tersebut untuk membersihkannya. Kemudian, Anda dapat membersihkan kembali dengan mengepel lantai tersebut.

Cara membersihkan lantai granit ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memasang lantai mewah ini di rumah. Intinya, lakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga kilau dan kebersihan lantai ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *