Bacaterus / Kulkas / Cara Membersihkan Kulkas Agar Higienis dan Tidak Berbau

Cara Membersihkan Kulkas Agar Higienis dan Tidak Berbau

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2019

Di era modern seperti ini kulkas sudah bukan lagi barang elektronik mewah yang tidak terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan dana satu jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang kulkas baru. Belum lagi ada banyak program kredit yang memudahkan konsumen untuk membeli kulkas dengan cara mencicil.

Sebagai tempat penyimpanan makanan dan bahan-bahan makanan, tentu saja Anda harus menjaga kebersihan kulkas. Pasalnya, aroma makanan yang disimpan di dalam kulkas bisa mengendap dan membuat bagian dalam kulkas jadi berbau atau mencemari makanan lainnya.

Nah, jika Anda ingin mulai membersihkan kulkas, Bacaterus akan memberikan panduan cara membersihkan lemari es yang benar agar lebih higienis dan tidak berbau. Yuk, baca informasi selengkapnya di sini, ya!

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Meskipun selalu dalam keadaan tertutup, bukan berarti kulkas Anda benar-benar bersih dan terhindar dari kotoran. Makanan yang disimpan di dalam kulkas juga bisa menjadi media penyebaran bakteri. Jika kulkas terlalu lama dipakai tanpa dibersihkan secara berkala, tentu saja bagian dalamnya akan tercemar oleh bakteri.

Yuk, jangan malas membersihkan kulkas. Ikuti beberapa step berikut ini untuk sebagai langkah sederhana untuk menjaga kebersihan kulkas.

1. Cabut Stop Kontak

Cabut Stop Kontak

* sumber: ngetrip.net

Hal utama yang wajib Anda lakukan sebelum membersihkan kulkas adalah mencabut stop kontaknya terlebih dahulu. Hindari membersihkan kulkas dalam kondisi tersambung ke listrik karena itu cukup berbahaya.

2. Kosongkan Bagian dalam Kulkas

Kosongkan Bagian dalam Kulkas

* sumber: www.consumerreports.org

Pembersihan kulkas adalah waktu yang tepat untuk mengecek makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya. Mulailah mengeluarkan isi kulkas satu persatu sambil mengecek kedaluwarsa makanan dan minuman tersebut. Sisihkan makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi.

Untuk makanan mentah atau makanan lain yang masih layak dikonsumsi sebaiknya disimpan sementara di dalam kotak styrofoam berisi es batu. Cara sederhana ini dapat membantu jaga makanan tetap segar pada saat Anda membersihkan kulkas.

3. Cairkan Bunga Es (untuk Kulkas 1 Pintu)

Cairkan Bunga Es (untuk Kulkas 1 Pintu)

* sumber: www.sharp-indonesia.com

Bagi Anda pemilik lemari es satu pintu, sebaiknya cairkan dulu bunga es yang menggumpal di bagian freezer. Tekan tombol khusus untuk mencairkan bunga es. Butuh waktu cukup lama untuk mencairkan bunga es ini.

4. Lepas dan Cuci Rak-rak Kulkas

Lepas dan Cuci Rak-rak Kulkas

* sumber: blog.liebherr.com

Kalau Anda sedang menunggu bunga es kulkas mencair, cobalah melepas rak dan laci yang terdapat di dalam kulkas. Beberapa bagian dalam kulkas memang bisa dilepas dan memungkinkan untuk dicuci sampai bersih.

Cuci rak dan laci kulkas yang bisa dilepas ini dengan air dan sabun cair pencuci piring. Hati-hati saat mencucinya karena rak dan laci tersebut bisa retak atau pecah. Usai mencuci, jemur semua bagian dalam kulkas tersebut di tempat yang berangin. Pastikan semuanya benar-benar kering terlebih dahulu baru bisa dipasang kembali di dalam kulkas.

5. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Bersihkan Bagian Luar Kulkas

* sumber: www.organizedmom.net

Proses pembersihan kulkas bisa dimulai dari bagian luarnya terlebih dahulu. Bagian luar kulkas mungkin saja kotor karena debu atau kotoran lainnya. Nah, pada proses pembersihan kali ini Anda wajib membersihkan bagian luar kulkas dengan kain lap basah.

Jika kain lap saja tak cukup ampuh membersihkan bagian luar kulkas, tambahkan sabun cair pencuci piring. Usap kain lap yang sudah dicelup ke dalam larutan air dan sabun cuci piring ke bagian luar kulkas. Setelah selesai, gunakan kain lap bersih yang sudah dicelup ke air bersih untuk membilas sisa busanya. Terakhir, keringkan bagian luar kulkas dengan kain bersih yang kering.

6. Lakukan Pembersihan di Bagian dalam Kulkas

Lakukan Pembersihan di Bagian dalam Kulkas

* sumber: www.bhg.com

Selain bagian luar, bagian dalam kulkas juga wajib dibersihkan. Justru kebersihan bagian dalam kulkas lah yang membuat makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya tetap higienis. Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, campurkan air hangat dan sabun cair pencuci piring, lalu masukkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan cairan yang Anda buat ini ke seluruh bagian interior kulkas. Gunakan lap microfiber untuk mengusap bagian dalam kulkas. Jangan lupa untuk turut membersihkan bagian penyangga rak dan laci kulkas serta karet yang terdapat di pintu kulkas. Pastikan semua celah di interior kulkas sudah terjamah oleh kain lap Anda.

Usai menuntaskan proses pembersihan dengan cairan pencuci piring, keringkan bagian dalam kulkas dengan kain handuk yang bersih. Jangan menyalakan kulkas terlebih dahulu sebelum proses pembersihan kulkas benar-benar selesai.

7. Masukkan Kembali Komponen Kulkas dan Makanan yang Disimpan

Masukkan Kembali Komponen Kulkas dan Makanan yang Disimpan

* sumber: rippedjeansandbifocals.com

Ketika Anda sudah meyakini bahwa lemari es yang baru saja dibersihkan ini benar-benar kering, silakan masukkan kembali rak dan laci kulkas yang tadi sudah dicuci dan dikeringkan. Masukkan secara perlahan agar tidak mengalami keretakan.

Setelah semua laci dan rak sudah tersusun dengan baik di dalam lemari es, masukkan makanan dan minuman yang tadi dikeluarkan. Ingat, susunlah makanan dan minuman sesuai dengan tempatnya. Bila perlu, tempatkan makanan mentah yang berbau seperti daging atau ikan di freezer agar aromanya tidak mencemari makanan lain yang disimpan di dalam lemari es.

Tips Membersihkan Kulkas

Lemari es sudah menjadi barang elektronik yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Sudah sepantasnya kita merawat lemari es dengan cara membersihkannya secara teratur. Pembersihan kulkas secara menyeluruh juga bermanfaat untuk menjaga makanan yang disimpan di dalamnya tetap higienis dan layak untuk dikonsumsi.

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah membersihkan kulkas yang benar, Bacaterus juga ingin berbagi informasi mengenai tips membersihkan kulkas nih!

  • Bersihkan Minimal Dua Minggu Sekali
Bersihkan Minimal Dua Minggu Sekali

* sumber: foreclosuresaleus.ebakenow.com

Apabila kulkas Anda selalu terisi penuh oleh bahan-bahan makanan, terutama yang mentah dan berbau, maka kami menyarankan Anda untuk melakukan pembersihan setiap dua minggu sekali. Pembersihan kulkas secara teratur akan meringankan Anda. Kotoran dan bau yang melekat di dalam kulkas jadi lebih mudah dihilangkan jika Anda melakukan pembersihan rutin.

  • Hilangkan Baunya Terlebih Dahulu
Hilangkan Baunya Terlebih Dahulu

* sumber: www.gon.co.in

Terkadang kulkas yang terlalu lama dibiarkan kotor akan menebarkan aroma tak sedap ketika dibuka. Aroma ini kadang-kadang tidak kunjung hilang meskipun Anda sudah membersihkan interior kulkas secara menyeluruh.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mencari cara untuk menghilangkan bau tak sedap ini terlebih dahulu. Kunjungi artikel cara menghilangkan bau kulkas secara mudah ini untuk segera membuat interior kulkasmu jadi lebih segar dan bebas bau.

  • Hindari Pembersihan Sebelum Suhu Dinginnya Hilang
Hindari Pembersihan Sebelum Suhu Dinginnya Hilang

* sumber: www.urbanclap.com

Setelah mencabut stop kontak dari kulkas, apakah itu artinya kita bisa langsung melakukan pembersihan? Boleh saja jika ingin melepas rak dan laci kulkas, tetapi untuk pembersihan interior dan eksterior kulkas sebaiknya dilakukan ketika suhu dingin kulkas benar-benar hilang.

Sampai di sini apakah Anda sudah paham mengenai cara membersihkan kulkas agar higienis dan bebas bau? Jangan anggap remeh kebersihan kulkas, terutama bagian dalamnya. Kulkas yang bersih tentu lebih aman dipakai untuk menyimpan berbagai jenis makanan mentah maupun matang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar